Susunan Acara Resepsi Pernikahan



297 Contoh Susunan Acara Pernikahan Resepsi Akad

Contoh Susunan Panitia Pernikahan Beserta Susunan Acaranya

Dalam mempersiapkan pernikahan agar menjadi pernikahan yang meriah, salah satu hal yang harus Anda dan keluarga lakukan adalah membuat susunan panitia pernikahan. Guna adanya susunan panitia ini adalah agar semua pekerjaan selama pernikahan bisa dipantau dengan baik. Lalu, bagaimana cara menyusunnya?

Contoh Undangan Pembentukan Panitia Pernikahan

enywinaryati.blog.unimus.ac.id

Sebelum menentukan siapa saja yang pantas jadi panitia pernikahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan semua orang terkait, baik itu tetangga, saudara, sepupu dan lainnya untuk berkumpul. Perkumpulan ini bertujuan untuk membahas siapa yang menjadi A, dan siapa yang bertugas pada bagian B dan yang lainnya.

Secara singkatnya, pengumpulan orang ini adalah untuk pembentukan panitia pernikahan. Anda harus melakukannya paling lambat satu minggu sebelum acara dilaksanakan. Pihak yang mengadakan pernikahanlah yang harus melakukannya. Untuk itu, Anda harus membuat undangan pembentukan panitia pernikahan untuk membawa semua orang datang.

Anda bisa membuat undangan pembentukan panitia untuk membuat susunan panitia pernikahan dengan mencontoh undangan pembentukan panitia yang sudah ada. Misalnya saja, seperti yang ada di bawah ini!

Undangan

Jumat, 28 Agustus 2018

Kepada Yth,

Bapak/Ibu/Sdr/i

Di Tempat

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmad dan hidayah yang diberikan-Nya pada kita semua.

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara resepsi pernikahan anak kami yang akan dilangsungkan pada tanggal 08 September 2018 nanti, maka melalui surat ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Sdr/i untuk hadir dalam acara rapat pembentukan panitia resepsi pernikahan yang akan dilaksanakan pada:

Hari     : Minggu, 01 September 2018

Pukul   : 19.00 WIB (Bada Magrib) s/d selesai.

Alamat : Jl. Angkatan 45 No 91, Bandar Lampung (Kediaman Bpk. Hermansyah dan Ibu Apriani)

Pada rapat tersebut, rencananya akan didiskusikan pembentukan seksi-seksi acara serta pembagian tugas sesuai dengan keahlian dan keterampilan masing-masing anggota yang ada.

Mengingat pentingnya acara rapat tersebut untuk kelancaran resepsi pernikahan putri kami, maka kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu/Sdr/i pada rapat tersebut. Atas kesediaannya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum, wr.wb.

Hormat kami,

Keluarga Bapak Hermansyah

Maher dan Adrianita (Kedua mempelai)

Susunan Panitia Pernikahan untuk Keluarga

mboknebocah2.blogspot.com

Setelah undangan rapat pernikahan dibuat dan disebarkan, maka tibalah saatnya untuk melaksanakan rapat tersebut. Dalam rapat itu, sesuai yang tertera dalam undangan, berguna untuk mendiskusikan pembentukan seksi-seksi yang dibutuhkan guna memperlancar acara resepsi pernikahan tersebut.

Susunan panitia tersebut terdiri atas ketua panitia yang bertugas untuk merencanakan, menyiapkan, mengawasi serta bertanggung jawab atas kelancaran acara pernikahan tersebut. Biasanya, untuk penanggung jawab ini, anggota yang dipilih adalah anggota keluarha yang dituakan dan berpengalaman dalam mengurus acara seperti ini sebelumnya.

Lalu ada wakil ketua. Tugas dari wakil ketua ini adalah sebagai tangan kanan yang membantu operasional jalannya acara pernikahan. Selain itu, beliau jugalah yang akan mewakili di meeting bila berhalangan hadir. Biasanya, wakil ketua ini adalah orang yang masih muda dan memiliki jadwal yang fleksibel dan juga selalu sigap.

Tentu saja seketaris juga harus ada. Tugas dari sekretaris ini adalah untuk menghubungi semua panitia keluarga dan WO untuk berbagai keperluan. Lalu, dia jugalah yang akan membuat catatan dari rapat panitia yang dilangsungkan. Beliau juga bertugas mengatur urusan administrasi lainnya.

Bendahara juga wajib ada. Beliau bertugas untuk mengalokasikan dana yang tersedia untuk pos-pos pernikahan. Beliau juga yang akan mengurus biaya tak terduga dan menyusun laporan keuangan. Ada juga seksi among tamu yang bertugas mengoordinasikan untuk menyambut tamu yang datang.

Masih ada seksi penerima tamu dan angpau yang bertugas mengawasi penerimaan angpau dan memastikan jumlah souvenir cukup. Lainnya, ada seksi keamanan yang bertugas mengatur keamanan di sekitar venue. Seksi tranportasi, bertugas menetapkan jumlah kendaraan untuk keluarga dan rutenya.

Masih ada seksi konsumsi yang memiliki tugas untuk mengoordinasikan dan mengawasi persiapan makanan yang akan disuguhkan di acara pernikahan tersebut. Selain itu, pada susunan panitia pernikahan ini, beliau juga bertugas untuk mengawasi ketersediaan makanan agar selalu terjamin baik itu untuk tamu ataupun untuk pendukung acara lainnya.

Susunan Panitia Pernikahan Secara Lengkap

wintarwicaksono.blogspot.com

Setelah menentukan siapa saja yang akan mengisi susunan panitia pernikahan, selanjutnya adalah tugas Anda untuk merekap kembali siapa saja yang ada dalam susunan tersebut. Anda harus membuatnya sedemikian rupa agar mudah dipahami orang lain terutama untuk para seksi yang berhalangan hadir. Sebagai contoh, inilah rekap susunan panitia yang tepat.

Susunan Panitia Pernikahan

Maher dan Adrianita

Minggu, 08 September 2018

Ketua   Panitia : Bpk. Suherman

Wakil Ketua     : Bapak Amiruddin

Seksi Penerima Tamu:

  1. Bapak Ponirun dan Istri
  2. Bapak Joko dan Istri
  3. Bapak Helmi dan Isstri
  4. Bapak Murdika dan Istri
  5. Bapak Sudirman dan Istri

Pengantar Tamu

  1. Ibu Erna
  2. Ibu Muprida
  3. Ibu Yusna Wati
  4. Bapak Solda
  5. Bapak Minaldi

Seksi Konsumsi

  1. Ibu Ita
  2. Ibu Farida
  3. Ibu Tika
  4. Bapak Deni
  5. Bapak Junaedi

Snack dan Kado

  1. Bapak Robi
  2. Ibu Pina
  3. Bapak Masyun
  4. Bapak Andi
  5. Ibu Santi

Perlengkapan dan Humas

  1. Bapak Ansori
  2. Bapak Abdul
  3. Bapak Hendri
  4. Bapak Hanapi
  5. Bapak Toto

Parkir

  1. Bapak Yusuf
  2. Bapak Mardi
  3. Bapak Rendi
  4. Bapak Sulaeman
  5. Bapak Rahmat

Meski susunan tersebut terlihat sederhana, Anda tetap harus membuatnya agar semua bisa mengetahui apa saja tugas-tugas mereka. Jika sudah direkap, baiknya fotokopi dan serahkan pada masing-masing petugas yang namanya ada dalam daftar tersebut. Dengan begitu, mereka tak akan lupa dengan tugas masing-masing saat harinya nanti tiba.

Rundown Acara Pernikahan Akad

konsultasiagama.com

Setelah melakukan semua persiapan yang dibutuhkan serta susunan panitia pernikahan sudah siap melakukan tugasnya masing-masing hingga hari H tiba, maka berlanjut ke acara pernikahan itu sendiri. Salah satu acara yang dilaksanaan agar pernikahan tersebut sesuai agama dan tercatat oleh negara adalah melakukan ijab qabul atau akad nikah.

Akad nikah ini juga memiliki susunan acara yang wajib dilaksanakan. Biasanya, acara akad nikah ini dimulai dengan final checking. Final checking ini dilakukan sebelum acara dimulai. Di mana, semua rombongan baik itu rombongan calon mempelai pria dan wanita sudah berada di tempat sehingga acara siap dimulai.

Lalu, acara akan dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh MC. Biasanya, MC akan membuka acara dengan kata-kata sambutan yang tak terlalu panjang dan diakhiri dengan membaca Bismillah bersama sebagai tanda bahwa acara tersebut siap dimulai. Acara selanjutnya akan ada acara sambutan dari keluarga besar calon pengantin pria.

Sambutan ini ditujukan untuk keluarga calon pengantin perempuan yang mana dilakukan oleh satu orang yang biasanya dituakan. Pada susunan panitia pernikahan, biasanya yang bertugas di posisi ini adalah si ketua panitia. Masuk ke acara selanjutnya, akan dilanjutkan dengan acara sambutan dari keluarga pengantin perempuan untuk pengantin laki-laki.

Acara akad ini lalu akan dilanjutkan dengan acara serah terima berupa jabat tangan sebagai tanda bahwa kedua keluarga siap menerima masing-masing dari pasangan pengantin. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan seserahan. Pada acara ini, ibu calon pengantin pria menyerahkan seserahan secara simbolis untuk calon pengantin wanita.

Bila ternyata ibu calon pengantin pria sudah tak ada atau berhalangan hadir, maka salah satu dari anggota pada susunan panitia pernikahan yang akan mengambil alih. Sampailah pada acara puncak akad nikah yang dipimpin penghulu dan disaksikan seluruh anggota keluarga yang hadir. Acara tersebut dilanjutkan dengan penyerahan mahar dan nasihat perkawinan.

Susunan Acara Walimatul Ursy Resepsi Pernikahan

kaskus.co.id

Setelah akad dilangsungkan, maka acara tersebut akan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan. Resepsi pernikahan ini pada umumnya dilakukan pada hari yang sama dengan hari akad tersebut dilangsungkan. Namun, sebagian juga melakukannya pada hari yang berbeda. Ini semua tergantung dari keputusan si empu acara tersebut.

Untuk susunan acara walimatul ursy resepsi pernikahan, semua juga diatur oleh susunan panitia pernikahan yang telah dibentuk sebelumnya. Acara yang dilaksanakan pertama adalah acara hiburan. Acara ini pada umumnya dimulai 30 menit lebih awal sebelum resepsi dilangsungkan.

Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC yang menandai dimulainya acara resepsi pernikahan tersebut. Setelah pembukaan dilakukan oleh MC, maka acara berikutnya dilanjutkan dengan kirab pengantin yang ditandai dengan masuknya seluruh rombongan pengantin ke ruangan resepsi pernikahan.

Saat mereka masuk, musik dan tarian akan mengiringi semua rombongan hingga mempelai duduk di pelaminan. Pada sesi ini, biasanya akan ada sesi foto terlebih dulu untuk mengambil gambar pertama saat mempelai dan kedua orang tuanya duduk di pelaminan. Hanya satu atau dua gambar dan itupun bersama keluarga inti saja.

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan acara sambutan yang disampaikan oleh perwakilan kedua keluarga dari mempelai wanita ataupun pria. Orang ini biasanya sejak awal sudah ditunjuk dalam susunan panitia pernikahan dari masing-masing keluarga. Pada sambutan ini, pihak pengantin pria biasanya mulai lebih dulu.

Setelah itu, barulah dilanjutkan dengan sambutan dari keluarga mempelai wanita. Setelah acara sambutan selesai, maka acara akan dilanjutkan dengan doa. Doa tersebut akan dipimpin oleh pemuka agama atau salah satu orang yang dituakan dalam keluarga tersebut. Selesai it, barulah acara ramah-tamah.

Para tamu dipersilahkan untuk makan hidangan yang tersedia sementara beberapa tamu yang lain menikmati acara hiburan atau berfoto bersama dengan kedua mempelai. Acara ramah tamah ini biasanya adalah acara yang paling lama berlangsungnya. Sebab, akan ada banyak tamu yang memberikan selamat, bersamalan dan berfoto bersama pengantin hingga selesai.

Menikah Menggunakan Adat Sunda?

satujam.com

Bila Anda ingin melangsungkan resepsi pernikahan menggunakan adat Sunda, tentu saja susunan acara pernikahannya akan berbeda dari yang di atas. Susunan untuk pernikahan untuk adat Sunda adalah diawali dengan penjemputan calon pengantin pria. Acara ini dilakukan oleh utusan dari keluarga calon mempelai wanita.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Ngabageakeun yang merupakan prosesi penyambutan yang dilakukan oleh ibu mempelai wanita dengan mengalungkan bunga melati pada calon menantunya. Setelah itu, nantinya calon mempelai pria tersebut akan diapit kedua orang tua mempelai wanita menuju pelaminan.

Panitia dalam susunan panitia pernikahan bertugas untuk mengamankan jalan menuju pelaminan tersebut dari para tamu. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan akad nikah. Yup! Akad nikah pada adat Sunda biasanya dilakukan langsung pada hari resepsi pernikahan itu sendiri.

Semuanya akan bersiap di sebuah ruangan yang disediakan sedangkan mempelai wanita menunggu di dalam kamar. Jika akad nikah selesai dilaksanakan, maka mempelai wanita akan dibawa keluar dan didudukkan di samping kiri calon mempelai pria itu. Nantinya, mereka juga akan dikerudungi menggunakan tiung panjang atau selendang panjang.

Hal ini memiliki makna sebagai bentuk penyatuan dua insan yang masih bersih dan murni dalam satu ikatan rumah tangga agar mencapai tujuan pernikahannya. Setelah selesai dikerdungi, mereka akan menandatangani surat nikah yang diberikan pihak KUA yang jauh-jauh hari sudah dihubungi oleh salah satu anggota dari susunan panitia pernikahan.

Acara akan dilanjutkan dengan sungkeman. Acara ini adalah memohon ampun kepada kedua orang tua atas semua kesalahan yang telah mereka perbuat selama ini guna melancarkan jalan rumah tangga mereka. Masih berlanjut, acara akan dilanjutkan dengan pemberian wejangan yang dilakukan oleh keluarga mempelai wanita dan pria.

Jika sudah, kedua pengantin akan didudukkan pada kursi sambil dipayungi dengan payung besar. Pada saat itu, akan dinyanyikan pantun sawer dan mereka juga akan ditaburi dengan beras kuning ke arah payung tersebut. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan acara menyalakan harupat dan menginjak telur dari kedua pengantin.

Contoh Kalimat yang Dibawakan MC dalam Acara Pernikahan

youtube.com

Pada susunan panitia pernikahan, MC adalah salah satu yang juga perlu ditunjuk. MC bertugas membuka dan membawakan semua jalannya acara pada pernikahan tersebut. Oleh sebab itulah pada saat menyususn susunan panitia pernikahan, MC juga wajib disertakan.

Bila Anda bingung bagaimana menentukan kalimat yang dibacakan MC saat membuka acara resepsi pernikahan, Anda bisa mencontoh kalimat berikut ini. Mintalah salah satu dari susunan panitia pernikahan yang Anda miliki untuk membuatnya ulang atau Anda bisa membuatnya sendiri.

Assalamuaiakum wr.wb

Yang saya hormati Bapak, ibu, hadirin dan hadirat serta segenap tamu undangan yang telah hadir, terlebih khusus pada pasangan pengantin yang sedang berbahagia hari ini. Mengawali segenap perjumpaan kita pada hari ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat kepada kita.

Sehingga, pada hari ini kita semua bisa hadir di acara pernikahan Maher dan Adriani. Semoga pernikahannya kelak diberi keberkahan oleh Allah dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Saya sebagai pembawa acara minta diperkenankan untuk membacakan susunan acara yang telah disusun oleh susunan panitia pernikahan.

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Alquran
  3. Sambutan dari perwakilan pengantin wanita dan pria
  4. Mauidzoh Hasanah
  5. Doa
  6. Ramah Tamah

Itulah beberapa rangkaian acara yang akan kita langsungkan pada hari ini. Untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka acara ini dengan pembacaan ayat suci Alqur’an yang akan dibacakan oleh Ibu Hartati.

Bila melihat susunan panitia pernikahan dan urutan prosesi pernikahan yang akan dilaksanakan, rasanya memang pantas penyusunan panitia dilakukan. Sebab, mereka memegang peranan penting agar keberlangsungan acara ini bisa sampai akhir. Mereka jugalah yang telah menyusun acara dan menentukan MC yang tepat untuk acara tersebut.

Gallery Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Susunan Acara Pernikahan Secara Umum

Susunan Acara Akad

Susunan Acara Pernikahan Lengkap Dari Akad Hingga Resepsi

Rundown Akad Nikah Ijab Kabul

Jasa Mc Sanggar Mc Indonesia

Prosesi Pernikahan Adat Belitung Bangka Belitung Gps

Contoh Susunan Acara Resepsi Pernikahan Agung Wibisono

Contoh Kata Sambutan Resepsi Pernikahan Islami Ilmu

Susunan Acara Pernikahan

Wedding Planner

Concept Susunan Acara Akatnikah Desain Rumah Minimalis

Susunan Panitia Pernikahan Pdf Document

Susunan Acara Pernikahan Mulai Akad Sampai Resepsi

Contoh Teks Mc Pernikahan Terlengkap Beserta Panduan Naskahnya

Mc Acara Resmi Naskah Mc Saat Kirab Di Acara Resepsi Pernikahan

Contoh Teks Mc Dan Naskah Panduan Resepsi Pernikahan Fauzi

Susunan Tempat Duduk Acara Pernikahan

297 Contoh Susunan Acara Pernikahan Resepsi Akad

Panduan Lengkap Susunan Acara Akad Nikah Biar Tak Bertambah

5 Ide Susunan Acara Resepsi Pernikahan Yang Seru Dan

Ilmu Pengetahuan 4 Contoh Kata Sambutan Resepsi Pernikahan

Mau Nikah Pelajari Dulu Susunan Acara Pernikahan Ini

Rundown Akad Nikah Ijab Kabul

Susunan Acara Akad Nikah Dan Resepsi Docx Document

Pesona Dewi Fortuna Contoh Susunan Acara Akad Nikah

Susunan Acara Akad Nikah Dan Resepsi

Susunan Acara Pernikahan Mulai Dari Akad Sampai Resepsi


0 Response to "Susunan Acara Resepsi Pernikahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel