Struktur Teks Tanggapan Kritis



Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

7+ Contoh Teks Tanggapan Kritis, Pendidikan, Remaja, Sekolah Beserta Strukturnya

Contoh Teks Tanggapan Kritis-Hidup di dalam lingkungan kerja professional tentu membuat kita tak dapat terlepas dari kritik dan saran.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Letters & Journals . com

Demi menjaga profesionalitas dan wibawa, kita diharuskan menerima kritik dan saran dan juga dapat memberikan kritik dengan mereka, namun bagaimana mengemukakan kritik yang baik dalam lingkungan yang professional? Salah satunya melalui teks tanggapan kritik

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pixabay. com

Teks tanggapan kritis adalah teks yang berisi tanggapan atau kritikan (bisa jadi tajam) yang diperuntukkan untuk seseorang mengenai kesalahan yang terjadi. Biasanya teks semacam ini dipergunakan saat berada dalam sebuah debat atau diskusi di sebuah forum.

12+ Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Panjang Beserta Struktur dan penjelasannya [Lengkap]

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Drawings Art. com

Untuk menulis atau mengenali teks tanggapan kritis, selain mengetahui ciri – cirinya, anda juga perlu mengetahui struktur teksnya. Berikut 3 struktur teks tanggapan kritis:

Evaluasi adalah bagian awal dalam teks tanggapan kritis. Bagian ini terdapat berbagai pernyataan umum yang berhubungan dengan permasalahan atau fenomena yang akan disampaikan oleh penulis.

Deskripsi merupakan bagian kedua dalam teks ini. Di bagian ini, dituliskan informasi, biasanya berupa fakta dan data, yang berhubungan dengan alasan yang digunakan penulis untuk menolak atau mengkritik suatu pernyataan.

Penegasan ulang adalah bagian terakhir dari teks tanggapan kritis ini. Pada bagian ini, penulis memberi penegasan ulang dari apa yang telah diputuskan atau bahkan dilakukan oleh penulis.

CIRI-CIRI TEKS TANGGAPAN KRITIS

lengualosrobles .com

  • Berisi mengenai tanggapan suatu peristiwa yang terjadi di dalam lingkungan sekitar yang didasarkan dengan fakta, data dan alasan yang dapat menguatkan tanggapan tersebut
  • Mempunyai 3 struktur meliputi Evaluasi, Deskripsi teks, dan Penegasan ulang
  • Bahasa yang dipakai menggunakan kalimat kompleks, konjungsi, dan kata rujukan
9+ Contoh Teks Announcement/Pengumuman Singkat dan panjang yang baik dan benar

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS TANGGAPAN KRITIS

paper – pencil – pen. com

  • Kalimat kompleks, kalimat yang mempunyai lebih dari dua struktur dan dua verba.
  • Konjungsi, kata penghubung yang menyambungkan setiap kata dan juga setiap struktur.
  • Kata Rujukan, sesuatu yang digunakan sebagai pemberi informasi (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal juga dengan sebutan referensi.
  • Pilihan Kata, pemilihan kata yang sesuai dengan penggunaan dan pembuatan teks tanggapan kritis.

Berikut beberapa contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya:

1. Contoh teks tanggapan kritis tentang Remaja

pixabay. com

Evaluasi                 : Di zaman globalisasi ini sangat rentan dengan perkembangan para remaja. Sangat mudah untuk mereka masuk dalam pergaulan bebas untuk melakukan berbagai perilaku menyimpang.

Deskripsi teks        : Saat remaja masuk dalam pergaulan bebas sisi negatif tentu lebih banyak mereka dapat daripada sisi positif semisal mabuk-mabukan, kasus narkoba, mencuri dan berbagai tindakan lain yang melanggar hokum.

Salah satu penyebab remaja masuk ke pergaulan bebas adalah besarnya akses untuk memanfaatkan teknologi internet. Kurangnya pengawasan pada remaja yang menggunakan internet setiap hari dapat memicu mereka masuk ke pergaulan bebas.

Penegasan Ulang   : dalam hal ini, pengawasan orang tua perlu diperketat dalam membatasi akses internet untuk anak remaja mereka, dan memberikan edukasi tentang pentingnya memanfaatkan internet dengan sehat.

2. Contoh teks tanggapan kritis tentang Pendidikan di sekolah

CrunchPrep. net

Evaluasi                 : foxfire adalah salah satu metode ajar terbaru dengan memberikan tugas kepada siswa dengan melakukan beberapa kajian di suatu daerah. Kemudian hasilnya ditulis dalam bentuk laporan.

Deskripsi teks        : pengaplikasian metode belajar ini bertujuan untuk membimbing siswa untuk menyadari pentingnya menjaga warisan budaya dan aspek sosialnya di masyarakat Indonesia.

Dalam metode ini, guru berperan sebagai mentor yang membimbing siswanya. Foxfire mengembangkan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Namun, penerapan metode ini memakan waktu yang cukup lama. Sehingga tidak cukup efisien untuk jadwal kurikulum sekolah.

Penegasan Ulang   : berdasarkan penjelasan tersebut, Foxfire adalah metode belajar yang unik. Memang metode ini membutuhkan waktu pengerjaan yang lama, namun masih dapat disiasati dengan model penugasan proyek dan memanfaatkan waktu di luar KBM untuk mengerjakan tugas ini.

3. Contoh teks tanggapan kritis tentang narkoba

Pxleyes. com

Evaluasi                  : Narkoba adalah salah satu obat-obatan terlarang yang tentu saja dapat menjerumuskan pemakainya. Penggunaan narkoba dapat mengancam hak hidup penggunanya, terutama generasi muda. Untuk itu penggunanya wajib mendapatkan hukuman sepantasnya.

Deskripsi teks         : Baru-baru ini hukuman mati akan diberlakukan bagi penggunanya. Namun hukuman mati masih saja menjadi perdebatan publik hingga saat ini. Hal ini diperkuat oleh adanya isu rencana Presiden Indonesia untuk menghukum mati narapidana warga Asing yang terlibat kasus narkoba. Ekseskusi mati untuk pengguna narkoba masih menuai pro dan kontra karena masih menjadi perdebatan apakah eksekusi seperti ini merupakan hukuman yang manusiawi dan konstitusional.

Sebagian mendukung pilihan ini untuk menghentikan tindakan pengguna narkoba yang merugikan orang lain, seperti meninggikan angka kecelakaan akibat halusinasi yang menggangunya. Sedangkan pihak yang tidak menyetujui beralasan bahwa masih ada hukuman yang lebih manusiawi, seperti yang tertulis dalam UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi:

“Setiap Orang Berhak Hidup Serta Berhak Mempertahankan Kehidupannya”.

Penegasan Ulang    : berdasarkan perdebatan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa eksekusi mati bagi pelaku kasus narkoba dapat ditetapkan jika kasus narkoba mencapai angka darurat dan mengancam dapat merusak generasi muda dan hak hidup masyarakat Indonesia.

4. Contoh teks tanggapan kritis tentang budaya pendidikan

Pxleyes. com

Evaluasi                  : setelah menyelesaikan pendidikan pertama atau SMP, siswa akan dihadapkan 2 pilihan untuk jenjang berikutnya sebelum masuk ke perguruan tinggi. Mereka haru memilih antara masuk SMA atau SMK. Mereka harus mempertimbangkan konsekuensi dan faktor-faktor yang membuat mereka memilih salah satunya. Karena memilih salah satunya akan menentukan jalan mereka kedepannya.

Deskripsi teks         : dengan memilih SMA, siswa akan lebih mudah  untuk melanjutkan ke universitas sesuai jurusan yang mereka ambil saat masih SMA, yaitu IPA atau IPS.

Sedangkan siswa yang memilih SMK, siswa dapat langsung mencari pekerjaan dengan bermodalkan keterampilan yang mereka dapatkan dan kuasai semasa duduk di bangku SMK.

Selain lulusan SMA, lulusan SMK pun dapat melanjutkan jenjang ke perguruan tinggi akan tetapi pilihan mata pelajaran yang mereka pelajari untuk diteruskan ke perguruan tinggi sangat terbatas.

Penegasan Ulang    : berdasarkan hal itu, siswa SMK memiliki dua pilihan, dapat langsung mencari pekerjaan atau melanjutkan ke bangku kuliah meskipun peluang mereka untuk mencari jurusan lebih sedikit dibandingkan lulusan SMA. Untuk siswa lulusan SMA, mereka lebih memiliki peluang melanjutkan pendidikan di universitas, namun tidak dapat langsung mencari pekerjaan setelah lulus.

5. Contoh teks tanggapan kritis tentang fenomena alam

coloredpencilmag.deviantart. com

Evaluasi                 : Hingga saat ini, masyarakat masih diselimuti oleh isu bahwa gerhana matahari dapat menyebabkan kebutaan. Namun apakah ini fakta atau hanya mitos belaka?

Deskripsi teks        : gerhana matahari merupakan fenomena alam saat posisi bumi, matahari dan bulan berada pada satu garis lurus yang sejajar. Pada posisi ini korona matahari akan Nampak mejulur ke pinggiran yang tertutup bulan sehingga Nampak seperti cincin.

Thomas Djamaluddin, kepala Penerbangan dan Antariksa Nasionak mengungkapkan bahwa melihat gerhana matahari secara langsung tidak menyebabkan kebutaan.

Penegasan Ulang    : berdasarkan ilmu sains, tidak ada kaitannya posisi bulan, matahari dan bumi hingga terjadinya gerhana bulan dengan kebutaan. Sehingga isu ini adalah mitos modern.

6. Contoh teks tanggapan kritis tentang unbk

The Pencilcase Blog

Evaluasi                  : UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) merupakan sistem pelaksanaan ujian yang menggunakan komputer. Dalam prakteknya, sistem ini berbedea dengan ujian nasional berbasis kertas.

Deskripsi teks        : hingga saat ini, banyak siswa dan orangtua yang masih belum yakin dengan penerapan sistem UNBK ini. Salah satu alasannya adalah karena masih belum adanya komputer dan internet di semua sekolah di seluruh Indonesia. Selain itu tingginya aliran listrik yang dibutuhkan saat UNBK memungkinkan listrik tiba-tiba padam di beberapa daerah yang minim aliran listrik.

Namun, pengaplikasian sistem UNBK dapat meminimalisir adanya kebocoran soal, keterlambatan pengantaran soal bahkan kesalahan hasil soal.

Penegasan Ulang   : dengan demikian, pengaplikasian sistem UNBK perlu diimbangi dengan kemampuan pemerintah untuk memperbaiki aspek-aspek yang dapat mengganggu berjalannya ujian. Sehingga masyarakat pun tidak perlu khawatir dengan pelaksaaan ujian berbasis komputer ini.

7. Contoh teks tanggapan kritis tentang full day school

Pixabay. com

Evaluasi     : beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia digegerkan oleh sistem belajar full day school yang ditetapkan oleh Mendikbud Muhadjir Effendi. Dengan adanya sistem belajar seperti ini, siswa sekolah diharapkan mendapat pendidikan karakter dan pengetahuan umum secara optimal disekolah.

10+ Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat yang Baik dan Benar Serta Strukturnya

Deskripsi teks        : Jika sistem full day school diterapkan, maka 80 hingga 90 persen waktu yang dimiliki siswa akan habis disekolah. Dengan penerapan sistem ini, siswa diharapkan akan memaksimalkan jam belajarnya untuk mendapatkan pembelajaran pengetahuan umum dan 18 karakter disekolah, termasuk sikap toleransi, jujur, kedisiplinan dan cinta tanah air.

Selain itu hubungan antara orang tua dan murid patut dipertimbangkan karena dengan semakin banyak waktu yang siswa habiskan dirumah, kecemasan orangtua pun menurun karena anak-anak mereka berada dalam pengawasan guru. Dan mereka dapat mengambil alih pengawasan sepulang mereka bekerja.

Penegasan Ulang   : Dengan demikian, isu mengenai sistem full day school tersebut dapat mengoptimalkan kebutuhan belajar siswa selama orangtua bekerja, sore harinya pengawasan murid diambil oleh orangtua. Komunikasi dan ikatan batin anak dan oranngtua pun tetap terjaga.

Demikian contoh-contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya. semoga bermanfaat

Gallery Struktur Teks Tanggapan Kritis

8 Contoh Teks Tanggapan Kritis Susunan Karakteristik Dan

Buku Teks Tanggapan Kritis Kd 4 2 Menyusun Teks Tanggapan

7 Contoh Teks Tanggapan Kritis Pendidikan Remaja Sekolah

7 Contoh Teks Tanggapan Kritis Budaya Pendidikan

Model Teks Tanggapan

Gunakan Contoh Teks Tanggapan Kritis Yang Tepat Untuk

1 Apakah Yg Disampaikan Penulis Pada Bagian Awal Paragraf

Contoh Teks Tanggapan Kritis Pengertianfungsiciri Ciri

7 Contoh Teks Tanggapan Kritis Pendidikan Tentang Fenomena

Kelompok By Resa Anisa Firdaus On Prezi

Pras Academy Smp Teks Tanggapan Kritis

8 Contoh Teks Tanggapan Kritis Budaya Pendidikan

7 Contoh Teks Tanggapan Kritis Budaya Pendidikan

Teks Tanggapan Kritis Lengkap Pengertian Ciri

Gunakan Contoh Teks Tanggapan Kritis Yang Tepat Untuk

33 Contoh Soal Teks Tanggapan Kritis Pg Beserta Jawabannya

Pdf Implementasi Model Think Pair Share Dalam Pembelajaran

Contoh Teks Tanggapan Kritis Pendidikan Narkoba Internet

Buku Teks Tanggapan Kritis Kd 4 2 Menyusun Teks Tanggapan

7 Contoh Teks Tanggapan Kritis Pendidikan Tentang Fenomena

Teks Tanggapan Kritis

3 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Teks Tanggapan Kritis Pengertian Ciri Struktur Kaidah

Teks Tanggapan Kritis

Teks Tanggapan Kritis Muara Cinta Bahasa

Teks Tanggapan Kritis Pengertian Struktur Kaidah Contoh

Teks Rekaman Percobaan Berbasis Proyek

Kalasifikasi Struktur Teks Yang Kamu Anggap Sebagai Teks


0 Response to "Struktur Teks Tanggapan Kritis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel