Faktor Penghambat Perdagangan Internasional



Perdagangan Internasional Faktor Manfaat Hambatan

10+ Faktor Penghambat Perdagangan Internasional yang Perlu Anda Ketahui - Jasa Export Terpercaya

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional – Hallo sahabat Mister Exportir yang sangat bersahaja dimanapun kalian berada, terimakasih telah menyempatkan diri anda untuk membaca berbagai artikel seputar perdagangan internasional dan komoditi disitus Mister Exportir. Semoga dapat membuka wawasan sahabat eksportir dan semoga dapat berkolaborasi untuk Indonesia yang lebih baik.

Perdagangan Internasional adalah kegiatan jual beli antar dua buah negara atau lebih dengan mencakup eksport dan import. Kegiatan ini memberi dampak pada kemajuan perekonomian suatu negara. Perdagangan Internasional sudah ada sejak tahun 1800-an, meskipun sudah lama berlangsung namun tetap saja ada beberapa faktor penghambat perdagangan Internasional.

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional – Mister Exportir

Walaupun begitu, sistem perdagangan Internasional terus ikut berkembang mengikuti zaman khususnya dalam hal kebijakan, keamanan, dan proses pembayaran. Bahkan beberapa negara fokus dalam sektor eksport untuk meningkatkan devisa negara dan ada juga negara yang harus import untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Imbal balik inilah yang diperlukan dalam perdagangan Internasional.

Pada penjelasan di atas kita bisa melihat ada beberapa masalah atau kendala dalam transaksi eksport dan import. Jadi kita akan memberikan informasi seputar faktor- faktor penghambat perdagangan Internasional, sehingga Anda bisa menemukan solusi dari masalah-masalah tersebut. Lantas apa saja kiranya yang menjadi penghambat dalam perdagangan Internasional? Berikut ulasannya!

Baca Juga : 15+ Faktor Pendorong Perdagnagan Internasional yang Harus Kamu Tahu!

Penghambat Perdagangan Internasional Faktor Internal

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional – MIster Exportir

Sahabat Mister Exportir yang kami hormati, ternyata salah satu faktor penghambat dalam perdagangan internasional juga dapat disebabkan oleh faktor internal (faktor dalam). Kira- kira apa saja ya faktor- faktor penghambat perdagangan secara internal? Poin- poinnya ada dibawah ini!

1. Keamanan Sebuah Negara

Keamanan merupakan faktor penting dalam kesuksesan perdagangan Internasional, sebab keamanan sangat berpengaruh saat menjalin kerja sama dengan negara lain. Bilamana negara tidak aman, maka orang akan merasa takut untuk melakukan transaksi.

Faktor keamanan mendapat perhatian khusus, karena akan berpengaruh pada keselamatan dari produk dan diri sendiri. Oleh karena itu, pedagang hanya memiliki negara yang kondusif dari segi ekonomi, politik dan tidak ada konflik.

2. Kebijakan Perdagangan Internasional dari Pemerintah

Setiap negara memiliki kebijakan perekonomian tersendiri, tetapi kebijakan itu seringkali menjadi penghambat perdagangan Internasional. Kebijakan seperti pembatasan jumlah import, biaya eksport import terbilang sangat besar, dan proses birokrasi memakan banyak waktu.

Kebijakan seperti itu membuat pelaku usaha berfikir panjang untuk melakukan perdagangan dengan negara tersebut. Meskipun setiap kebijakan memiliki kelebihan dan kekurangan, bila hasil dari kebijakan tersebut menjadi penghambat perdagangan Internasional investor akan mencari negara lain yang lebih bersahabat.

3. Rendahnya SDA (Sumber Daya Alam)

Salah satu pendorong terjadinya perdagangan Internasional adalah sumber daya alam setiap negara berbeda-beda, sehingga untuk memenuhi kebutuhan negara harus mengimport dari negara lain. Jadi negara yang memiliki ragam SDA unggulan dengan jumlah tidak terbatas, bisa memiliki peran besar dalam perdagangan Internasional.

Sementara negara dengan SDA sedikit tidak akan bisa berbicara besar dalam perdagangan Internasional. Oleh karena itu, sumber daya alam sebuah negara akan menjadi penghambat perdagangan Internasional dari suatu negara.

4. Pembatasan Import dan Penetapan Tarif

Pada umumnya negara akan lebih menekan ekpor lebih besar dibandingkan dengan import, sebab menjadi kemampuan produk dari sebuah negara di dunia Internasional. Ekspor akan membantu pertumbuhan ekonomi negara dengan menymbang devisa, sehangga banyak negara membuat tarif besar untuk produk import.

Jadi, masyarakat akan lebih produk lokal di banding dengan produk import yang harganya tentu lebih besar. Hal ini menjadi penghambat perdagangan Internasional, khususnya para importer harus mengeluarkan biasa besar agar produknya bisa masuk ke negara tersebut.

5. Peraturan Politik Anti-Dumping

Penerapan aturan politik anti-dumping dengan tujuan melindungi produk dan pengusaha lokal dari produk import, terutama bila produk memiliki harga lebih murah dari produk lokal. Jadi negara memberi harga tinggi untuk bea produk import, seperti yang dilakukan oleh Indonesia terhadap produk China dari global market atau pasar bebas.

Baca Selengkapnya : 25+ Manfaat Ekspor Barang yang Sangat Luar Biasa, Anda Harus Baca!

Penghambat Perdagangan Internasional Faktor Eksternal

Selain faktor penghambat internal yang telah disebutkan sebelumnya, tentu saja pasti ada faktor eksternal yang akan menyambutnya dalam masalah. Menurut sobat eksportir, apa saja ya yang menjadi faktor eksternal yang menghambat perdagangan internasional? Let’s check list out!

1. Mata Uang Berbeda Antar Negara

Perbedaan mata uang dalam transaksi bisa menjadi penghambat perdagangan Internasional, sebab nilai tukar uang harus dikonversikan kepada mata uang negara yang berkaitan.

Bilamana pihak pengimport barang memiliki nilai tukar mata uang lebih rendah, maka biaya yang akan dikeluarkan lebih besar, sehingga akan terus menjadi penghambat selama belum ada mata uang yang ditetapkan.

2. Kurs Mata Uang Tidak Stabil

Setiap negara memiliki mata uang berbeda-beda dengan nilai tukar berbeda, selisih nilai tukar mata uang itulah yang di maksud kurs mata uang. Jadi kondisi kurs tidak stabil akan membuat importer dan eksporter mengalami kesulitan dalam menentukan harga, sehingga berdampak pada permintaan dan penawaran. Hal ini membuat pengusaha enggan melakukan eksport import dengan kondisi kurs tidak stabil.

3. Proses Pembayaran Sulit dengan Resiko Besar

Ketika terjadi transaksi perdagangan internasional, tentu tidak dengan jumlah sedikit dan pembayaranpun dengan angka besar. Bila harus melakukan pembayaran secara tunai akan merepotkan dan memiliki resiko sangat besar, sehingga mereka akan menggunakan L/C, Kliring Internasional atau Telegraphic Transfer.

Jenis pembayaran ini membutuhkan waktu proses pencairan dan menjadi penghambat perdagangan Internasional.

4. Organisasi Regional

Organisasi regional seperti ASEAN untuk wadah Asia Tenggara dalam bidang politik, pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi. Jadi wadah ini akan berusaha memberi keuntungan besar kepada anggotanya.

Sedangkan untuk negara di luar anggota akan mengalami kesulitan dalam eksport import barang. Hal ini disebabkan, negara di luar anggota tidak memiliki kesepahaman untuk saling menguntungkan.

5. Perperangan

Kondisi keamanan negara bisa menjadi penghambat perdagangan Internasional termasuk peperangan antara negara satu dengan  negara lainnya. Apabila negara-negara yang bersengketa tersebut menjalin kerja sama dengan suatu negara misalnya Indonesia, maka bisa memberi dampak buruk juga bagi Indonesia tentunya.

Karena proses kerjasama akan terputus, sebab mereka sendiri sedang mengalami kekacauan dan konflik.

Nah sobat Mister Exportir, demikian beberapa faktor penghambat perdagangan Internasional, sehingga bisa menambah pengetahuan Anda dalam proses eksport import barang. Karena ada banyak faktor yang harus diperhatikan dalam perdagangan Internasional dalam pembangunan perekonomian negara.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat ya, terimakasih dan salam sukses buat eksportir Indonesia!

Gallery Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Maulanablog Faktor Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

1 Bab Perdagangan Internasional Ppt Download

Ekonomi Kls 3 Bab 1

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional Awalilmu Com

Faktor Penghambat Dan Pendorong Perdagangan Internasional

Hambatan Dan Faktor Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Faktor Penghambat Pendorong Dan Penyebab Terjadinya

Tujuan Perdagangan Internasional Bagi Suatu Negara

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional Pptx Faktor

Faktor Faktor Penghambat Dalam Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional Ppt Download

11 Hambatan Perdagangan Internasional Teori Teori Yg Ada

Faktor Penghambat Perdagangan Antar Negara Brainly Co Id

Faktor Faktor Penghambat Perdagangan Internasional Menurut

Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional Kelas Xi Is

Perdagangan Internasional Faktor Pendorong Contoh Dan

Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Dan Penghambat Perdagangan Internasional

10 Faktor Hambatan Perdagangan Internasional Beserta

Hambatan Perdagangan Internasional Di Indonesia Indoforwarding

10 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional Beserta

Perdagangan Internasional International Trade Ppt Download

6 Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

10 Faktor Hambatan Perdagangan Internasional Beserta

Teori Perdagangan Internasional Yang Paling Populer

Perdagangan Internasional Teori Manfaat Pengertian


0 Response to "Faktor Penghambat Perdagangan Internasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel