Apa Itu Studi Kasus



Manfar Studi Kasus Novi Arifani

Pengertian Studi Kasus, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Dalam ilmu sosial dan ilmu alam, studi kasus adalah metode dalam penelitian yang melibatkan pemeriksaan yang mendetail, mendalam, dan terperinci dari subjek studi (kasus), serta kondisi kontekstual terkait. Studi kasus dapat dilakukan dengan mengikuti metode penelitian formal. Studi-studi kasus ini cenderung muncul pada penelitian formal, seperti jurnal dan konferensi profesional, dibanding karya-karya populer. Studi kasus telah banyak diterapkan pada beragam disiplin dan profesi, mulai dari psikologi, antropologi, sosiologi, dan ilmu politik untuk pendidikan, ilmu klinis, pekerjaan sosial, dan ilmu administrasi.

Dalam melakukan penelitian studi kasus, “kasus” yang sedang dipelajari dapat berupa individu, organisasi, peristiwa, atau tindakan, yang ada dalam waktu dan tempat tertentu. Namun, ketika “kasus” digunakan dalam pengertian abstrak, seperti dalam klaim, proposisi, atau argumen, kasus semacam itu dapat menjadi subjek dari banyak metode penelitian, bukan hanya penelitian studi kasus. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang studi kasus, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, jenis, tujuan, dan contoh studi kasus.

Studi Kasus

Studi kasus merupakan strategi penelitian, penyelidikan empiris yang menyelidiki suatu fenomena dalam konteks kehidupan nyata. Penelitian studi kasus dapat berarti studi kasus tunggal dan ganda, dapat mencakup bukti kuantitatif, bergantung pada berbagai sumber bukti, dan manfaat pengembangan sebelumnya dari proposisi teoritis.

Studi kasus tidak boleh disalahartikan hanya untuk penelitian kualitatif, tapi dapat didasarkan pada campuran bukti penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian subjek-tunggal menyediakan kerangka statistik untuk membuat kesimpulan dari data studi kasus kuantitatif. Studi kasus mungkin melibatkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Tidak ada satu definisi dari studi kasus penelitian. Namun sederhananya, studi kasus dapat didefinisikan sebagai studi intensif tentang seseorang, sekelompok orang atau unit, yang bertujuan untuk generalisasi. Studi kasus juga telah digambarkan sebagai penyelidikan yang intensif dan sistematis dari satu individu, kelompok, komunitas di mana peneliti memeriksa data secara mendalam terkait dengan beberapa variabel penelitian.

Pengertian Studi Kasus

Studi kasus didasarkan pada investigasi mendalam terhadap satu individu, kelompok atau peristiwa untuk mengeksplorasi penyebab prinsip-prinsip yang mendasari.

Studi kasus adalah analisis deskriptif dan eksploratif dari seseorang, kelompok atau fenomena.

Studi kasus adalah analisis orang, kelompok, peristiwa, keputusan, periode, kebijakan, institusi atau sistem lain yang dipelajari secara holistik oleh satu atau lebih metode.

Pengertian Studi Kasus Menurut Para Ahli

Adapun definisi studi kasus menurut para ahli, diantaranya yaitu:

Pollit & Hungler

Studi kasus berfokus pada penentuan dinamika mengenai pertanyaan lebih lanjut mengapa seseorang berpikir, melakukan sesuatu, atau bahkan mengembangkan diri. Fokus ini dinilai penting oleh Pollit & Hungler penting dalam studi kasus karena dibutuhkan analisis yang intensif, bukan berfokus pada status, kemajuan, tindakan, atau pikiran yang dimilikinya.

Bogdan dan Bikien

Studi kasus ialah pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu.

Susilo Rahardjo & Gudnanto

Studi kasus dapat didefinisikan sebagai metode yang diterapkan untuk memahami individu secara lebih mendalam dengan dipraktekkan secara integratif dan komprehensif. Hal tersebut dilakukan agar peneliti dapat mengumpulkan dan mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai individu yang diteliti, berikut masalah yang dihadapi supaya dapat terselesaikan dan membuat diri individu tersebut berkembang lebih baik.

Jenis Studi Kasus

Ada beberapa kategori dalam macam studi kasus yang masing-masing berbeda. Terdapat tiga jenis proyek utama yaitu:

  1. Studi kasus yang didasarkan pada subyek yang dipilih karena peneliti memiliki minat atau keadaan yang terkait dengan kasus tersebut;
  2. Stud kasus outlier yaitu studi kasus yang menonjol dari situasi, peristiwa, atau organisasi; ilmuwan sosial berpikir bahwa kita dapat belajar banyak informasi yang berguna dari hal-hal yang berbeda pada norma;
  3. Studi kasus yang tidak didasarkan pada minat peneliti, tapi dilakukan ketika seorang peneliti memiliki informasi yang cukup tentang situasi, peristiwa atau organisasi tertentu, dan siap untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

Dalam 3 tipe ini, kita juga dapat memilih 4 bentuk berbeda:

Ilustratif

Studi kasus ini bersifat deskriptif dan bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca tentang situasi tertentu, fenomena atau peristiwa, menggambarkan masalah, dan memberikan solusi yang ada – dengan kata lain, memberikan rincian yang cukup tentang topik yang diberikan dalam bahasa yang sama.

Penyelidikan

Studi kasus ini digunakan untuk menyiapkan informasi sebelum penyelidikan utama. Tujuan utamanya adalah untuk membantu mengidentifikasi pertanyaan penelitian utama dan memilih jenis pengukuran untuk mulai melakukan penyelidikan itu sendiri.

Kumulatif

Studi kasus ini berfungsi untuk meringkas informasi yang dikumpulkan dari sumber yang berbeda dalam periode waktu yang berbeda. Apa tujuannya? Tujuan utama (serta ciri khas utama) dari metode ini adalah digunakan untuk menganalisis informasi yang dikumpulkan sebelumnya untuk menyamaratakan penyelidikan masa lalu untuk menghemat waktu dan biaya ketika melakukan penyelidikan berulang kali.

Kritis

Studi kasus ini berguna untuk menentukan penyebab dan konsekuensi. Gagasan utamanya adalah untuk menyelidiki satu atau lebih sumber untuk menyelidiki situasi dengan minat yang unik dan hampir tidak terdapat pada generalisasi. Ini juga bagus untuk mempertanyakan pernyataan universal.

Tujuan Studi Kasus

Tak berbeda dengan tujuan penelitian lain pada umumnya, peneliti yang menggunakan metode studi kasus bertujuan untuk memahami obyek yang ditelitinya. Perbedaanya adalah studi kasus bertujuan secara khusus menjelaskan dan memahami obyek yang ditelitinya secara khusus sebagai suatu ‘kasus’.

Yin (2003, 2009) menyatakan bahwa tujuan penggunaan penelitian studi kasus adalah bukan sekedar untuk menjelaskan seperti apa obyek yang diteliti, tetapi untuk menjelaskan bagaimana keberadaan dan mengapa kasus tersebut dapat terjadi.

Penelitian studi kasus tidak hanya menjawab pertanyaan penelitian tentang ‘apa’ (what) obyek yang diteliti, tetapi lebih menyeluruh dan komprehensif yaitu tentang ‘bagaimana’ (how) dan ‘mengapa’ (why) objek tersebut terjadi dan terbentuk sebagai dan dapat dipandang sebagai suatu kasus.

Stake (2005) mengemukakan bahwa penelitian studi kasus mempunyai tujuan untuk mengungkapkan kekhasan atau keunikan karakteristik yang terdapat di dalam kasus yang diteliti. Kasus itulah yang menjadi penyebab dilakukannya penelitian studi kasus, sehingga tujuan dan fokus utama dari penelitian studi kasus adalah pada kasus yang menjadi obyek penelitian.

Oleh karena itu, segala sesuatu yang berkaitan dengan kasus, seperti sifat alamiah kasus, kegiatan, fungsi, kesejarahan, kondisi lingkungan fisik kasus, dan berbagai hal lain yang berkaitan dan mempengaruhi kasus harus dikaji, sehingga tujuan untuk menjelaskan dan memahami keberadaan kasus tersebut dapat tercapai secara menyeluruh dan komprehensif.

Secara lebih spesifik, berikut ini tujuan dilakukannya studi kasus pada beberapa disiplin ilmu maupun studi kasus berdasarkan objek yang diteliti, diantaranya yaitu:

  1. Tujuan studi kasus bagi psikolog adalah mencari informasi mendalam tentang otak manusia, perilaku, atau pemikiran kognitif.
  2. Tujuan studi kasus bagi sosiolog serupa dengan psikolog, tapi berbeda dalam hal melihat perilaku atau interaksi di dalam, di antara, atau di sekitar komunitas, kelompok, atau organisasi.
  3. Tujuan studi kasus para ilmuwan adalah untuk bereksperimen pada berbagai teori atau menghasilkan teori-teori baru. Para ilmuwan mampu mengembangkan hipotesis melalui penelitian mereka dan bereksperimen ketika memproses memilih metode studi kasus.

Jenis studi kasus ini memiliki tujuan yang berbeda untuk menjelaskan data yang tepat menurut masing-masing ilmuwan. Bahkan dalam detail yang lebih besar terdapat rincian yang membuat masing-masing penelitian memiliki tujuan khusus.

  1. Tujuan dari studi kasus eksplanatori adalah untuk menampilkan data dan deskripsi dari penyelidikan biasa dengan lebih baik.
  2. Tujuan studi kasus kolektif adalah untuk menunjukkan detail tentang bagaimana sekelompok individu dengan cara yang menunjukkan semua data secara ringkas.
  3. Tujuan dari studi kasus deskriptif adalah untuk dapat membandingkan penemuan baru dengan teori yang sudah ada sebelumnya.
  4. Tujuan dari studi kasus eksploratif adalah untuk memberikan informasi latar belakang lebih dari studi kasus biasa, untuk membandingkan hasil yang lebih baik, dan untuk memungkinkan para peneliti untuk mendedikasikan lebih banyak waktu untuk mempelajari informasi yang diperlukan untuk percobaan atau kasus mereka.
  5. Tujuan dari studi kasus intrinsik adalah memungkinkan seorang peneliti untuk bebas belajar atau mempelajari apa yang mereka sukai, karena disesuaikan dengan minat atau keingintahuan peneliti.
  6. Tujuan studi kasus instrumental adalah memungkinkan peneliti untuk mencoba memahami sains di balik eksperimen atau kasus.

Contoh Studi Kasus

Berikut ini beberapa contoh fenomena dalam ilmu sosial yang dapat dipelajari dengan studi kasus:

  • Riwayat kesehatan individu atau karir pasar tenaga kerja,
  • Proses produksi atau inovasi dalam organisasi,
  • Kerusuhan, pemogokan, pawai protes,
  • De-birokratise penggabungan sektor jasa publik,
  • Proses implementasi kebijakan pemerintah,
  • Pembentukan aliansi atau pemutusan perang antar negara-bangsa;
  • Kampanye pemilihan,
  • Penyebab kecelakaan lalu lintas,
  • (atau apa pun proses interaksi sosial lainnya sesuai minat peneliti)

Di bawah ini adalah contoh kajian penelitian dengan metode studi kasus yaitu :

“Menggunakan teknologi seluler untuk mengobati kesehatan mental di pedesaan India”

Latar Belakang

India memiliki terlalu sedikit tenaga kesehatan mental yang profesional untuk mengobati sejumlah besar orang yang menderita gangguan mental di seluruh negeri. Dari setiap 100 orang yang membutuhkan perawatan kesehatan mental di India, hanya 25 yang menerimanya. Selain kurangnya profesional terlatih, ada hambatan lebih lanjut seperti kesadaran rendah dan stigma sosial terhadap orang-orang dengan masalah kesehatan mental. Daerah pedesaan sangat dirugikan dalam hal ini karena kurangnya tenaga kesehatan profesional yang melayani daerah tersebut.

Pada 2013-2014, The George Institute India menerima dua penghargaan – satu dari Wellcome Trust / DBT India Alliance dan satu lagi dari Grand Challenges Canada – untuk melakukan Proyek Kesehatan Mental SMART, yang bertujuan untuk menjembatani kesenjangan perawatan di pedesaan India menggunakan teknologi mobile. Peluncuran proyek dilakukan pada dua lokasi yang berbeda: 30 desa suku terjadwal lebih kecil, yaitu komunitas yang ditetapkan oleh Konstitusi India memiliki kualitas unik yang menunjuk mereka sebagai milik ‘suku terjadwal’, dan 12 desa suku terjadwal yang lebih besar. Secara keseluruhan, sekitar 27.000 orang mengambil bagian dalam studi ini.

Apa yang dilakukan The George Institute?

Komponen kunci dari penelitian ini adalah kampanye anti-stigma yang dilakukan di 42 desa, diikuti oleh model pemberian layanan kesehatan mental yang unik menggunakan teknologi seluler yang dirancang khusus untuk digunakan di daerah pedesaan dengan sumber daya rendah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Institut Psikiatri di King’s College, London juga Juga terlibat dalam proyek ini.

Menggunakan perangkat tablet dan aplikasi seluler yang dirancang khusus, petugas kesehatan pedesaan dan relawan mengunjungi peserta penelitian dan mewawancarai mereka menggunakan kuesioner screening untuk mengidentifikasi gangguan mental yang umum seperti depresi dan risiko bunuh diri. Petugas kesehatan memasukkan jawaban ke dalam aplikasi yang kemudian menentukan apakah orang tersebut harus dirujuk ke dokter. Para dokter kemudian dapat menggunakan pedoman WHO berbasis aplikasi untuk memberikan perawatan yang sesuai.

Investigator Utama dari proyek ini, Dr Pallab Maulik mengatakan: “Program ini berarti bahwa pekerja kesehatan yang tidak terlatih dalam mendiagnosis kondisi kesehatan mental masih mampu menyaring dan mengidentifikasi orang-orang yang berisiko depresi, bunuh diri dan tekanan emosional, dan merujuk mereka pada perawatan yang tepat ketika diperlukan. Tindak lanjut dari orang-orang seperti itu juga mungkin menggunakan proses berdasarkan algoritma yang sistematis. “

Hasil dan kesuksesan

The George Institute menyaring 5167 orang di wilayah Tribed Tribe di distrik Godavari Barat. Sistem Kesehatan Mental SMART menemukan bahwa sekitar 5% peserta memerlukan intervensi klinis – hampir tidak ada pasien yang didiagnosis atau diobati karena kondisi mereka di masa lalu. Sekitar 100 relawan dan petugas kesehatan desa juga sekarang dapat mendiagnosa gangguan mental umum di daerah-daerah terpencil ini berkat proyek ini.

“Program ini telah memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi stigma dan meningkatkan pengetahuan kesehatan mental. Penyerapan layanan kesehatan mental di daerah-daerah ini meningkat 1.500 kali. Juga, ini membahas sejumlah tujuan yang dituangkan dalam Rencana Aksi Kesehatan Jiwa WHO dan Program dan Kebijakan Kesehatan Mental Nasional India, “kata Dr Maulik.

Apa yang akan dilakukan untuk masa depan?

Menurut Dr Maulik, “fase berikutnya dari uji coba akan melakukan penelitian terkontrol secara acak untuk mendapatkan data yang lebih kuat yang dapat digunakan untuk meningkatkan proyek ke daerah yang lebih besar.

“Metode inovatif penyediaan layanan kesehatan ini memiliki potensi besar, terutama di daerah pedesaan ini, jadi kami berharap dapat menghadirkan proyek kesehatan SMART Mental kepada lebih banyak orang”.

Nah, itulah tadi bahasan lengkapnya dari ArenaLomba tentang pengertian studi kasus menurut para ahli, jenis, tujuan, dan contohnya. Semoga penjelasan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengatahuan pembaca sekalian, ya. Trimakasih,

Gallery Apa Itu Studi Kasus

Membangun Olshop Dengan Keuntungan Besar Itu Mudah Studi

Metode Penelitian Studi Kasus

Tinjauan Pustaka Studi Kasus Kontrol

Studi Kasus Repsol Honda Manusia Berencana Marc Marquez

Seri 1 Studi Kasus

Page 809 Finansialku Perencana Keuangan Independen

Metode Penelitianstudi Kasus Case Study Ppt Download

Studi Kasus

Stakeholder Adalah Teori Fungsi Pola Klasifikasi Contoh

Design Sprint Menciptakan Solusi Bisnis Startup Dengan Studi

Penelitian Studi Kasus Jenis Jenis Penelitian Studi Kasus

Contoh Laporan Studi Kasus Kesulitan Belajar Kumpulan

Studi Kasus Erm Integrasi Dan Agregasi Risiko Pasar Dengan

Haze Pollution Seeking Solutions United Nations

4 Cara Untuk Menulis Studi Kasus Wikihow

Pintaar Kelas Pemula Dasar Linux Dengan Studi Kasus Nginx

Pentingnya Studi Kasus Untuk Kelancaran Bisnismu Ajaib

Contoh Makalah Studi Kasus Dalam Bimbingan Dan Konseling

Apa Yang Dimaksud Dengan Studi Kasus Kolektif Atau Multiple

4 Cara Untuk Menulis Studi Kasus Wikihow

Pdf Aktor Di Balik Selembar Batik Studi Kasus Di Lembur

Systematic Literature Review Pengantar Tahapan Dan Studi

Pelaksanaan Probity Audit By Emzo Lianda On Prezi Next

Konsep Mvc Pada Java Dan Studi Kasus Catatan Kecil

Penyimpanan Objek Cloud Menyimpan Mengambil Data Di Mana

Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Jutaan Studi Kasus

Studi Kasus Erm Integrasi Dan Agregasi Risiko Pasar Dengan


0 Response to "Apa Itu Studi Kasus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel