Penulisan Gelar Sarjana Ekonomi



Cara Penulisan Gelar Yang Baik Dan Benar Beserta Contoh

Cara Penulisan Gelar Yang Benar Di Indonesia Sesuai EYD

Cara Penulisan Gelar Yang Benar Di Indonesia Sesuai EYD Lengkap – Penulisan gelar adalah hal yang cukup penting untuk dipelajari. Karena sangat berpengaruh terhadap kredibelitas seseorang. Salah tata penulisannya sedikit bisa jadi bahan tertawaan ataupun cuman senyuman simpul.

Untuk itu disini kita akan membahas materi bagaimana cara menulis gelar yang benar sesuai dengan kaidah EYD? lalu bagaimana contoh-contohnya? Lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya berikut ini:

Penulisan Gelar Yang Benar

Gelar yang dimiliki seseorang, apakah itu gelar untuk haji, sarjana, master atau gelar untuk profesor ternyata menunjukkan tingkat status atau pendidikan yang disandang oleh seseorang yang menyandang gelar tersebut.

Selain itu juga, seseorang akan dengan mudah diketahui latar belakang atau backgroundnya dengan cara melihat gelar yang disandangnya. Penulisan gelar biasanya ditulis dengan menggunakan huruf-huruf singkatan.

Misalnya: S.Pd.I singkatan ini menunjukan gelar Sarjana Pendidikan Islam atau S.H menunjukan gelar Sarjana Hukum.

Lalu bagaiamanakah cara penulisan gelar tersebut? apakah ada tata caranya atau hanya yang penting disingkat saja? Tahukah sahabat, bahwa ternyata dalam penulisan singkatan pada gelar seseorang memiliki aturan-aturannya sendiri yang mana disesuaikan dengan ejaan yang telah disempurnakan atau biasa disebut EYD. Mari kita simak lebih jauh tata caranya!

Aturan Penulisan Gelar Sesuai Ketetapan Pemerintah Indonesia

Tata cara penulisan gelar yang benar adalah penulisan yang sesuai dengan EYD. Berikut ini aturan penulisan gelar didalam EYD yang sudah ditetapkan oleh pemerintahan di Indonesia

  1. Masing-masing gelar dituliskan sebelum atau setelah nama pemilik dari gelar tersebut
  2. Masing-masing gelar ditulis dengan memakai tanda titik (.) antara satu huruf dengan huruf yang lainnya pada singkatan dari suatu gelar
  3. Nama orang yang menyandang gelarnya dengan gelar yang ia miliki harusnya dipisah dengan memakai tanda koma (,)
  4. Apabila gelar seseorang yang akan dicantumkan ternyata lebih dari satu, maka antara satu gelar dengan gelar yang lainnya harus dipisahkan terlebih dahulu dengan menggunakan tanda koma (,). Misalnya saja Siti Nursamsiyah, S.H.I,M.H.

Tata Cara Penulisan Gelar

Berikut adalah tata cara penulisan gelar menurut tingkatan jenjang pendidikannya:

Penulisan Gelar Diploma

Berikut ini merupakan gelar-gelar dan juga singkatan dari gelar tersebut yang berlaku dan sangat umum dipakai di Indonesia adalah:

Gelar Diploma Satu (D1) = Ahli Pratama: A.P. Gelar Diploma Dua (D2) = Ahli Muda: A.Ma Gelar Diploma Tiga (D3) = Ahli Madya: A.Md, meliput: Ahli Madya Pendidikan: A.Md.PD. Ahli Madya Keperawatan: A.Md.Per. Ahli Madya Kesehatan: A.Md.Kes. Ahli Madya Kebidanan: A.Md.Bid.

Ahli Madya Pariwisata: A.Md.Par.

Contoh Penulisan Gelar Diploma Pada Sebuah Nama:

Muhammad Zaki, A.P.Par. : Ahli Pratama Pariwisata Muhammad Zaki, A.P.Kom. : Ahli Pratama Komputer Muhammad Zaki, A.Ma.Pust. : Ahli Muda Perpustakaan Muhammad Zaki, A.Ma.Pd. : Ahli Muda Pendidikan Muhammad Zaki, A.Md.Ak. : Ahli Madya Akuntansi Muhammad Zaki, A.Md.Kom. : Ahli Madya Komputer Muhammad Zaki, A.Md. Far. : Ahli Madya Farmasi Muhammad Zaki, A.Md.Keb. : Ahli Madya Kebidanan Muhammad Zaki, A.Md.Kep. : Ahli Madya Keperawatan

Muhammad Zaki, A.Md.K.G. : Ahli Madya Kesehatan Gigi

Penulisan Gelar Sarjana

Penulisan gelar sarjana yang diterapkan berdasarkan ketetapan pemerintah adalah sebagai berikut: S.Ag. : Sarjana Agama S.Pd. : Sarjana Pendidikan S.SI. : Sarjana Sains S.PSi. : Sarjana Psikologi S.Hum. : Sarjana Humaniora S.Kom. : Sarjana Komputer S.Sn. : Sarjana Seni S.Pt. : Sarjana Peternakan S.Ked. : Sarjana Kedokteran S.Th.I : Sarjana Teologi Islam S.Kes. : Sarjana Kesehatan S.Sos. : Sarjana Sosial S.Kar. : Sarjana Karawitan S.Fhil. : Sarjana Filsafat S.T. : Sarjana Teknik S.P. : Sarjana Pertanian S.S. : Sarjana Sastra S.H. : Sarjana Hukum S.E. : Sarjana Ekonomi S.Th.K. : Sarjana Teologi Kristen S.I.P: Sarjana Ilmu Politik S.K.M. : Sarjana Kesehatan Masyarakat S.H.I : Sarjana Hukum Islam S.Sos.I. : Sarjana Sosial Islam S.Pd.I. : Sarjana Pendidikan Islam

M.Mus: Master  Music

Contoh Penulisan Gelar Sarjana Pada Nama Seseorang:

Siti Nursamsiyah, S.Pd.I. : Sarjana Pendidikan Islam

Siti Nursamsiyah, S.Kom. : Sarjana Komputer Siti Nursamsiyah, S.H.I. : Sarjana Hukum Islam Siti Nursamsiyah, S.Sos. : Sarjana Sosial Siti Nursamsiyah, S.E. : Sarjana Ekonomi Siti Nursamsiyah, S.H. : Sarjana Hukum Siti Nursamsiyah, S.Kes. : Sarjana Kesehatan Siti Nursamsiyah, S.Ked. : Sarjana Kedokteran Siti Nursamsiyah, S.Pd. : Sarjana Pendidikan

Siti Nursamsiyah, S.T. : Sarjana Teknik

Penulisan Gelar Magister

M.Ag. (Magister Agama) M.Pd. (Magister Pendidikan) M.Si. (Magister Sains) M.Psi. (Magister Psikologi) M.Hum. (Magister Humaniora) M.Kom. (Magister Komputer) M.Sn. (Magister Seni) M.T. (Magister Teknik) M.H. (Magister Hukum) M.M. (Magister Manajemen) M.Kes. (Magister Kesehatan) M.P. (Magister Pertanian) M.Fhil. (Magister Fhilsafat) M.E. (Magister Ekonomi) M.H.I. (Magister Hukum Islam) M.Fil.I. (Magister Filsafat Islam) M.E.I. (Magister Ekonomi Islam)

M.Pd.I. (Magister Pendidikan Islam)

Contoh Penulisan Gelar Pada Nama Seseorang:

Jumari, M.Ag. (Magister Agama) Jumari,M.Pd. (Magister Pendidikan) Jumari,M.Si. (Magister Sains) Jumari,M.Psi. (Magister Psikologi) Jumari,M.Hum. (Magister Humaniora) Jumari,M.Kom. (Magister Komputer) Jumari,M.Sn. (Magister Seni) Jumari,M.T. (Magister Teknik) Jumari,M.H. (Magister Hukum) Jumari,M.M. (Magister Manajemen) Jumari,M.Kes. (Magister Kesehatan) Jumari,M.P. (Magister Pertanian) Jumari,M.Fhil. (Magister Fhilsafat) Jumari,M.E. (Magister Ekonomi) Jumari,M.H.I. (Magister Hukum Islam) Jumari,M.Fil.I. (Magister Filsafat Islam) Jumari,M.E.I. (Magister Ekonomi Islam)

Jumari,M.Pd.I. (Magister Pendidikan Islam)

Demikianlah pembahasan mengenai penulisan gelar yang benar. Semoga dapat bermanfaat …

Baca Juga:

Cara Penulisan Gelar Yang Benar Di Indonesia Sesuai EYD Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar

Gallery Penulisan Gelar Sarjana Ekonomi

Jiptummpp Gdl Christianr 29910 1 Pendahul N Pdf Peramalan

Cara Penulisan Gelar Akademik Yang Baik Dan Benar

Cara Penulisan Gelar Yang Benar Sesuai Eyd Lengkap

Skripsi Diajukan Untuk Penulisan Skripsi Guna Memenuhi

Calameo Skripsi Ade Irawan

Cara Penulisan Nama Gelar Sarjana Yang Benar Amd Msi Mm

Laporan Skripsi

Cara Penulisan Dan Penggunaan Gelar Akademik Yang Benar

Cara Penulisan Gelar Yang Benar Siswapedia

Sarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Cara Penulisan Gelar Yang Benar Dan Contoh Penulisannya

111 Penulisan Gelar Akademik Jenis Daftar Nama Profesi

70 Cara Penulisan Gelar Sarjana Profesor Magister

Tanda Baca

Cara Penulisan Gelar Skm Dan Mph Yang Benar Menurut Eyd

Penulisan Gelar Diploma Sarjana Magister Dan Master

Berbagai Cara Penulisan Gelar Yang Benar

Your Browser Does Not Support Javascript 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Cara Penulisan Gelar Yang Benar Sarjana Magister Doktor


0 Response to "Penulisan Gelar Sarjana Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel