Kata Pengantar Proposal Kegiatan



12 Contoh Daftar Isi Makalah Proposal Laporan Skripsi Dll

15 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Dapat Kamu Jadikan Referensi

Langsung ke isi

Contoh Kata Pengantar – Hallo sahabatnesia, kalian tau enggak apa itu kata pengantar ? Biasanya kata pengantar ini digunakan dalam membuat makalah, laporan, skripsi, proposal, dan bahkan di dalam surat.

Kata pengantar adalah bagian terpenting yang tidak bisa dilewatkan dari sebuah makalah atau laporan. Karena makalah atau laporan akan terlihat kurang baik dan lengkap bila tidak disertai dengan ucapan kata pengantar di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, kata pengantar adalah ucapan rasa syukur dan terima kasih serta sambutan dari penulis terhadap karya tulis yang telah dibuat olehnya. Pada umumnya terdapat kalimat pengharapan dan penjelasan terkait tema dan isi makalah yang dibuat.

Dalam sebuah karya tulis yang berbentuk buku, entah itu buku novel, biografi, buku pelajaran pasti selalu memiliki kata pengantar di dalamnya. Selain itu ada juga bagian buku atau makalah yang tidak kalah penting seperti daftar isi, daftar pustaka, dan lain-lainnya yang secara tidak langsung akan mempengaruhi profesionalitas karya yang ditulis.

Selain itu adanya kata pengantar juga mewujudkan rasa hormat seorang penulis kepada para pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa yang baku dan menggunakan kalimat yang efektif.

Tujuannya agar pembaca lebih mudah memahami apa yang tertulis di dalam makalah tersebut. Seseorang yang mahir merangkai kata biasanya memiliki hobi membaca. Sehingga tidak akan mengalami kesulitan ketika akan menyusun sebuah makalah atau laporan. Berikut ini beberapa tips mengenai cara membuat kata pengantar yang baik dan benar.

Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar

500px.com

Sebelum kita masuk ke contoh kata pengantar, sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara penulisan kata pengantar yang baik dan benar. Kenapa ? Tujuannya agar kamu tidak terpaku pada contoh yang ada.

Karena kata pengantar merupakan sebuah curahan hati dan pikiran sang penulis untuk membacanya.

  1. Dalam membuat kata pengantar, sebaiknya diawali dengan menggunakan kalimat ungkapan syukur dan pujian kepada Tuhan YME. Misalnya : Alhamdulillah, puji syukur, dll.
  2. Berikan gambaran singkat mengenai isi dari karya tulis yang akan kamu buat. Tulis juga tujuan kamu menulis karya tulis tersebut.
  3. Ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kamu dalam menyusun karya tulis yang kamu buat. Contohnya : Keluarga, teman, guru, dosen, dll.
  4. Tulis harapan apa saja yang kamu inginkan dari penulisan karya tulis tersebut.
  5. Yang terakhir jangan lupa untuk mengucapkan permintaan maaf jika terdapat kekurangan dalam karya tulis yang telah dibuat, serta sampaikan juga kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran untuk karya tulis yang sudah kamu buat.

Coba simak video dibawah ini, biar wawasan kamu semakin luas 🙂

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang “Adab Terhadap Orang Tua” ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna dan menjadi anugrah terbesar bagi seluruh alam semesta.

Penulis sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah yang menjadi tugas pendidikan agama dengan judul “Adab Terhadap Orang Tua”. Disamping itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kamu selama pembuatan makalan ini berlangsung sehingga dapat terealisasikanlah makalah ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kami mengharapkan kritik dan saran terhadap makalah ini agar kedepannya dapat kami perbaiki. Karena kami sadar, makalah yang kami buat ini masih banyak terdapat kekurangannya.

Balikpapan, Juni 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan kita kesehatan, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah ini dengan judul “Hak dan Kewajiban Warga Negara Berdasarkan UUD 1945”.

Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam makalah ini mengulas tentang pengertian hak, pengertian kewajiban, pengertian warga negara, asas kewarganegaraan dan hak kewajiban warga negara berdasarkan UUD 1945.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun makalah ini. Penulis juga berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Dengan segala kerendahan hati, kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan dari para pembaca guna untuk meningkatkan dan memperbaiki pembuatan makalah pada tugas yang lain dan pada waktu mendatang.

Bandung, Juni 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ” Pemanfaatan Limbah Plastik”.

Kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dr. Sumini selaku dosen mata kuliah Teknik Lingkungan Unesa yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyelesaikan tugas ini.

Kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat dalam rangka menambah pengetahuan juga wawasan menyangkut efek yang ditimbulkan dari sampah, dan juga cara bagaimana menciptakan sampah menjadi barang yang dapat bermanfaat.

Kami pun menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan makalah yang akan kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.

Mudah-mudahan makalah sederhana ini dapat dipahami oleh semua orang khususnya bagi para pembaca. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan.

Aceh, Juni 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur hanyalah milik Allah SWT. Kepada-Nya kita memuji dan bersyukur, memohon pertolongan dan ampunan. Kepada-Nya pula kita memohon perlindungan dari keburukan diri dan syaitonyang selalu menghembuskan kebatilan pada diri kita.

Dengan rahmat dan pertolongan-Nya, Alhamdulillah makalah yang berjudul “Sejarah Manusia Purba di Indonesia” ini dapat di selesaikan dengan baik. Kami menyadari sepenuh hati bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat di dalam makalah ini.

Kami mengharapkan kritik dan saran para pembaca sebagai bahan evaluasi kami dalam pembuatan makalah berikutnya. Mudah-mudahan itu semua menjadikan cambuk bagi kami agar lebih meningkatkan kualitas makalah ini di masa yang akan datang.

Bandung, Juni 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

500px.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan magang dengan judul “Program Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat Bidang Pembinaan dan Pengendalian Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah”.

Penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun laporan magang ini. Terlebih kami ucapkan terimakasih kepada :

  1. Bapak Putut Heriyanto, SKM, M.Kes selaku ketua Yayasan STIKES HAKLI Semarang.

  2. Bapak dr. HR. Wahyu Rahadi, M.Ph selaku ketua STIKES HAKLI Semarang.

  3. Ibu dr. M. Rr. Sri Puji Rahayu selaku Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES HAKLI Semarang.

  4. Bapak Arfian Nevi, SKM, DEA. Selaku Staff Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

  5. Ibu dr. Tatik Murhayati, MKes Selaku Kepala Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

  6. Ibu Binar Rudatin, SKM, Msi, Selaku Staff Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

  7. Seluruh Staff STIKES HAKLI Semarang

  8. Segenap staff karyawan Bidang Upaya Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

  9. Segenap staff karyawan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah

  10. Teman – teman Mahasiswa STIKES HAKLI Semarang Jurusan Kesehatan Masyarakat tahun ajaran 2009.

  11. Semua pihak yang turut membantu dalam penyusunan Proposal ini.

Semoga amal baik mereka mendapatkan balasan dari Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda.

Perlu disadari bahwa dengan segala keterbatasan, laporan magang ini masih jauh dari sempurna, sehingga masukkan dan kritikkan yang kostruktif sangat penulis harapkan demi sempurnanya laporan ini.

Akhirnya semoga laporan ini dapat bermanfaat untuk semua orang khususnya untuk para pembaca.

Semarang, Juni 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Biologi

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan percobaan yang berjudul “Perkecambahan Biji Kacang Hijau”.

Adapun penulisan laporan percobaan ini bertujuan untuk menemukan kondisi yang dibutuhkan untuk perkecambahan kacang hijau dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi biji kacang hijau untuk berkecambah.

Pada penulisan percobaan ini, berbagai permasalahan telah penulis alami, oleh karena itu, terselesaikannya laporan percobaan ini tentu saja bukan karena kerja keras penulis semata-mata. Namun karena adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak terkait.

Sehubungan dengan hal tersebut, penulis dengan ketulusan hati mengucapkan terimakasih kepada Bapak Pengajar Mata Pelajaran Biologi kelas XII A 3 yang telah senantiasa membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan ini.

Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu, yang telah membantu menyelesaikan laporan percobaan ini.

Dalam menyusun laporan percobaan ini, penulis sangat menyadari banyaknya kekurangan yang terdapat di dalam laporan ini. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak agar laporan percobaan ini lebih baik lagi dan bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Surabaya, Juni 2016

Penyusun

KATA PENGANTAR

Dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) dan membuat sebuah laporan kegiatan PKLI.

Laporan PKLI penulis berjudul “Pembuatan Hanger Bearing C/W Bronze Bushing untuk Screw Conveyor Pabrik Kelapa Sawit dengan Proses Pengecoran Logam di CV. Kinabalu”.

Penulis sangat menyadari bahwa kegiatan PKLI dan penulisan laporan PKLI ini dapat diselesaikan berkat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat :

  1. Bapak Prof. Dr. Sumarno, M.Pd, selaku Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

  2. Bapak Drs. Selamat Riadi, MT, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

  3. Bapak Drs. Hidir Efendi, M.Pd, selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

  4. Bapak Ir. Riski Elpari Siregar, MT, selaku Pembimbing Praktek Kerja Lapangan Industri.

  5. Bapak Arifin, selaku Direktur CV. Kinabalu.

  6. Seluruh Staff dan Karyawan CV. Kinabalu.

  7. Ter istimewa kepada Ayah, Ibu, dan Keluarga yang memberikan dukungan materil dan moril.

Medan, Juni 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Skripsi

500px.com

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Upaya Peningkatan Pengembangan Bahasa Melalui Media Kartu Bergambar di Taman Kanak-Kanak PGRI”.

Penulisan skripsi ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan dalam jenjang perkuliahan Strata I Universitas Pendidikan Indonesia Tasikmalaya. Dalam penulisan skripsi ini penulis tidak lepas dari hambatan dan kesulitan, namun berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik.

Dalam penulisan skripsi ini tentunya penulis menyadari banyak terdapat kekurangan yang terdapat dalam laporan ini. Baik aspek kualitas maupun aspek kuantitas dari materi penelitian yang disajikan. 

Penulis juga menyadari bahwa skripsi ini jauh dari kata sempurna sehingga penulis membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak guna memperbaiki laporan ini agar menjadi lebih baik kedepannya.

Selanjutnya penulis dengan tulus mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Dr. Dian Indihadi, M.Pd sebagai pembimbing

  2. Kepala Dinas Kabupaten Tasikmalaya

  3. Kepala TK PGRI Bapemdik Kecamatan Cikalong

  4. Berbagai pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan serta berbagai pengalaman pada proses penyusunan skripsi ini.

Terakhir semoga segala bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak dijadikan sebagai amal soleh. Sehingga pada akhirnya skripsi ini dapat bermanfaat untuk semua orang guna untuk kemjuan pendidikan usia dini.

Tasikmalaya, Juni 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal penelitian ini dengan judul “Hubungan Motivasi Perawat dengan Pelaksanaan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum IKKT’.

Penyusunan laporan proposal penelitian ini adalah untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan di Universitas Esa Unggul Fakultas Ilmu Kesehatan Jurusan Ilmu Keperawatan. Penyusunannya dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dari banyak pihak. Untuk itu, pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Bapak Idrus Ph. D, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta.

  2. M. Irhas Said, SKep, MKep, selaku dosen penguji

  3. drg. Moeryono Aladin, S.IP, SH, MM, selaku Kepala Rumah Sakit Patria IKKT

  4. Semua pihak yang tidak bisa peneliti sebutkan satu – persatu yang telah membantu penulis baik itu secara langsung maupun tidak langsung dalam menyelesaikan laporan penelitian ini.

Walaupun demikian, penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan dalam laporan ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak guna kami jadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas diri kedepannya.

Semoga proposal skripsi ini dapat bermanfaat untuk semua orang terutama bagi ilmu keperawatan.

Jakarta, Juni 2016

P

enyusun

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

500px.com

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyusun karya tulis ini yang berjudul “Upaya Pencegahan Dampak Global Warming” dengan baik.

Adapun maksud dan tujuan kami menyusun karya tulis ini untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu. Dra. Lusi Hidayati selaku pembimbing materi dalam pembuatan karya tulisini, serta kepada semua pihak yang telah mendukung dalam menyusun karya tulis ini.

Kami menyadari masih terdapat banyak kekurangan yang terdapat dalam karya tulis ini. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran kepada berbagai pihak untuk kami jadikan sebagai bahan evaluasi guna meningkatkan kinerja untuk kedepannya.

Wamena, Juni 2016

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Kliping

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kelompok kami dapat menyelesaikan pembuatan kliping yang berjudul “Pelanggaran HAM” ini dalam bentuk maupun isinya yang masih sangat sederhana. Semoga kliping ini bisa dipergunakan sebagai salah satu media pembelajaran.

Kliping ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu kami mengharapkan kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran guna untuk memperbaiki kliping ini agar menjadi lebih baik kedepannya.

Bandung, Juni 2016

Penyusun

Itulah penjelasan singkat mengenai contoh kata pengantar makalah, contoh kata pengantar laporan, contoh kata pengantar skripsi, contoh kata pengantar proposal, contoh kata pengantar karya ilmiah, contoh kata pengantar kliping. Semoga dapat bermanfaat 🙂

Silahkan tinggalkan komen kamu, pasti di balas kok 🙂

Beranda » Inspirasi » 15 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Dapat Kamu Jadikan Referensi

Gulirkan kembali ke puncak laman

Gallery Kata Pengantar Proposal Kegiatan

Persma Kreatif Fisip Umrah Added A New Persma Kreatif

Kata Pengantar By Natural Aceh Issuu

23 Contoh Kata Pengantar Makalah Laporan Proposal Skripsi

Free U Pameran Festival Origami Pameran

23 Contoh Kata Pengantar Makalah Laporan Proposal Skripsi

Proposal Kenaikan Kelas

Pengertian Contoh Dan Cara Membuat Proposal Formal Dan

9 Contoh Proposal Kegiatan Bantuan Dana Kerjasama Skripsi

Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan Blog Bojonegoro

40 Contoh Kata Pengantar Yang Yang Baik Dan Benar Syahrulanam

Pengertian Contoh Dan Cara Membuat Proposal Formal Dan

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Pengertian Tujuan

Contoh Kata Pengantar Proposal Kegiatan Contoh Bow Miegames

Kata Pengantar A4 Doc

Contoh Kata Pengantar Laporan Pkl Skripsi Karya Ilmiah

Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus 2019 Di Masyarakat Desa

Scanned By Camscanner

Contoh Rtl Pramuka Ayah Lanang


0 Response to "Kata Pengantar Proposal Kegiatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel