Cara Membuat Halaman Di Word Berbeda



Cara Membuat Format Nomor Halaman Berbeda Di Word 2013 Dalam

Cara Membuat Letak Nomor Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft Word

Tutorial: Word 2007, 2010, 2013, dan 2016.

Tutorial ini membahas tentang cara membuat nomor halaman dengan letak atau posisi berbeda dalam satu file menggunakan Microsoft Word. Kebanyakan orang menyebutnya nomor halaman atas dan bawah atau nomor halaman skripsi.

Pernahkah teman-teman membuat nomor halaman di word? Pasti pernahkan...?

Ya tentu saja pernah donk, bagi teman-teman yang sering bekerja di word ini bukanlah hal asing lagi. Cara membuatnya pun relatif mudah. Tetapi jika teman-teman mengalami kendala membuatnya, teman-teman bisa membacanya secara lengkap pada postingan saya tentang cara mudah membuat nomor halaman di word.

Nah, jika membuat nomor halaman mudah, lalu apakah ada kendala lain yang sering dihadapi ketika membuat nomor halaman? ya ada, kendala dalam membuat nomor halaman adalah apabila letak nomor halaman yang dibuat berbeda atau format nomor halamannya berbeda tetapi dibuat dalam satu file yang sama.

Pada postingan sebelumnya saya pernah menulis tutorial mengatasi kendala untuk membuat format nomor halaman berbeda dalam satu file word yaitu artikel saya yang berjudul Cara Membuat Format Nomor Halaman Berbeda di Word. Kali ini saya akan menuliskan lagi tutorial cara membuat letak atau posisi nomor halaman yang berbeda dalam satu file atau dokumen akan tetapi format penomorannya sama  (tidak berbeda) menggunakan Microsoft Word. Penomoran seperti ini biasanya kita temui ketika kita ingin menuliskan nomor halaman pada awal BAB Skripsi yang letaknya pada bagian bawah halaman sementara halaman selanjutnya terletak pada bagian sudut kanan atas halaman.

Salah satu solusi yang dilakukan selama ini adalah dengan membuatnya di dua file dokumen yang berbeda. Metode ini sebenarnya kurang efisien, karena selain merepotkan dengan jumlah file yang banyak juga menyita waktu kita untuk membukanya satu persatu disaat kita ingin mengedit kembali. Padahal nantinya file tersebut kita menginginkan supaya digabungkan atau dijadikan satu file saja. Tetapi terkendala dengan posisi atau letak nomor halaman berbeda tadi. Tenang saja teman-teman, saya bisa membantu teman-teman untuk mengatasinya tanpa lagi membuatnya di beberapa file yang berbeda.

Langsung saja, untuk membuat penomoran yang dimaksud silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ketiklah sebuah naskah atau tulisan sesuka hati sobat. Pada tutorial kali ini kita cukup menggunakan 2 halaman saja, dengan ketentuan nomor halaman pada halaman pertama diletakkan di bagian bawah halaman dan halaman kedua terletak di bagian sudut kanan atas halaman. 

2. Letakkan kursor pada halaman pertama, klik Tab Insert kemudian Page Number selanjutnya pilih Bottom of Page, kemudian klik Plain Number 2 (nomor halaman terletak di tengah-tengah dan bagian bawah halaman).

3. Sesuaikan format nomor halaman, melalui tab Design dengan memilih Page Number dan Format Page Numbers. Lalu pilih salah satu format nomor halaman yang diinginkan.

4. Jika format nomor halaman telah sesuai, sobat abaikan saja langkah nomor 3. Selanjutnya tutuplah Header & Footer Tools dengan cara klik Close Header and Footer di sudut kanan atas pada tab Design.
5. Sekarang gulir mouse dan letakkan kursor pada awal halaman kedua, selanjutnya klik Tab Page Layout kemudian klik di bagian Breaks, selanjutnya klik Next Page. Ini berguna untuk mengatur agar pengaturan yang kita buat selanjutnya hanya berlaku pada halaman dua saja.

Langkah ini jangan sampai terlupa ya, karena langkah ini cukup PENTING.

6. Selanjutnya klik dua kali tepat pada nomor halaman di halaman kedua.

7. Lalu nonaktifkan Link to Previous. Langkah ini jangan sampai terlewatkan ya, karena langkah ini berguna untuk mematikan fitur tautan nomor bagian bawah halaman (footer) dari halaman pertama.

8. Hapus nomor halaman pada halaman ke dua. Tekan saja Backspace atau bisa juga dengan menekan tombol Delete di keyboard.

9. Sekarang kita akan mengatur letak atau posisi nomor halaman pada halaman kedua. Pada Tab Design pilih Page Number selanjutnya pilih Top of Page, kemudian klik Plain Number 3 (Nomor halaman terletak di bagian sudut kanan atas halaman).

10. Pada halaman kedua, lagi-lagi kita nonaktifkan Link to Previous. Ini gunanya sama dengan sebelumnya, hanya saja yang kedua ini untuk menonaktifkan fitur nomor halaman bagian atas halaman (header).

11. Saya rasa sampai langkah ini tidak ada kendala. Ayo kita lanjutkan dengan pengaturan nomor halaman di tab Design lalu klik Page Number, kemudian klik Format Page Numbers.
12. Pada kotak Page Number Format centang Start at kemudian ketik angka 2, karena halaman 2 kita mulai dengan nomor 2. Selanjutnya klik OK.
13. Sekarang gulir mouse dan arahkan kursor ke halaman pertama. Lalu blok nomor halaman yang terletak di sudut kanan atas pada halaman pertama tersebut kemudian hapus dengan menekan tombol Backspace di keyboard.

14. Terakhir, tutup dengan klik Close Header and Footer pada toolbar dan lihatlah hasilnya.

Sekarang nomor halaman pada halaman pertama terletak di bagian bawah halaman dan pada halaman kedua terletak pada sudut kanan atas halaman.

Nah, jika sobat mencari tutorial membuat letak nomor halaman berbeda dengan jumlah halaman lebih dari dua, sobat bisa membacanya melalui Cara Membuat dan Mengatur Posisi Nomor Halaman Berbeda di Word.

Kesimpulan:

Dengan mengetahui cara membuat letak nomor halaman yang berbeda di word berarti sobat bisa membuat file word menjadi satu tanpa lagi memikirkan kendala posisi nomor halaman. Metode ini lebih efisien karena file word menjadi satu dan tidak berantakan.

Sekian tutorialnya dan semoga bermanfaat. Salam Ono Niha - Ya'ahowu.

Barangkali sobat juga ingin membaca artikel berikut:

Gallery Cara Membuat Halaman Di Word Berbeda

Cara Memberikan Jenis Penomoran Berbeda Pada Microsoft Word

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak Di Word

Cara Membuat Dan Mengatur Posisi Nomor Halaman Di Word

Begini Cara Membuat Nomor Halaman Di Word Dan Mengatur

Cara Membuat Page Layout Portrait Dan Landscape Dalam Satu

Cara Membuat Halaman Yang Berbeda Dalam Satu File Di

Doc Cara Membuat Nomor Halaman Namaku Tak Ada Academia Edu

Cara Membuat Nomor Halaman Dengan Posisi Yang Berbeda Di Ms Word

Di Word Togo Wpart Co

Copy Of Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Dalam Satu File Word

Cara Membuat Nomor Halaman Di Word Untuk Skripsi Berbeda

Page Number Pdf

Cara Membuat 2 Buah Halaman Berbeda Pada Microsoft Office Word 2007

Cara Memberikan Jenis Penomoran Berbeda Pada Microsoft Word

Panduan Pemula Cara Membuat Penomoran Halaman Yang Berbeda

Belajar Ms Word Cara Membuat Header Footer Berbeda Antara

Cara Membuat Halaman Di Word 2010 Yang Berbeda Beda Dengan

Cara Membuat Nomor Halaman Dengan Posisi Berbeda Dalam Satu

Membuat Isi Header Footer Berbeda Pada Setiap Halaman Di

Di Word Togo Wpart Co

Cara Membuat Dan Mengatur Posisi Nomor Halaman Di Word

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Microsoft Word Koncoy

Cara Membuat Letak Nomor Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft

Panduan Pemula Cara Membuat Penomoran Halaman Yang Berbeda

Ms Office Word 2010 Cara Membuat No Halaman Berbeda Pada

Cara Membuat Nomor Halaman Dengan Posisi Berbeda Pada Satu Dokumen

Cara Memberikan Jenis Penomoran Berbeda Pada Microsoft Word

Cara Membuat Halaman Berbeda Dalam Satu File Di Microsoft

6 Cara Membuat Halaman Di Word Cara Pengaturannya


0 Response to "Cara Membuat Halaman Di Word Berbeda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel