Pakaian Adat Kepulauan Riau



6 Nama Pakaian Adat Riau Gambar Dan Penjelasan Romadecade

Inilah Pakaian Adat Dari Kepulauan Riau (Pria dan Wanita)

Provinsi Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi baru dan merupakan hasil pemekaran daerah provinsi Riau yang terbentuk pada tanggal 24 September 2002 lalu. Meskipun terbilang baru, kebudayaan dari masyarakat asli provinsi ini tidak dapat dilepaskan dari sejarah yang panjang peta perdagangan dunia. Lokasinya yang sangat strategis, yaitu di dalam jalur pelayaran di masa silam membuat Provinsi Kepulauan Riau mempunyai budaya yang sangat beragam hasil percampuran kebudayaan melayu sebagai penduduk lokal dan para pendatang seperti kebudayaan bangsa Arab, China, dan Eropa. Salah satu bentuk percampuran tersebut dapat kita temukan pada pakaian adat kebaya labuh dan teluk belanga yang menjadi pakaian adat resmi dari Peovinsi Kepulauan Riau saat ini. Kebaya Labuh dan teluk belanga sebenarnya bukan satu-satunya pakaian adat Provinsi Kepulauan Riau yang bisa kita temukan. Ada berbagai macam jenis pakaian daerah lainnya yang sangat akrab dengan kebudayaan masyarat kepulauan Riau. Beberapa diantaranya adalah baju kurung keke, baju telepuk, baju gunting cina, dan lain sebagainya. Kebaya labuh dan teluk belanga sengaja dipilih oleh pemerintah sebagai ikon pakaian adat Provinsi Kepulauan Riau karena terdapat beberapa keunikan dan juga nilai tambah yang dimilikinya. Selain itu, kedua pakaian adat ini memang merupakan pakaian yang sudah umum dipakai oleh masyarat Melayu yang mendiami pulau-pulau di provinsi tersebut sejak masa lalu. Nah, seperti apakah pakaian adat tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Daftar Isi

 Pakaian Kebaya Labuh (Pakaian Adat Wanita)

Pakaian kebaya labuh merupakan pakaian adat Provinsi Kepulauan Riau yang hanya khusus dipakai oleh para wanita di dalam upacara adat atau kegiatan resmi lainnya. Bentuk dari pakaian adat ini sama seperti kebaya pada umumnya. Hal yang membedakan pakaian ini hanya terletak pada ukurannya yang lebih panjang dan menjuntai hingga ke bawah lutut. Desain kebaya labuh ini sangat sederhana, pada bagian depan kebaya dikaitkan dengan peniti atau kancing sebanyak 3 (tiga) buah. Jumlah kancing yang hanya sedikit tersebut membuat bagian bawahnya terlihat lebih melebar dan juga terbuka. Kebaya labuh pada umumnya dipadukan dengan bawahan berupa kain batik cual yang dibalutkan dibagian pinggang. Sementara selendang dan beberapa aksesoris lainnya seperti kembang goyang sebagai hiasan rambut yang disanggul dan kerudung. Selain sebagai simbol pakaian adat Provinsi Kepulauan Riau, kebaya labuh sampai saat ini juga masih kerap digunakan di dalam upacara pernikahan adat oleh para mempelai atau para pengantin wanita. Untuk pengantin, bahan pembuatan kebaya ini umumnya adalah berasal dari kain sutra China atau kain dengan kualitas tinggi lainnya.

Pakaian Teluk Belanga (Pakaian Adat Pria)

Jika kebaya labuh dipakai oleh para wanita melayu Provinsi Kepulauan Riau, maka pada pakaian teluk belanga ini hanya dikhususkan untuk para pria. Pakaian teluk belanga sebenarnya adalah pakaian pria Melayu yang juga dijadikan sebagai ikon pakaian adat Provinsi Riau, Jambi, dan sekitarnya. Tetapi, terlepas dari itu terdapat keunikan dan kekhasannya tersendiri dari pakaian teluk belanga Provinsi Kepulauan Riau. Teluk belanga khas Kepulauan Riau pada umumnya mempunyai bermotif polos dengan warna yang tidak mencolok seperti warna hitam atau abu-abu. Untuk warna pakaian dan celana panjang sebagai bawahan umumnya adalah sama. Sementara diantara keduanya, ada aksesoris berupa kain sarung yang dipakai sebatas lutut.

Aksesoris yang dipakai untuk melengkapi pakaian adat Provinsi Kepulauan Riau untuk laki-laki tidaklah banyak, yakni hanya penutup kepala yang bernama tanjak dan terbuat kain songket segi empat yang diikat dengan sedemikian rupa atau sebuah peci (songkok). Penggunaan tanjak ini biasanya hanya dipakai ketika sedang ada upacara resmi seperti kenduri atau acara-acara adat yang lainnya. Sementara untuk keseharian, songkoklah yang dipilih.

Suka artikel berjudul Inilah Pakaian Adat Dari Kepulauan Riau (Pria dan Wanita), Yuk bagikan ke:

Inilah Pakaian Adat Dari Kepulauan Riau (Pria dan Wanita) Reviewed by Unknown on Rabu, Oktober 04, 2017 Rating: 5

Gallery Pakaian Adat Kepulauan Riau

Pakaian Khas Kepulauan Riau Yang Masih Eksis Pinang Paleo

34 Pakaian Adat Dan Namanya Di Indonesia

Lengkap Pakaian Adat Tradisional Gambar Bali Jawa Betawi

6 Baju Adat Kepulauan Riau Tradisikita

Pakaian Adat Riau Dan Kepulauan Riau Kepri Gps Wisata

Goriau Tari Persembahan Kebanggan Dan Ikon Bangsa Melayu

Beautiful Indonesia Umm

Jual Baju Adat Di Kepulauan Riau Harga Terbaru 2020

Mms Pakaian Adat Kepulauan Riau Boneka

Melayu Riau Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Serba Serbi Pakaian Melayu Dan 9 Rekomendasinya

Gambar Pakaian Adat 34 Provinsi Di Indonesia Lengkap

34 Pakaian Adat Indonesia Gambar Asal Dan Sejarahnya

34 Pakaian Adat Nama Dan Asal Provinsi Di Indonesia

Kenali Indonesia Provinsi Kepulauan Riau Ppi Fukuoka

Provinsi Riau Pakaian Adat Tradisional Melayu

Pt Bank Pembangunan Daerah Riau

34 Pakaian Adat Indonesia Gambar Asal Dan Sejarahnya

34 Pakaian Adat Dan Namanya Di Indonesia

Baju Adat Riau Modern Model Baju Trend 2019

Peringati Hari Kartini Karyawan Garuda Gunakan Pakaian Adat

34 Pakaian Adat Dan Namanya Di Indonesia

Gambar Pakaian Adat Riau Surat Kabar

34 Pakaian Adat Indonesia Gambar Asal Dan Sejarahnya

Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Pakaian Adat Riau Dan Kepulauan Riau Kepri Gps Wisata

Jual Barbie Baju Adat Kepulauan Riau Kepri Kab Bandung Rierie Collections Tokopedia

Budaya Batam The Colour Of Indonesia


0 Response to "Pakaian Adat Kepulauan Riau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel