Sda Yang Dapat Diperbaharui



Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

web portal pendidikan – Selamat siang sob, kali ini kita akan melanjutkan artikel sebelumnya, artikel kali ini adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sebelumnya kita sudah bahas sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Sumber daya alam dalam garis besarnya dibagi menjadi dua tipe yaitu sumber daya alam yang bisa diperbaharui serta sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Kedua sumber daya alam tersebut mempunyai andil besar kepada kehidupan manusia. Keduanya mempunyai caranya sendiri dalam pelestarianya.

Sumber daya alam yang bisa diperbaharui bisa semakin terus menerus dengan bantuan manusia, Sedangkan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui jumlahnya terbatas. Sumber daya alam yang tak bisa diperbarui apabila dipakai semakin menerus bakal habis.

Agar selalu bisa menjaga adanya sumber daya alam yang tidak akan habis ini, manusia bisa membuat suatu pilihan dari sumber daya alam tersebut. Umpama ketika cadangan bensin menipis, manusia bisa memakai energi pilihan semacam biogas sebagai pengganti bahan bakar.

Untuk lebih mengenal mengenai sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, berikut ini adalah beberapa macam contohnya.

Minyak Bumi

Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang paling diperlukan manusia. Manusia memerlukan energi untuk menjalankan segala aktifitasnya. Hasil olahan minyak bumi adalah penghasil energi yang paling tidak sedikit dipakai manusia saat ini. Hasil olahan minyak bumi bisa digunakan untuk menyalakan tenaga listrikk, menggerakan dan menjalankan kendaraan bermotor, menyalakan tenaga mesin pabrik dan lain sebagainya.

Minyak bumi jumlahnya terbatas serta tidak dapat diperbarui, faktor ini dikarenakan minyak bumi terbentuk dari endapan makhluk mikroorganisme pada zaman purba serta butuh waktu jutaan tahun untuk menjadi minyak bumi.

Gas Bumi

Indonesia juga merupakan salah satu dari negara yang mempunyai gas bumi yang sangat melimpah. Biasanya sumber daya alam gas bumi ini letaknya sama dengan sumber daya alam minyak bumi. Sama semacam minyak bumi, gas bumi mempunyai kegunaan mutlak sebagai penyedia energi. Gas bumi dipakai untuk bahan bakar memasak aatau bahan bakar penggerak mesin.

Dalam menjaga adanya gas bumi ini, Manusia bisa berperan dengan memuat pilihan penggantinya dan membatasi pemakainya.

Emas

Emas adalah salah satu tipe dari batuan alam. Emas sebagian besar dipakai sebagai alat pembayaran untuk perhiasan. Emas jumlahnya terbatas, faktor itu dikarenakan sebab emas terbentuk dari proses alamiah yang terjadi di perut bumi.

BBC berbicara bahwa saat ini hanya tersisa 52.000 ton emas yang terdapat di alam. Jadi kami sebagai manusia wajib bijaksana dalam pemakaianya. Jangan biarkan anak cucu kita nanti tak bisa menikmati keindahan kilau emas gara-gara keserakahan kita.

Batubara

Batubara tidak tergolong kedalam batuan mineral. Karena batubara tersusun dari bahan yang mudah terbakar. Batubara tercipta dari pembusukan tahap-bagian tumbuhan. Sisa-sisa flora yang membentuk gambut kemudian mengendap pada sebuah tempat. Sebab adanya tekanan dari penimbunan serta adanya gerakan tanah, kumpulan gambut tersebut akhirnya berubah menjadi batubara.

Batubara juga dipakai sebagai sumber energi, contohnya adalah sebagai bahan bakar kereta api serta kapal laut. Batubara mempunyai prosentase jumlah karbon yang tinggi. Karbon-karbon tersebut bisa diolah manusia untuk menjadi sumber energi

Tembaga

Salah satu logam yang tak sedikit dipakai manusia adalah tembaga. Sebab terbukti sifatnya yang baik untuk penghantar energi, pemakaian paling besar tembaga adalah dalam bidang listrik, umpamanya sebagai kabel, tabung microwave, sakelar serta lain sebagainya.

Di Indonesia, tembaga tak sedikit ditemukan di daerah Papua, Jawa Barat, Sulawesi Utara serta Sulawesi Selatan.

Intan

Selain emas, batuan yang mempunyai kualitas jual paling tinggi adalah intan. Tidak hanya hebat untuk dijadikan perhiasan, intan nyatanya adalah salah satu batuan paling keras di dunia. Intan bisa dipakai untuk memotong batu-batu lain semacam kaca dan marmer.

Di Indonesia batu ini tak sedikit tersebar di kota Martapura, Longiram, Sei Pinang, serta Muara Mengkiang yang semuanya terletak di pulau Kalimantan.

Besi

Salah satu logam yang paling terkenal tidak hanya tembaga adalah besi. Logam berasal dari bijih logam yang dicampur dengan beberapa bahan seperi nikel,timah serta bahan-bahan lainya. Sifatnya yang keras serta sanggup menahan beban berat, dapat membuat logam ini tidak sedikit dipakai dalam bidang konstruksi.

Itulah beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Kita sebagai manusia harus bisa menjaga sumber daya alam ini karena jika tidak di lindungi maka lama kelamaan akan habis dengan sendirinya. Dan di masa depan anak dan cucu kita tidak mengetahui langsung sumber daya alam tersebut.

Gallery Sda Yang Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

10 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Erincoodi

Pengertian Dan Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat

Daftar Sumber Daya Alam Filipina Paling Lengkap

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Dan Manfaatnya

13 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Dan

7 Macam Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

Pengertian Dan Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat

Amar Makruf Amarmakruf On Pinterest

Gambar Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Sda

Ppt Mata Pelajaran Ipa Oleh Fitrawati Spd Powerpoint

Sumber Daya Alam Pengertian Jenis Manfaat Dan Contoh Sda

Sumber Daya Alam Dan Pesebarannya Materi Kelas 4 Sd

24 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Dan

14 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat Pembaharuan Docx

15 Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Potensi Sumber Daya Alam Di Provinsi Gorontalo

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Kelas Bu Asih

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

13 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Gambarnya

13 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Dan

13 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Dan


0 Response to "Sda Yang Dapat Diperbaharui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel