Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan



Doc Bahan 1 Ajar Kelasx Doc Yulia Eka Putri Academia Edu

4 Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Beserta Contohnya Lengkap

DosenSosiologi.Com– Ilmu Sosiologi pada dasarnya memiliki karakteristik atau ciri khas dan berbeda dengan ilmu sosial yang lainnya. Karakteristik atau ciri-ciri ilmu sosiologi dalam padanganya dibutuhkan untuk mengategorikan bahwa sosiologi adalah ilmu terapan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai ciri-ciri sosiologi dan contohnya.

Hakekat Sosiologi

Knowledge sebagai salah satu aspek penting dalam ilmu sosiologi memberikan pemahaman bahwa sosiologi adalah  science (Ilmu pengetahuan). Lantaran sosiologi lahir dari keganduhan terhadap berbagai masalah sosial yang dialami oleh masyarakat.

Sejarah lahirnya ilmu sosiologi ini tak luput dari perkembangan ilmu filsafat, lantaran setiap teori sosiologi dan tokohnya banyak yang lahir dari ilmu fislasat (Baca: 14 Teori Sosiologi dan Tokohnya). Meskipun demikian perlu setidaknya diketahui bahwa sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki berbagai ciri-ciri, diantaranya adalah sebagai berikut.

Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Berikut inilah ciri khas dari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, diantaranya sebagai berikut;

Teoretis

Artinya sosiologi berusaha memberikan teori yang berasal dan abstraksi hasil observasi dan penelitian sosial sehingga menunjukkan pernyataan atau proporsi secara logis untuk menjelaskan hubungan sebab akibat kehidupan dalam manusia.

Empiris

Makna sosiologi bersifat empiris artinya sosiologi merupakan ilmu berdasarkan hasil observasi logis terhadap fakta sosial, bukan berdasarkan hasil spekulasi semata. Alasan ini diungkapkan karena sosiologi dalam perkembangannya selalu memberikan langkah penelitian yang sistematis dan sesuai dengan realita.

Nonetis

Ciri khas sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang nonetis artinya sosiologi tidak bertujuan menilai baik atau buruknya suatu fakta, tetapi bertujuan menjelaskan fakta secara analitis. Selain itu, Sosiologi hanya bertugas mengu ngkapkan atau menerangkan tindakan sosial sebagai bagian dan fakta sosial.

Kumulatif

Ciri khas sosioogi ini artinya teori-teori dalam sosiologi dibentuk berdasarkan teori yang sudah ada. Akan tetapi, teori tersebut selalu mengalami perbaikan, perluasan, dan penguatan sesuai kondisi atau fakta terbaru dalam kehidupan manusia.

Contoh Ciri Sosiologi

Contoh yang dapat dikemukankan mengenai ciri sosiologi ini, antara lain adalahs ebagai berikut;

  • Contoh Sosiologi memiliki ciri teoritis, misalnya saja dalam pandangan yang dikemukakan leh Karl Mark mengenai Kelas Sosial yang mengakibatkan adanya konflik dalam masyarakat. Terusma masyarakat prolenter dan borjuis. Kajian ini didasari pada teori dan penelitian sosial yang dilakukan. Baca Juga: 3 Pengertian Proletar, Tokoh, dan Contohnya
  • Sosiologi memiliki ciri empiris, misalnya saja adanya penelitian bahwa masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan hidup dalam sejuta perbedaan, baik suku, agama, budaya, dan lain sebaginya.
  • Contoh sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dengan ciri nonetis misalnya saja adalah adanya konflik sosial yang pernah terjadi di Kaliamantan, yaitu Masyarakat Dayak dan Madura. Konflik ini dalam sosiologi tidak dilakukan pengkajian mana masyarakat yang benar dan yang salah. Akan tetapi cukup pada pemahaman mengenai adanya sebab dan dampak sosial yang terjadi akbiat konflik tersebut.
  • Contoh sosiologi memiki ciri komulatif, misalnya adalah tentang adanya teori yang dikemukakan oleh Darwin yang mengatakan bahwa manusia sejatinya berasal dari kera. Kajian ini telah terbantahkan karena struktur hidup dan pola pikir manusia berbeda jauh dengan kera.

Sejalan dengan adanya perkembangan pengetahuan dalam masyarakat serta hadirnya berbagai unsur-unsur sosial dalam kemasyarakatan, sosiologi dipersempit kembali menjadi ilmu pengethuan terapan, yang membawahi berbagai bidang-bidang dalam cabang ilmu sosiologi.

Cabang Ilmu Sosiologi

Berikut inilah cabang-cabang dalam ilmu sosiologi;

  1. Sosiologi Industri,
  2. Sosiologi Ekonomi,
  3. Sosiologi Kesehatan,
  4. Sosiologi Militer,
  5. Sosiologi Politik,
  6. Sosiologi Pendidikan,
  7. Sosiologi Budaya,
  8. Sosiologi Agama,
  9. Sosiologi Perkotaan,
  10. Sosiologi Pedesaan,
  11. Sosiologi Hukum,
  12. Sosiologi sastra,
  13. Sosiologi Pertanian,

Demikinalah tulisan mengenai Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Beserta Contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan pembaca mengenai apasaja ciri Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan. Trimakasih.

Gallery Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Sosiologi Sebagai Ilmu

Pdf Peran Pustakawan Semakin Bervariatif Tinjauan

Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Authorstream

Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Portal Guru Dan Anak

3 Alasan Mengapa Sosiologi Disebut Sebagai Ilmu Pengetahuan

Materi Sosiologi Kelas X Fungsi Sosiologi Sebagai Ilmu

Ciri Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Yang Bersifat

Perkembangan Sosiologi Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Ciri Dan

Sosiologi Sebagai Ilmu Tentang Masyarakat Pptx Powerpoint

Hakikat Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Soal Pas Sosiologi Kelas 10 Peminatan Kunci Jawaban K 13

Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Ppt Download

My Notice Online Bab 1 Fungsi Sosiologi Sebagai Ilmu Yang

Guru K13 Soal Pengetahuan Dasar Sosiologi Sebagai Ilmu

Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Sosiologi Mudah

Contoh Ciri Ciri Sosiologi Empiris Teoritis Kumulatif Non

Sosiologi Sebagai Ilmu Masyarakat

4 Karakteristik Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Tekpoin

Bab I Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan


0 Response to "Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel