Nama Latin Jambu Biji



Tanaman Jambu Biji Merah Australia Jambu Jbma

Nama Latin Pohon Jambu Biji Beserta Sejarahnya di Indonesia

Jambu adalah salah satu tanaman buah yang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Sekedar informasi, nama latin pohon jambu biji adalah Psidium guajava. Berdasarkan sejarahnya, tanaman ini berasal dari Negara Brazil kemudian disebarluaskan ke Indonesia melalui Negara Thailand.

Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini memiliki daging dengan dua warna yang berbeda yaitu putih dan merah jambu. Di dalamnya terdapat biji-biji kecil yang bisa digigit dan dimakan langsung. Oleh karena itu banyak masyarakat yang menyebut jambu ini sebagai jambu klutuk karena bijinya yang bisa digigit dan berbunyi “klutuk”.

Disamping jambu biji, adapula jenis jambu lainnya seperti jambu air, jambu mete, jambu delima, jambu jamaika dan lain sebagainya. Namun kebanyakan orang Indonesia lebih mengenai jambu biji dan jambu air karena sering dijual di pasaran. Selain rasanya enak dan segar, ternyata buah dari pohon jambu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman jambu untuk kesehatan mulai dari daun hingga buahnya.

Nama Latin Pohon Jambu dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Menjaga gula darah

Pada daun jambu biji terdapat kandungan flavonoid serta senyawa lainnya yang mampu membuat gula darah dalam tubuh tetap dalam kondisi rendah. Enzim yang terdapat pada daun jambu biji ini diteliti oleh para pakar mampu memperlambat konversi karbohidrat menjadi glukosa sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Bahkan manfaat kandungan jambu biji ini sudah teruji klinis oleh para ahli di Jepang.

Obat demam dan batuk

Banyak masyarakat yang belum tahu bahwa sebenarnya jambu biji memiliki khasiat untuk mencegah berkembangnya virus serta infeksi dingin pada tubuh penyebab munculnya demam dan batuk. Air rebusan daun jambu bisa dijadikan untuk obat batuk alami. Dimana bermanfaat untuk meminimalisir lendir ketika batuk. Hal tersebut dikarenakan jambu biji mengandung senyawa yang berfungsi sebagai disinfektan tenggorokan sehingga mikroba penghambat saluran pernapasan serta paru-paru menjadi terhambat.

Mencegah kanker

Tak hanya jambu biji, ternyata jambu air juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan terutama untuk penyakit kanker. Nama latin pohon jambu air adalah Syzygium aqueum. Jambu air memiliki kandungan senyawa organik aktif yang mampu mencegah penyakit kanker. Mengandung vitamin C dan vitamin A yang tinggi membuat jambu ini bisa dimanfaatkan untuk mempercepat pengobatan kanker payudara dan kanker prostat.

Menjaga kesehatan jantung

Jambu juga memiliki kandungan serat serta nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Setelah diuji oleh para ahli, diketahui bahwa jambu biji menunjukkan manfaat yang luar biasa untuk menjaga kadar kolestrol dalam tubuh. Yang mana hal ini tentu berhubungan langsung dengan komplikasi kardiovaskular yaitu serangan jantung ataupun stroke.

Melancarkan pencernaan

Jambu mete ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah sebagai pencahar. Nama latin pohon jambu mete atau jambu monyet ini adalah Anacardium Occidentale. Namun, untuk bisa mengonsumsinya diperlukan pengolahan yang khusus untuk menghilangkan bagian getah yang menempel. Sebab getah tersebut dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit. Khususnya anak-anak yang menderita alergi terhadap getah.

Seperti yang kita lihat, banyak sekali manfaat buah jambu untuk kesehatan, bukan? Demikian ulasan mengenai nama latin pohon jambu beserta dengan  khasiatnya untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang tengah mencari khasiat dari jambu biji.

Gallery Nama Latin Jambu Biji

Seribu Manfaat Jambu Biji Dari Penangkal Flu Hingga Cegah

Tanaman Buah Jambu Mutiara Samudrabibit Com

Jual Bibit Buah Jambu Biji Farang Caribibit Com

Jual Bibit Jambu Biji Kristal Merah Tanpa Biji Dan Manis

Tumbuhan Berkhasiat Jambu Biji Psidium Guajava

Jual Buah Jambu Biji Merah Jakarta Utara Sb Sahabat Buah Tokopedia

Khasiat Buah Dan Sayur Jambu Biji Tak Hanya Dbd Untuk

Tanaman Jambu Biji Kristal Tinggi 60 80 Cm

Jambu Biji Psidium Guajava L Jenis Dan Manfaat Untuk Kesehatan

Bibit Jambu Biji Mega Merah 70cm Jualbenihmurah Com

Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Siti Noor Halisa Mandaku

Jambukristaltanpabiji Instagram Photos And Videos My

Manfaat Jambu Merah Biji Bagi Kesehatan

Bibit Jambu Biji Sukun Merah Bibit Tanaman Buah Jambu Biji

Berbagai Manfaat Buah Dan Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Kliknatural Manfaat Jambu Biji

High Quality Dried Guava Leaf Extract Powder Buy Guava Leaf Extract Powder Guava Leaf Extract Extract Product On Alibaba Com

Bibit Jambu Biji Farang 70cm Jualbenihmurah Com

Khasiat Obat Dan Manfaat Dari Jambu Biji Yang Selama Ini

Manfaat Buah Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Blog Tentang Kesehatan Khasiat Buah Jambu Biji Sebagai Obat

Wisata Edukasi

Psidium Guajava Wikipedia

Jambu Air Nama Latin Klasifikasi Deskripsi Ciri Ciri

Jambukristaltanpabiji Instagram Photos And Videos My

China Guava Fruit Bread Free Sample Beli Diskaun Buah Buah

4 Manfaat Paling Luar Biasa Dari Daun Jambu Biji Obat Dari


0 Response to "Nama Latin Jambu Biji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel