Bahasa Sansekerta Dan Artinya



Bahasa Jawa Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

15 Nama Bayi Laki Laki Sansekerta dan Artinya

Nama: umumJenis Kelamin: Laki-Laki

Meskipun memilih nama untuk calon buah hati Anda bukanlah perkara yang mudah, namun banyak referensi yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pemilihan. Salah satunya dengan membaca artikel nama bayi laki laki Sansekerta dan artinya ini. Dalam artikel ini terdapat 15 nama bayi laki laki Sansekerta dan artinya yang bisa Anda jadikan untuk penamaan.

Anda bisa memilih sapaan dengan makna, doa, dan harapan sesuai keinginan. Bahkan, ada beberapa contoh rangkaian nama bayi laki laki Sansekerta dan artinya sebagai ide serta referensi.

Seperti yang filsuf katakan, nama adalah doa, harapan, serta identitas. Maka pemilihannya pun tidak bisa sembarangan dan harus penuh pertimbangan. Dengan membaca artikel ini akan membantu Anda dalam memilih makna dari nama yang akan disematkan. Selamat Membaca!

Nama Bayi Laki Laki Sansekerta Unik dan Artinya

1. Abimanyu

Memiliki putra yang pemberani pastilah menjadi harapan bagi setiap orang tua. Salah satu cara mewujudkan hal tersebut adalah dengan memberikan nama Abimanyu untuk putra Anda.

Secara etimologi, sapaan ini berasal dari bahasa Sansekerta अबिमन्यु yang memiliki makna pemberani dan tak kenal takut. Meskipun masih jarang digunakan di Indonesia, tetapi jusru hal tersebutlah yang menjadi daya tariknya.

2. Chaanakya

Jika Anda ingin si kecil kelak menjadi pelajar yang baik, maka penamaan Chaanakya bisa dijadikan pilihan. Sapaan yang berasal dari bahasa Sansekerta च्हानक्य​ ini memiliki makna seorang pelajar yang baik

Dengan makna tersebut menjadikan sapaan ini sangat cocok untuk disematkan kepada putra tercinta. Bila Anda ingin menambahkan nuansa islami ke nama anak Anda, bisa diawali dengan sapaan Iqbal yang berasal dari bahasa Arab yang bermakna keberuntungan. Sehingga bila dipadukan, rangkaian Iqbal Chaanakya bermakna pelajar beruntung yang baik.

3. Nirwasita

Nama bayi laki laki Sansekerta lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Nirwasita. Sapaan ini sangat cocok disematkan untuk putra Anda, selain karena tidak pasaran tetapi juga maknanya yang positif.

Secara etimologi, Nirwasita berasal dari bahasa Sansekerta निर्वसित​ yang berarti bijaksana. Sapaan ini juga cukup fleksibel, bisa di letakkan di awal, tengah, ataupun akhir rangkaian. Bila Anda ingin si kecil kelak menjadi pemimpin yang bijaksana, rangkaian Nirwasita Mahesa bisa dijadikan pilihan.

4. Pandya

Banyak orang tua yang pastinya menginginkan buah hatinya kelak menjadi orang yang suci atau dijauhkan dari perbuatan penuh dosa. Jika Anda salah satunya, maka penggunaan Pandya sebagai penamaan adalah langkah awal yang tepat.

Nama bayi laki-laki modern ini masih sangat jarang digunakan di Indonesia. Hal tersebut akan memberikan kesan keunikan dan keindahan tersendiri.

Secarea etimologi, Pandya berasal dari bahasa Sansekerta पन्द्य yang berarti suci. Sehingga menamai anak Anda Pandya sama dengan mendoakannya dijauhkan dari perbuatan dosa.

5. Wirasana

Nama bayi laki laki Sansekerta dan artinya yang positif lainnya adalah Wirasana. Secara etimologi, Wirasana berasal dari bahasa Sansekerta विरसन​ dengan makna bersikap kepahlawanan.

Dengan kata lain, menggunakan Wirasana sebagai penamaan, sama dengan mendoakannya memiliki jiwa penolong. Sama halnya dengan seorang pahlawan yang selalu menolong orang-orang yang membutuhkan.

Sapaan ini memang masih terdengar asing karena jarang digunakan di Indonesia. Namun, hal tersebut tidak akan menjadi masalah karena maknanya sangat positif.

Baca juga: Kumpulan Nama Nama Bayi Laki Laki untuk Inspirasi Penamaan Jagoan

Nama Bayi Laki Laki Sansekerta Keren dan Artinya

1. Yashwant

Sapaan yang pengucapannya bikin lidah keseleo ini merupakan salah satu dari sekian banyak nama dari bahasa Sansekerta yang jarang digunakan meskipun maknanya positif. Yashwant masih sangat jarang digunakan di Indonesia, tetapi hal tersebut yang akan membuatnya menjadi nama yang keren dan unik.

Sapaan ini berasal dari bahasa Sansekerta यश्वन्त् yang memiliki makna mulia. Alangkah lebih indah dan bermakna jika sapaan ini dirangkai dengan nama-nama lain. Sebagai contohnya Rajendra Yashwant yang bermakna pemimpin mulia.

2. Arsa

Tidak ada salahnya menginginkan putra Anda kelak menjadi seorang laki-laki yang selalu merasa bahagia. Jika ingin sebuah nama yang mengandung makna bahagia, maka Arsa bisa dijadikan pilihan.

Secara etimologi, sapaan keren ini berasal dari bahasa Sansekerta Hindu अर्स​ dengan makna kegembiraan. Dengan menemai si kecil Arsa, diharapkan ia kelak selalu bahagia bahkan bisa membuat orang di sekitarnya juga bahagia.

3. Danadyaksa

Nama bayi laki laki Sansekerta Hindu lainnya adalah Danadyaksa. Menggunakan nama dengan empat suku kata memang masih jarang di Indonesia, tetapi hal itu tidaklah menjadi masalah. Karena makna dari sapaan ini sangat positif dan cocok untuk digunakan bagi putra Anda.

Jika dirasa terlalu panjang dalam pengucapan, Anda bisa menggunakan Dana dan Dyaksa sebagai nama panggilan. Secara etimologi, Danadyaksa berasal dari bahasa Sansekerta दनद्य्क्स​ yang bermakna kejayaan. Menggunakan sapaan ini untuk si kecil sama dengan menanamkan doa agar kelak ia senantiasa diberi kejayaan.

4. Gantari

Memiliki anak yang bisa bermanfaat bagi orang sekelilingnya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan sapaan yang sesuai maknanya. Nama yang sesuai dengan makna tersebut salah satunya adalah Gantari.

Dalam ilmu bahasa, Gantari berasal dari bahasa Sansekerta गन्तरइ yang memiliki makna menyinari seperti matahari. Tanpa matahari dunia akan menjadi gelap, bahkan tidak ada kehidupan di dalamnya. Dengan kata lain, menamai Gantari untuk si jagoan sama dengan mendoakannya kelak bisa bermanfaat untuk orang disekitarnya.

5. Mahatma

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Sapaan ini digunakan oleh pemimpin spiritual dan politikus dari India bernama Mahatma Gandhi. Banyak yang mengira bahwa Mahatma adalah nama kecil Gandhi.

Padahal sebenarnya Mahatma merupakan sebuah gelar yang diberikan untuknya. Secara etimologi, Mahatma merupakan kata dalam bahasa Sansekerta महत्म​ yang berasal dari gabungan dua kata maha dan atma.

Dalam Sansekerta, maha मह​ memiliki makna besar dan atma अत्म​ ​bermakna jiwa. Sehingga bila digabungkan Mahatma bermakna berjiwa besar. Dengan menamai si kecil sapaan keren tersebut sama dengan memberi motivasi untuknya agar memiliki jiwa yang besar.

Baca juga: Nama Nama Anak Laki Laki Islami yang Bisa Menjadi Pilihan untuk Penamaan Putra Anda

Nama Bayi Laki Laki Sansekerta dan Artinya Terinspirasi dari Nama Anak Artis Indonesia

1. Askara

Nama bayi laki laki Sansekerta dan artinya terinpirasi dari nama anak artis yang pertama adalah Aksara. Ia merupakan putra sulung dari penyanyi Andien dan Ippe dengan nama lengkap Anaku Askara Biru.

Secara etimologi, Askara berasal dari bahasa Sansekerta अक्सर​ dengan makna cahaya. Jika dikaitkan dengan arti nama, maka tersirat doa ia kelak bisa bermanfaat seperti cahaya. Dengan maknanya tersebut, menjadikan sapaan Askara bermakna positif dan cocok disematkan untuk putra kesayangan Anda.

2. Svarga

Sapaan ini digunakan oleh pasangan artis Donnita dan Adi Nugroho. Bernama lengkap Ataris Alfarizqy Svarga Nugroho, ternyata rangkaian tersebut berasal dari empat asal bahasa. Di antaranya adalah Ataris (Jerman), Alfarizqy  (Arab), Svarga (Sansekerta), dan Nugroho (Jawa).

Dalam ilmu bahasa, Svarga berasal dari bahasa Sansekerta स्वर्ग bermakna surga. Svarga dalam umat Hindu dianggap sebagai dunia surgawi yang terletak  di atas Gunung Meru. Umat Hindu mempercayai bahwa orang yang sudah meninggal tinggal di surga sebelum inkarnasi berikutnya.

Bila dikaitkan dengan doa untuk si kecil, diharapkan ia kelak bisa masuk surga. Agar terdengar lebih indah dan keren, Anda bisa mengawali dengan sapaan Raka yang bermakna kecerdasaan. Bila digabungkan, rangkaian nama bayi laki laki Hindu ini memiliki makna laki laki cerdas yang kelak masuk surga.

3. Bhai Kaba

Mendengar sapaan ini mungkin masih terasa asing di telinga Anda. Padahal sapaan yang digunakan oleh pasangan artis Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca ini bermakna sangat positif.

Secara etimologi, Bhai Kaba berasal dari bahasa Sansekerta भै खब​ yang memiliki makna pembawa kabar bahagia. Sehingga memberikan sapaan ini untuk jagoan Anda sama dengan mendoakannya agar kelak ia menjadi pria yang selalu membawa kebahagiaan. Nama yang unik namun bermakna positif, bukan?

4. Anvaya

Nama bayi laki laki Sansekerta dan artinya terinspirasi dari nama anak artis lainya adalah Anvaya. Sapaan yang indah dan unik ini merupakan nama anak dari pasangan Nirina Zubir dan Ernest.

Dalam ilmu bahasa, Anvaya berasal dari bahasa Sansekerta अन्वय​ yang bermakna rasa syukur atau kebaikan. Sehingga menyematkan nama ini untuk si kecil sama dengan mendoakanya kelak selalu berbuat kebaikan.

 5. Btara

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya kelak bisa menjadi pelindung untuk keluarga dan lingkunganya? Jika Anda termasuk dalam salah satu orang tua yang menginginkan hal tersebut, maka memberikan sapaan Btara bisa dijadikan pilihan.

Sapaan ini digunakan oleh anak dari pasangan romantis Ananda Omesh dan Diah Ayu Lestari. Mungkin mereka juga menginginkan anaknya kelak menjadi seorang yang bisa melindungi keluarganya.

Secara etimologi, sapaan ini berasal dari bahasa Sansekerta ब्तरि yang bermakna pelindung. Agar terdengar lebih unik dan indah, Anda bisa menambahkannya dengan sapaan Arka yang bermakna penerang keluarga. Sehingga gabungan dari Arka Btara memiliki makna pria yang akan menjadi pelindung dan penerang untuk keluarganya.

Baca juga: Nama Bayi Laki Laki Modern dari Berbagai Negara 

Sudah Menentukan Pilihan yang Tepat?

Setelah membaca nama bayi laki laki Sansekerta dan artinya, apakah Anda sudah menentukan pilihan yang cocok? Apapun nama yang Anda pilih, pastikan memilih makna yang positif. Karena nama merupakan bagian dari identitas dan doa yang tersemat di dalamnya.

Dari rangkaian nama bayi laki laki Sansekerta dan artinya di atas, diharapkan mampu memberikan sedikit inspirasi dan pencerahan bagi pencari nama untuk jagoanya. Dengan makna-maknanya, keunikan, serta kekerenannya semoga mampu mempermudah dalam memilih nama yang tepat. Selamat memilih!

Gallery Bahasa Sansekerta Dan Artinya

70 Nama Anak Perempuan Jawa Sansekerta Dan Artinya

Deretan Gambar Kata Mutiara Islami Bahasa Jawa Dan Artinya

Kamus Bahasa Sansekerta

Kamus Bahasa Sansekerta

Belajar Bahasa Jawa Lengkap Dengan Contoh Percakapan Kios

Kamus Bebasan Bahasa Jawa Lengkap Dan Artinya Pawonkidulan

Kumpulan Kata Kata Lucu Bahasa Jawa Dan Artinya Bikin Ketawa

40 Kata Kata Galau Bahasa Jawa Dan Artinya Menyentuh Hati

Makna Sakral Di Balik Nama Nama Angka Halaman All

70 Kata Mutiara Bahasa Sansekerta Dan Artinya Kumpulan

Pas Browsing Neng Internet Aku Nemu Iki Belajar Bahasa

Kumpulan Nama Bayi Perempuan Sansekerta Dan Artinya

Best Bahasa Jawa Gifs Gfycat

Apakah Bahasa Sansekerta Sangat Sulit Untuk Dipelajari Quora

Kata Mutiara Bahasa Jawa Dan Artinya

3000 Nama Bayi Laki Laki Bahasa Sansekerta Dan Artinya

تنزيل Kata Kata Mutiara Bahasa Jawa Dan Artinya 1 1 لنظام

Pelajaran Iv Bahasa Sansekerta

Doc Nama Anak Binatang Dalam Bahasa Jawa Ariani Putri

Bahasa Sanskerta Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia

50 Nama Bayi Laki Laki Dari Bahasa Jawa Dan Artinya

Kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Dan Artinya Lengkap

Karena Nama Adalah Doa Ini 10 Inspirasi Nama Sansekerta

Kamus Lengkap Nama Bayi Bahasa Sansekerta Book By Dyah Ayu

Candi Sawentar I Dan Ii Majalah Arkeologi Indonesia


0 Response to "Bahasa Sansekerta Dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel