Cara Kerja Web Server



Pengertian Fungsi Dan Jenis Server Manfaat Serta Cara Kerja

Ayo Pahami Pengertian Web Server: Menurut Ahli, Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya!

Ilustrasi Gambar Pengertian Web Server Apa Itu Server Website Menurut Para Ahli Fungsi Cara Kerja Dan Jenisnya

Sebenarnya, Apa Pengertian Web Server, Apa itu Server Website? Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis Web Server? Tunggu, ketika Anda mendengar kata “Web Server”, apa hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda? Apakah ini ruangan gelap besar yang dipenuhi dengan lampu yang berkedip dan suara dengungan yang berbeda saat para penggemar mendinginkan binatang-binatang lembut? Atau apakah Anda memikirkan potongan kode yang bekerja bersama untuk mengirimkan Halaman Website ke Browser dari seluruh dunia?

Jika Anda berpikiran seperti itu, ya, memang keduanya adalah hal yang benar! Secara umum, Web Server merupakan tempat penyimpanan File atau isi yang ada pada sebuah Web. Untuk lebih memahami apa itu Web Server, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang Apa itu Pengertian Web Server secara lengkap dan detail! Baiklah tanpa langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Web Server

Web Server adalah program yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk melayani File yang membentuk halaman Web kepada pengguna, sebagai tanggapan atas permintaan mereka, yang diteruskan oleh klien HTTP Komputer mereka. Komputer dan peralatan khusus tersebut terkait penggunaan Web dapat juga disebut sebagai Server Web berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Techtarget.

Apa itu Web Server atau Server Website?

Lalu, apa itu Web Server atau Server Website? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, Web Server adalah Program yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk melayani File yang membentuk halaman Website kepada User atau pengguna, sebagai tanggapan atas permintaan mereka, yang diteruskan oleh klien HTTP komputer mereka.

Prosesnya yaitu adalah contoh dari model Klien/Server. Semua Komputer yang meng-Hosting sebuah Website harus memiliki program Web Server. Web Server yang terkemuka termasuk Apache yang merupakan Web Server yang paling banyak diinstal, Microsoft Internet Information Server (IIS) dan Nginx (Mesin X) dari NGINX. Web Server lain termasuk seperti Server NetWare Novell, GWS (Google Web Server) dan keluarga server Domino IBM dan lain sebagainya.

Web Server sering kali hadir sebagai salah satu bagian dari paket Program terkait Internet dan Intranet yang lebih besar untuk melayani E-Mail, mengunduh permintaan untuk File FTP (Protokol Transfer File), dan membangun serta menerbitkan halaman Web. Pertimbangan dalam memilih Server Web mencakup seberapa baik mereka bekerja dengan Sistem Operasi dan Server lain, kemampuannya menangani Pemrograman Sisi Server, Karakteristik keamanan, dan penerbitan khusus, mesin pencari, dan alat pembangunan situs yang menyertainya. Dalam hal ini seorang User dan pengguna yang menggunakan Browser untuk menjelajahi Internet yaitu berperan sebagai Web Client, dimana merekalah yang mengirimkan permintaan pada Web Server.

Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Membahas mengenai Web Server, agar lebih memahami tentang Penjelasan Pengertian Web Server, kita dapat merujuk kepada pendapat Para Ahli terkait Definisi mereka tentang Server Website. Adapun Pengertian Web Server Menurut Para Ahli adalah sebagai berikut:

1. Solochin

Menurut Solichin, Pengertian Web Server adalah sebuah Application atau Aplikasi yang terinstall pada perangkat Komputer jenis Server. Mereka berfungsi untuk menerima permintaan atau Request berupa halaman Website melalui HTTP atau HTTPS dari User atau Client dimana kemudian, mereka mengirimkannya balik dalam bentuk halaman Web yang berbentuk dokumen HTML.

2. Khairil

Menurut Khairil, Definisi dari Web Server adalah suatu Software atau Perangkat Lunak sebagai Backbone atau tulang belakang dan tulang punggung dari sebuah WWW atau World Wide Web.

Secara lebih lanjut, dia menjelaskan juga bahwa, Web Server akan menunggu permintaan dari Client yang memakai Browser, lalu melakukan pemrosesan terhadap Request atau Permintaan itu, dan lalu kemudian menampilaknnya kembali pada sebuah Browser, sebagai Output atau Keluaran dari pemrosesan Data yang telah dilakukan.

3. Nugroho

Menurut Nugroho, Pengertian Web Server adalah sebuah bentuk dari Server yang khusus dipakai dan digunakan menyimpan halaman Website atau Homepage. Sebuah Komputer dapat dikatakan sebagai Web Server, apabila mereka memilki sebuah Program Server yang biasanya disebut PWS atau Personal Web Service.

PWS inilah yang nantinya kemudian difungsikan agar halaman Web yang terdapat pada sebuah Komputer Server dapat dipanggil dari Komputer Client atau Klien.

Fungsi Web Server

Ilustrasi Gambar Fungsi Web Server Atau Server Website

Berdasarkan penjelasan pengertian Web Server di atas, secara tidak langsung kita sudah dapat mengetahui apa Fungsi Web Server, Fungsinya adalah untuk memproses File yang diminta Client atau Klien.

Adapun Fungsi Utama Web Server adalah sebagai alat untuk memproses berbagai macam jenis Request atau Permintaan yang diminta oleh klien, lalu kemudian memberikan respon dalam bentuk Web Page atau Halaman Web. Halaman Website tersebut biasanya terdiri dari Teks, Gambar, Dokumen, Video, dan lain sebagainya.

Jadi, setiap kali pengguna Internet membuka sebuah halaman Website, maka terjadilah proses Request atau Permintaan. Selanjutnya, jika Alamat IP atau Domain dari Website yang diminta adalah benar, maka Web Server pun akan memberikan respon dan kemudian menampilkan Data atau Arsip yang ada pada dalam Database dari Website tersebut kepada User atau Pengguna.

Cara Kerja Web Server

Mengacu pada Pengertian Web Server dan fungsinya di atas, Secara Umum, Cara Kerja Web Server adalah untuk menerima permintaan dari Client dan kemudian mengirimkannya kembali, File yang diminta dari Client.

Halaman di Internet dapat dilihat, ketika Web Browser memintanya dari Web Server dan Server Web merespons dengan halaman itu. Representasi Cara Kerja Web Server adalah seperti Gambar Kami di bawah ini:

Gambar Dari Cara Kerja Web Server Dalam Pengertian Server Website

Adapun Proses sederhana dari Cara Kerja Web Server terdiri dari 4 langkah, yaitu adalah sebagai berikut.

1. Memperoleh Alamat IP dari Nama Domain

Web Browser kita pertama-tama mendapatkan alamat IP nama Domain. Sebagai contoh misalnya, untuk halaman ini nama Domainnya adalah www.rifqimulyawan.com. Web Server bisa mendapatkan alamat IP dalam 2 cara, yaitu:

  • Dengan mencari di Cache-nya.
  • Dengan meminta satu atau lebih Server DNS (Domain Name System).

Catatan: Setiap Situs Web diberikan alamat IP saat pertama kali dimasukkan dalam Server Web.

2. Browser Meminta URL Lengkap

Setelah mengetahui Alamat IP, Browser pun sekarang menuntut URL lengkap dari server web.

3. Web Server Merespons Permintaan

Web Server merespons Browser dengan mengirim halaman yang diinginkan, dan jika ada halaman yang tidak ada atau terjadi kesalahan lain, ia akan mengirim pesan kesalahan yang sesuai. Sebagai contoh adalah:

  • Anda mungkin telah melihat Error 404, saat mencoba membuka halaman web, yang merupakan pesan yang dikirim oleh Server ketika halaman tidak ada.
  • Yang umum lainnya adalah Error 401, ketika akses ditolak kepada Kami karena kredensial yang salah, seperti nama Pengguna atau Password dan Kata Sandi, yang diberikan oleh Kami.

4. Browser Menampilkan Halaman Web

Browser pun akhirnya mendapatkan Halaman Web dan menampilkannya, atau menampilkan pesan kesalahan.

Jenis Web Server

Setelah mengetahui Pengertian Web Server, kita juga harus mengetahui apa saja Jenis Web Server. Di bawah ini adalah apa saja Jenis-Jenis Web Server dan penjelasannya secara detail.

a. Apache

Gambar Apache Web Server

Yang pertama adalah Jenis Apache. Dari beberapa Web Server yang tersedia, Apache adalah Web Server yang paling terkenal dan paling ada banyak digunakan. Web Server ini memiliki beberapa Sopport atau Dukungan misalnya PHP, Kontrol Akses, dan SSL.

Apache meletakkan Kontrol Akses menjadi Modul dimana yang paling banyak digunakan diantaranya adalah Modul Perl. Sementara Fitur PHP tersebut adalah program yang mirip CGI (Common Gateway Interface) untuk memproses Teks.

b. IIS (Internet Information Services)

Gambar Microsoft IIS Web Server

Web Server IIS adalah Web Server yang dipakai pada OS Windows (Windows 2000 dan Windows 2003) yang didukung dengan Komponen seperti Protokol Jaringan DNS, TCIP/IP serta Software yang digunakan untuk menciptakan Situs Website.

IIS juga kompatibel untuk mendukung beberapa Protokol seperti FTP, HTTP, NNTP, SMTP dan SSL. Kelebihan daripada Web Server ini adalah mereka dapat diakses penuh pada Windows serta mendukung Platform .NET. Sedangkan kekurangannya yaitu adalah Web Server jenis ini termasuk Jenis Web Server yang berbayar.

c. Nginx

Gambar NGINX Web Server

Web server Nginx atau dibaca dengan Engine X ini adalah Web Server yang Open Source serta dapat untuk dipakai oleh siapapun secara gratis selain Apache. Keunggulan Utama Nginx dibanding Apache yaitu adalah Apache tidak bisa menangani Web Server yang mempunyai Traffic atau Lalu Lintas Website tinggi dibandingkan dengan Nginx.

Oleh karena itulah, mendukung Web Perusahaan Profesional dengan Traffic tinggi, Nginx adalah pilihan yang lebih baik untuk digunakan daripada Apache. Kelebihan lainnya adalah Nginx mempunyai Peforma yang tinggi, Arsitektur berbasis Event-Based serta fitur lainnya juga sangat berguna.

d. Lighttpd

Gambar Lighttpd Web Server

Lighttpd atau yang dibaca lightly adalah Web Server yang juga Open Source yang dikembangkan oleh Programmer berkebangsaan Jerman. Web Server ini lebih diutamakan digunakan untuk OS Linux atau dari kelompok Unix lainnya.

Kelebihan daripada Web Server ini adalah mempunyai kemampuan untuk mengatur CPU Load secara efektif serta dengan beberapa Fitur lainnya misalnya seperti FastCGi, SCGI, URL-Writing dan Output-Compression.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan mengenai Pengertian Web Server, Apa itu Server Website? Menurut Para Ahli, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis Web Server di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Web Server adalah tempat menyimpan dan mengirimkan konten untuk Website seperti Teks, Gambar, Video, dan Data Aplikasi kepada klien yang memintanya. Jenis klien yang paling umum adalah Program Web Browser, yang meminta data dari Situs Web Anda ketika pengguna mengklik tautan atau mengunduh dokumen pada halaman yang ditampilkan di Browser.

Server Web berkomunikasi dengan Browser menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Konten dari sebagian besar halamanWeb dikodekan dalam Hypertext Markup Language (HTML). Konten dapat berupa Statis misalnya seperti, teks dan gambar atau Dinamis misalnya seperti harga yang dihitung atau daftar item yang telah ditandai oleh pelanggan untuk dibeli. Untuk mengirimkan konten Dinamis, sebagian besar Web Server mendukung bahasa skrip sisi Server untuk menyandikan logika bisnis ke dalam komunikasi. Bahasa yang umum didukung termasuk ASP (Active Server Pages), Javascript, PHP, Python, Ruby dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah postingan Kami kali ini yang membahas tentang Pengertian Web Server, Apa itu Server Website? Menurut Para Ahli, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis Web Server secara detail dan lengkap. Semoga artikel ini menambah pengetahuan Anda tentang Web Server sehingga Anda dapat membuat Website yang Profesional. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Gallery Cara Kerja Web Server

Tutorial Php Part 5 Cara Kerja Web Server Terhadap Kode Php

Prinsip Dan Cara Kerja Web Server

Pengertian Web Server Fungsi Dan Cara Kerjanya Portal

Pengertian Fungsi Dan Cara Kerja Web Server Blog Idwebhost

Server Monitoring Tools Monitor Server Performance

Menggunakan Service Workers Referensi Api Web Mdn

Slowloris Computer Security Wikipedia

Prinsip Dan Cara Kerja Web Server

Prinsip Kerja Web Server Youtube

Cara Kerja Web Server Menjalankan Kode Php Duniailkom

Pengertian Web Server Fungsi Cara Kerja Dan Contoh Web Server

Apa Itu Dns Dan Bagaimana Cara Kerja Dns

Teknologi Aplikasi Web Berbasis Server Contoh Web Server

Pengelolaan Website

Index Of Wp Content Uploads 2018 07

Pengertian Web Server Pada Jaringan Komputer Belajar Komputer

Cara Kerja Web Server Menjalankan Kode Php Abuadzhan Com

How Vpns Work Howstuffworks

Pengertian Situs Web Cara Kerja Fungsi Manfaat Dan Macamnya

Layanan Instalasi Jitsi Meet Saadwebid

You Ll Never Blog Alone Blog Archive Web Server Web

Cara Kerja Web Megaandriani S Blog

Pengertian Web Server Adalah Aplikasi Layanan Data

Add Your Web App To A User S Home Screen


0 Response to "Cara Kerja Web Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel