Perbedaan Besi Dan Baja



Perbedaan Besi Dan Baja

8 Perbedaan Baja Cor dan Besi Cor

Proses pengecoran logam telah menghasilkan ribuan material. Ada dua material yang telah dikenal populer oleh khalayak ramai, yaitu baja cor dan besi cor. Lalu, apa saja perbedaan baja cor dan besi cor?

Secara visual, perbedaan baja cor dan besi cor nyaris tak nampak. Keduanya mempunyai kadar Fe (Ferro) sebagai pembentuknya. Warna dan tekstur juga sekilas sulit dibedakan. Orang awam kadang menganggap sama antara baja cor dan besi cor.

Di Sentra Industri Logam Ceper, kedua istilah ini kadang tertukar. Sebutan besi adalah untuk barang yang terbuat dari baja. Dan ketika menyebut wojo, itu artinya untuk besi cor.

Perbedaan baja cor dan besi cor bisa dilihat secara lanjut dengan uji laboratorium. Bisa juga diketahui dari visual pengerjaan atau perlakuan terhadap baja cor dan besi cor.

Perbedaan Baja Cor dan Besi Cor

1. Kandungan Karbon

Komposisi Kimia (serc.carleton.edu)

Perbedaan baja cor dan besi cor yang pertama yaitu dari kandungan karbonnya. Kandungan karbon bisa nampak dari hasil uji komposisi kimia. Dan kandungan karbon adalah pembeda yang kentara jelas dan terukur untuk baja cor dan besi cor.  Baja Cor memiliki persen karbon dibawah 2 %. Sementara besi cor mempunyai persen karbon diatas 2 %.  Pembeda ini sudah sering dibahas dibeberapa forum pengecoran logam karena memang pembeda ini terukur dari hasil laboratorium.

2. Pengujian Komposisi Kimia

Sewaktu kita menguji komposisi kimia baja cor dan besi cor, kita akan melihat perbedaannya pada sampel uji.

Baja cor bisa menggunakan sampel uji dari benda langsung atau dari sistem saluran dan penambah. Besi cor mesti menggunakan chill test yang disediakan ketika proses penuangan cairan.

3. Bahan Lining

Bahan Lining

Tipikalnya dan idealnya, pada proses peleburan baja cor menggunakan bahan lining memiliki karakter basa. Sedangkan proses peleburan besi cor mesti menggunakan bahan lining yang berkarater asam.

Asam dan basa suatu lining bisa dihitung dari basisitasnya. Bahan yang memiliki basisitas > 1%, berarti berkarakter basa. Bahan yang memiliki basisitas < 1%, mempunyai karakter asam.

Sederhananya, bahan lining yang memiliki karakter basa mempunyai kandungan MgO2 lebih banyak. Sementara bahan lining yang memiliki karakter asam mempunyai kandungan SiO2 lebih banyak.

Apakah peleburan baja cor tidak bisa menggunakan lining asam? atau sebaliknya peleburan besi cor menggunakan lining basa?

Jawabanya, bisa saja. Tapi itu akan mengganggu proses peleburan yang menjadikan hasil cairan tidak optimal dan juga akan memperpendek umur lining. Cairan yang tidak optimal bisa mengakibatkan terjadinya cacat coran.

4. Uji Pukul Suara

Uji Pukul (egamaster.com)

Untuk mendapatkan pembeda, dua material coran yang terbuat dari baja cor dan besi cor bisa diuji pukul. Maksudnya disini adalah dipukul sehingga menghasilkan suara. Baja cor biasanya memiliki hasil pukulan suara yang lebih nyaring dibanding besi cor. Baja cor memiliki bunyi nyaring ‘trang’ lebih terdengar jelas dan nyaring dibanding besi cor. Mungkin karena sifat besi cor yang dapat meredam getaran. Tapi untuk hal ini belum dilakukan penelitian lebih lanjut. Tentunya hasil ini adalah relatif dan tidak terukur.

5. Percikan Gerinda

Percikan Gerinda (dipotret.blogspot.com)

Poin ini juga diambil dari hasil pengamatan empiris subjektif, bukan hasil penelitian. Tapi kita bisa membedakan percikan gerinda antara baja cor dan besi cor.

Baja cor memiliki percikan gerinda yang lebih pendek dan lebih sedikit dibanding besi cor. Sekali lagi, kami tidak bisa menjelaskan alasanya dan sebabnya.

Sehingga bila seseorang yang sedang menggerinda benda cor dan menghasilkan percikan yang panjang dan banyak, kemungkinannya dia sedang menggerinda besi cor.

6. Sifat Fisik dan Sifat Mekanik

Uji Tarik (g2mtlaabs.com)

Besi cor mempuyai karakteristik yaitu kemampuan las yang rendah, kemampuan tempa yang baik (untuk malleable), korosif, ketahanan aus yang rendah, mempunyai elongasi tinggi (untuk ductile), dan mampu meredam getaran.

Baja cor mempuyai karakteristik diantaranya tangguh, kekuatan, daya tarik dan daya tekan yang besar, tahan korosi yang baik (baja paduan krom0, dan kurang mampu meredam getaran.

7. Harga Pasar

Harga Pasar (howdoresearch.com)

Untuk pasar Ceper, harga baja cor masih lebih tinggi dibanding besi cor. Biaya proses untuk baja cor lebih tinggi karena menggunakan tanur induksi. Selain itu, proses pabrikasi mulai dari pola hingga finishing akhir, baja cor membutuhkan perlakuan dan hasil produk yang lebih ketat.

8. Aplikasi

Deck Drain Besi Cor  (maria.co.id)

Perbedaan baja cor dan besi cor yang terakhir yaitu dari segi aplikasinya. Besi cor mempunyai aplikasi yang lebih luas dibanding baja cor. Sehingga volume output untuk besi cor lebih banyak dibanding baja cor.

Aplikasi besi cor diantaranya untuk manhole cover, deck drain, grill dan grating drainase, blok mesin, dan bodi mesin.

Grill Cast Iron & Manhole Cover (maria.co.id)

Aplikasi baja cor diantaranya untuk komponen presisi, pipa, struktur mekanik, struktur konstruksi dan lain sebagainya.

Simak juga video mengenai perbedaan baja cor dan besi cor berikut ini :

Gallery Perbedaan Besi Dan Baja

Perbedaan Besi Beton Polos Dan Beton Ulir Besi Beton Surabaya

Api5l X80 Xinhai

Perbedaan Besi Dan Baja Alat Pengukur Id Cv Java Multi Mandiri

Logam Dan Non Logam Adalah Jenis Sifat Perbedaan Contoh

What Is The Perbedaan Antara Baja Lembaran Dan Pelat

Apa Perbedaan Baja Dan Rebar Peneliti Indonesia

Harga Besi Baja Plat Central Besi Baja Presented By Pt

Asahmedia Carbon Steel Baja Karbon Vs Stainless Steel

Berikut Ini Merupakan Perbedaan Besi Baja Jugger

Perbedaan Besi Dan Baja Prima Besi Medium

Daftar Harga Besi H Beam Dan Besi Wf Supplier Material

Macam Macam Baut Dan Sekrup

I Identifikasi Kandungan Unsur Logam Menggunakan Xrf Dan Oes

Perbedaan Atap Aluminium Zinc Spandek Dan Bondek

Posts Tagged As Besiulir Picpanzee

Perbedaan Besi Vs Baja Klopmart

Perbedaan Besi Beton Polos Dan Besi Beton Ulir Bildeco

Macam Macam Baut Dan Sekrup

Apa Perbedaan Las Dan Solder Quora

Baja Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Unsur Logam Blacksmith

Perbedaan Besi Beton Polos Dan Beton Ulir Besi Beton Surabaya

Perbedaan Besi Dan Baja Prima Besi Medium

Besi Tulangan Parameter Lauw Tjun Nji

Folding Gate Harga Folding Gate Dan Rolling Door

Industri Besi Baja Jenis Dan Proses Pengolahannya Cv Msk

Pipa Baja Galvanis Spesifikasi Fungsi Dan Kelebihan

Apa Perbedaan Antara Galvanized Steel Dan Stainless Steel


0 Response to "Perbedaan Besi Dan Baja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel