Model Pembelajaran Problem Solving



Emerging Patterns And Problems Of Higher Order Thinking

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Pengertian Model Pembelajaran Problem Solving

Model pembelajaran problem solving adalah cara mengajar yang dilakukan dengan cara melatih para murid menghadapi berbagai masalah untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama – sama (Alipandie, 1984:105). Menurut N.Sudirman (1987:146) model pembelajaran problem solving adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis dalam usaha untuk mencari pemecahan atau jawabannya oleh siswa.

Sirkulasi Model Pembelajaran Problem Solving

Sedangkan menurut Purwanto (1999:17) Problem solving adalah suatu proses dengan menggunakan strategi, cara, atau teknik tertentu untuk menghadapi situasi baru, agar keadaan tersebut dapat dilalui sesuai keinginan yang ditetapkan.Selain itu Zoler (Sutaji, 2002:17) menyatakan bahwa pengajaran dimulai dengan pertanyaan – pertanyaan yang mengarahkan kepada konsep, prinsip, dan hukum, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan memecahkan masalah disebut sebagai pengajaran yang menerapkan model pemecahan masalah.

Sedangkan menurut Gulo (2002:111) menyatakan bahwa problem solving adalah metode yang mengajarkan penyelesaian masalah dengan memberikan penekanan pada terselesaikannya suatu masalah secara menalar. Menurut Syaiful Bahri Djamara (2006 : 103) bahwa, Model pembelajaran problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan suatu metode berfikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode lain yang dimulai dari mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.

Hidayati (2008), berpendapat bahwa model pembelajaran Problem Solving (metode pemecahan masalah) didasarkan pada kesadaran terhadap kenyataan, bahwa mengajar bukanlah sekedar berpidato dan mengkomunikasikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Tetapi, mengajar adalah untuk meneliti dengan seksama, mencari, menyelidiki, memikirkan, menganalisis, dan sampai menemukan.

Senada dengan pendapat diatas Sanjaya (2006:214) menyatakan pada metode pemecahan masalah, materi pelajaran tidak terbatas pada buku saja tetapi juga bersumber dari peristiwa – peristiwa tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Model Pembelajaran Problem Solving merupakan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan melatih siswa menghadapi berbagai masalah, baik masalah pribadi maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama.sama. Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah. (Hamdani, 2011:84).

Crow dan Crow (Hamdani, 2011:84) menyatakan model pembelajaran pemecahan masalah / Problem Solving adalah suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong siswa untuk mencari dan memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran.

Metode Problem Solving menurut Suprijono (2012:46) ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial. Sedangkan, Arends (Suprijono, 2012:46) menyatakan model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas.

Dengan demikian model pembelajaran problem solving adalah metode pembelajaran yang mengaktifkan dan melatih siswa untuk menghadapi berbagai masalah dan dapat mencari pemecahan masalah atau solusi dari permasalahan itu.

Silakan baca artikel ini >>>> Model Pembelajaran

Langkah – langkah/Sintak Model pembelajaran problem solving

Menurut Wankat dan Oreovocz (1995) mengemukakan tahap-tahap strategi operasional dalam pemecahan masalah sebagai berikut:

1. I can (Saya mampu/ bisa): tahap membangkitkan motivasi dan membangun/menumbuhkan keyakinan diri siswa.

2. Define (Mendefinisikan): membuat daftar hal yang diketahui dan tidak diketahui, menggunakan gambar grafis untuk memperjelas permasalahan.

3. Explore (Mengeksplorasi) : merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaanpertanyaan dan membimbing untuk menganalisis dimensi-dimensi permasalahan yang dihadapi.

4. Plan (Merencanakan): mengembangkan cara berpikir logis siswa untuk menganalisis masalah dan menggunakan flochart untuk mengambarkan permasalahan yang dihadapi.

5. Do it (Mengerjakan): membimbing siswa secara sistematis untuk memperkiraan jawaban yang mungkin untuk memecahkan masalah.

6. Check (Mengoreksi kembali): membimbing siswa untuk mengecek kembali jawaban yang dibuat, mungkin ada beberapa kesalahan yang dilakukan.

7. Generalize (Generalisasi): membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan.

Silakan baca artikel ini >>>> Model Pembelajaran STAD

Langkah-langkah / Sintak Model Pembelajaran Problem Solving ( Dewey dalam W.Gulo, 2002:115)

Sintak model pembelajaran problem solving terdiri dari 6 tahap, yaitu sebagai berikut.

1. Merumuskan masalah Kemampuan yang diperlukan adalah : mengetahui dan merumuskan masalah secara jelas.

2. Menelaah masalah Kemampuan yang diperlukan adalah : menggunakan pengetahuan untuk memperinci, menganalisis masalah dari berbagai sudut.

3. Merumuskan hipotesis Kemampuan yang diperlukan adalah : berimajinasi dan menghayati ruang lingkup, sebab akibat dan alternatif penyelesaian.

4. Mengumpulkan dan mengelompokkan data sebagai bahan pembuktian hipotesis Kemampuan yang diperlukan adalah : kecakapan mencari dan menyusun data. Menyajikan data dalam bentuk diagram, gambar atau tabel.

5. Pembuktian hipotesis Kemampuan yang diperlukan adalah : kecakapan menelaah dan membahas data, kecakapan menghubung-hubungkan dan menghitung, serta keterampilan mengambil keputusan dan kesimpulan.

6. Menentukan Pilihan Penyelesaian. Kemampuan yang diperlukan adalah : kecakapan membuat alternatif penyelesaian, kecakapan menilai pilihan dengan memperhitungkan akibat yang akan terjadi pada setiap pilihan.

Penyelesaian masalah Menurut David Johnson dan Johnson dapat dilakukan melalui kelompok dengan prosedur penyelesaiannya dilakukan sebagai berikut (W.Gulo 2002 : 117):

1. Mendifinisikan Masalah 2. Mendiagnosis masalah 3. Merumuskan Altenatif Strategi 4. Menentukan dan menerapkan Strategi

5. Mengevaluasi Keberhasilan Strategi

Silakan baca artikel ini >>>> Model  discovery learning

Kelebihan dan kelemahan model pembelajaran problem solving

Kelebihan model pembelajaran problem solving antara lain sebagai berikut:

1. Mendidik siswa untuk berpikir secara sistematis. 2. Melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan. 3. Berpikir dan bertindak kreatif. 4. Memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis 5. Mengidentifikasi dan melakukan penyelidikan. 6. Menafsirkan dan mengevaluasi hasil pengamatan. 7. Merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat. 8. Dapat membuat pendidikan sekolah lebih relevan dengan kehidupan,khususnya dunia kerja 9. Mampu mencari berbagai jalan keluar dari suatu kesulitan yang dihadapi. 10. Belajar menganalisis suatu masalah dari berbagai aspek.

11. Mendidik siswa percaya diri sendiri.

Kelemahan model pembelajaran problem solving antara lain sebagai berikut.

1. Memerlukan cukup banyak waktu. 2. Melibatkan lebih banyak orang. 3. Tidak semua materi pelajaran mengandung masalah. 4. Memerlukan perencanaan yang teratur dan matang.

5. Tidak efektif jika terdapat beberapa siswa yang pasif.

Silakan baca artikel ini >>>> Model Pembelajaran Jigsaw

Manfaat Model pembelajaran Problem Solving

Manfaat dari penggunaan model pembelajaran problem solving pada proses belajar mengajar untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih menarik. Menurut Djahiri (1983:133) model pembelajaran problem solving memberikan beberapa manfaat antara lain :

1. Mengembangkan sikap keterampilan siswa dalam memecahkan permasalahan, serta dalam mengambil kepuutusan secara objektif dan mandiri 2. Mengembangkan kemampuan berpikir para siswa, anggapan yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir akan lahir bila pengetahuan makin bertambah 3. Melalui inkuiri atau problem solving kemampuan berpikir tadi diproses dalam situasi atau keadaan yang bener – bener dihayati, diminati siswa serta dalam berbagai macam ragam altenatif

4. Membina pengembangan sikap perasaan (ingin tahu lebih jauh) dan cara berpikir objektif – mandiri, krisis – analisis baik secara individual maupun kelompok

Silakan baca artikel ini >>>> Model Pembelajaran NHT

Tujuan model pembelajaran problem solving adalah sebagai berikut.

1. Siswa menjadi terampil menyeleksi informasi yang relevan kemudian menganalisisnya dan akhirnya meneliti kembali hasilnya. 2. Kepuasan intelektual akan timbul dari dalam sebagai hadiah intrinsik bagi siswa. 3. Potensi intelektual siswa meningkat.

4. Siswa belajar bagaimana melakukan penemuan dengan melalui proses melakukan penemuan.

Pos ini dipublikasikan di Model Pembelajaran dan tag Model Pembelajaran. Tandai permalink.

Gallery Model Pembelajaran Problem Solving

Open Access Proceedings Journal Of Physics Conference Series

Mathematical Modeling In The High School Curriculum

Referensi Skripsi Tesis Terlengkap Dhapu Skripsi

Apa Yang Dimaksud Dengan Model Pembelajaran Problem Solving

33 Model Pembelajaran Inovatif M34mqkpx8zn6

The Influence Of Double Loop Problem Solving Learning Models

50 Model Pembelajaran 50 Learning Models

Pendekatan Problem Solving Pada Kurikulum 2013 Custom

Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving

Metode Pemecahan Masalah Problem Solving Tinta

Pdf Case Based Reasoning Cbr And Ability Development Of

Pdf Improving Mathematical Problem Solving Ability And Self

Model Pembelajaran Problem Posing Universitas Negeri Manado

Problem Solving

Problem Solving

Metode Pembelajaran Problem Solving Dan Berdasarkan Masalah

Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Pdf Pdfpengaruh

Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Cps

71 292 1 Pb

Pdf The Effect Of Problem Solving Learning Model Based Just

Model Pembelajaran Problem Posing Solving

Efisiensi Metode Problem Solving Dan Course Review Horay

Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Creative Problem

Culture Based Contextual Learning To Increase Problem

Model Pembelajaran Problem Solving Youtube


0 Response to "Model Pembelajaran Problem Solving"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel