Pengertian Arsip Menurut Para Ahli



7 Pengertian Arsip Dari Berbagai Sumber Dan Beberapa Ahli

Pengertian Arsip Menurut Para Ahli

Setiap Lembaga atau Instansi dalam pelaksanaan kegiatan administrasi sehari–hari tidak dapat lepas dari proses penciptaan arsip, karena pada dasarnya arsip merupakan catatan atau rekaman dari setiap kegiatan yang dilakukan. Catatan ini secara umum disebut naskah atau dokumen atau informasi terekam, yang dalam realisasinya dapat berupa tulisan, gambar ataupun suara.

Arsip mempunyai peranan yang sangat penting dalam perjalanan hidup suatu organisasi, oleh karena itu untuk menjaga keawetan daur hidup sebuah arsip dari tahap penciptaannya, penggunaan, pemeliharaan dan pemindahan serta pemusnahannya, sangat diperlukan sebuah sistem yang baik dan benar untuk menangani arsip.

Dari ulasan di atas dalam artikel kali ini pokok pembahasannya ialah mengenai arsip. Dan diharapkan pada artikel ini bermanfaat sebagai bahan acuan untuk refrensi anda.

Arsip dalam bahasa Belanda disebut “Archief”, sedang dalam bahasa Inggris disebut “Archieve”, kata inipun berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “arche” yang berarti “permulaan”.

Kemudian kata “arche” ini berkembang menjadi kata “Archia” yang berarti “catatan”. Selanjutnya, dari kata “Archia” berubah lagi menjadi kata “Ar-cheion” yang berarti ‘Gedung Pemerintahan”.

Sedangkan dalam bahasa Latin, disebut “Archivum”, dan akhirnya menurut Serdamayanti dalam bahasa Indonesia dipakai istilah “Arsip” sampai saat ini.

Dari pengertian di atas turut mengundang para ahli untuk menyampaikan pendapatnya mengena pengertian dari arsip.

Adapun pengertian dari arsip menurut para ahli meliputi:

  1. Menurut Wursanto bahwa Arsip merupakan salah satu produk pekerjaan kantor (office work). Produk Pekerjaan kantor lainnya, ialah : formulir, surat, dan laporan.
  2. Menurut Kamus Administrasi Perkantoran, arsip adalah kumpulan warkat yang disimpan secara teratur berencana karena mempunyai suatu kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat cepat ditemukan kembali.
  3. The Liang Gie mengungkapkan bahwa Arsip adalah suatu kumpulan warkat yang disimpan secara sistematis karena mempunyai suatu kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat secara cepat ditemukan kembali.
  4. Sularso Mulyono mengungkapkan bahwa Arsip adalah Penempatan kertas-kertas dalam tempat penyimpanan yang baik menurut aturan yang telah ditentukan terlebih dahulu sedemikian rupa sehingga setiap kertas apabila diperlukan dapat ditemukan kembali dengan mudah dan cepat

Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa arsip adalah kumpulan warkat yang disimpan menurut aturan-aturan yang berlaku (yang telah ditentukan) dan apabila diperlukan sewaktu-waktu dapat ditemukan kembali dengan cepat.

Unsur-Unsur dari Arsip

Arsip sendiri memiliki unsur-unsur, adapun unsur-unsur dari arsip meliputi:

  1. adalah sebuah bentuk informasi yang terekam
  2. memiliki bentuk media yang nyata, dalam arti dapat dilihat dan dibaca, diraba dan didengar
  3. memiliki fungsi dan kegunaan. Kegunaan ini dapat merupakan bukti (evidence) dengan legalitas tertentu, yang dapat digunakan dalam rangka menunjang proses pelaksanaan kegiatan administrasi dan fungsi-fungsi manajemen birokrasi, pemerintahan dan bisnis.

Menurut Undang – Undang No. 7 tahun 1971 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kearsipan, sesuai dengan sifat arsip di bedakan menjadi dua :

  1. Arsip Dinamis yaitu arsip yang dipergunakan secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya. Arsip ini senantiasa masih berubah, baik nilai dan artinya sesuai dengan fungsinya. Contoh : Undang – undang, peraturan – peraturan dan sebagainya.
  2. Arsip Statis yaitu arsip yang tidak perlu dipergunakan secara langsung untuk perencanaan, penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya. Arsip ini justru mempunyai sifat tarif nilai yang abadi, contoh : Teks Proklamasi.

Demikian artikel yang berisi tentang pengertian arsip, unsur-unsur arsip, jenis arsip. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Gallery Pengertian Arsip Menurut Para Ahli

Nilai Guna Arsip Pengertian Lengkap Dan Jenis Jenisnya

Arsip Pengertian Jenis Fungsi Tujuan Karakteristik

Pengantar Pedoman Standar Kearsipan Referensi Standar

Pengertian Arsip Sifat Peran Tujuan Nilai Guna Dan

Kapita Selekta Penilaian Dan Penyusutan Arsip Ppt Download

Kearsipan 1

Pengertian Arsip Elektronik Dian S Blog

Kearsipan 1

7 Pengertian Arsip Dari Berbagai Sumber Dan Beberapa Ahli

Arsip Docx

Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Drs The Liang Gie Kbbi

Pengertian Kearsipan Menurut Para Ahli Arsip Dunia Dosen

File Adalah Pengertian Fungsi Jenis Cara Membuat Dan Contoh

Doc Modul Arsip Nunung Siti Nurbayani Academia Edu

Pengertian Arsip Menurut Para Ahli

7 Pengertian Arsip Dari Berbagai Sumber Dan Beberapa Ahli

Makalah Kearsipan Dwinur Octavianny

Efektivitas Pengelolaan Arsip Dalam Pelayanan Internal Di

Uas Genap 2015 Kearsipan Ap1

Doc Pengertian Kearsipan Dan Beberapa Peranan Penting Dari


0 Response to "Pengertian Arsip Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel