Pengertian Produk Menurut Para Ahli



Berbagai Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Produk dan Beberapa Jenis-jenisnya

Pengertian Produk – Mayoritas orang di dunia pasti mengenal istilah produk. Hampir setiap hari, manusia ataupun perusahaan industri mengonsumsi produk, baik berupa produk makanan, produk elektronik, produk industri, maupun produk-produk lainnya.

Secara singkat produk dapat diartikan sebagai setiap benda yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Produk biasanya sengaja dibuat oleh sekelompok orang sebagai ajang mendapatkan keuntungan melalui proses pertukaran ataupun jual beli produk yang bersangkutan.

Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Menurut William J. Stanton, produk secara sempit dapat diartikan sebagai sekumpulan atribut fisik yang secara nyata terkait dalam sebuah bentuk dapat diidentifikasikan. Sedangkan secara luas, produk merupakan sekumpulan atribut yang nyata dan tidak nyata yang didalamnya mencakup warna, kemasan, harga, presise pengecer, dan pelayanan dari pabrik dan pengecer yang mungkin diterima oleh pembeli sebagai sebuah hal yang dapat memberikan kepuasan atas keinginannya.

Menurut Kotler, pengertian produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan, dimiliki, digunakan atau pun dikonsumsi sehingga mampu memuaskan keinginan dan kebutuhan termasuk di dalamnya berupa fisik, tempat, orang, jasa, gagasan, serta organisasi.

Menurut H. Djaslim Saladin, produk dapat diartikan ke dalam tiga pengertian yaitu :

  • Dalam pengertian yang sempit, produk merupakan sekumpulan sifat fisik dan kimia yang berwujud dan dihimpun dalam sebuah bentuk serupa dan telah dikenal.
  • Dalam pengertian yang luas, produk merupakan sekelompok sifat yang berwujud maupun tidak berwujud yang didalamnya memuat harga, warna, kemasan, prestise pengecer, prestice pabrik, serta pelayanan yang diberikan oleh produsen dan pengecer kepada konsumen dalam rangka pemenuhan kepuasan konsumen atas apa yang diinginkannya.
  • Dalam pengertian secara umum, produk dapat diartikan secara ringkas sebagai setiap hal yang mampu memenuhi dan juga memuaskan kebutuhan atau pun keinginan manusia, baik yang memiliki wujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible).

Menurut Fansy Tjiptono, pengertian produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, serta dikonsumsi pasar sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pasar yang berkaitan.

Jenis – jenis Produk

Secara umum, produk dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu produk konsumsi dan produk industri.

Produk Konsumsi merupakan setiap produk yang digunakan oleh konsumen akhir. Dalam hal ini, produk yang dibeli akan dikonsumsi / digunakan secara langsung dan tidak akan dijual atau pun dibisniskan kembali oleh orang yang bersangkutan.

Produk Industri merupakan setiap produk yang sengaja dibeli sebagai bahan baku atau pun sebagai barang yang diperdagangkan kembali oleh pembelinya. Dalam hal ini, produk yang dibeli akan dibuat menjadi produk lain atau pun dijual kembali dengan tujuan mencari keuntungan.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian produk dan beberapa jenisnya yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Gallery Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Definisi Dan Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

5 Pengertian Merek Menurut Ahli Apa Itu Merek Projasaweb

Pengertian Desain Produk Tujuan Fungsi Pendapat Ahli

Pengertian Marketing Fungsi Tugas Konsep Para Ahli

Pengertian Produk Menurut Para Ahli Lengkap Beserta Turunannya

Pengertian Jenis Pendapatan Dan Pengeluaran Menurut Para

Doc Pengertian Produk Dan Beberapa Jenis Jenisnya Mateus

11 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Pembahasan

Pengertian Produk Jenis Jenis Klasifikasi Ciri Ciri Dan

Produk Pemasaran

Pengertian Produk Dan Jenis Produk Pnxk9z601x4v

Pengertian Kreatif Ciri Dan Contoh Menurut Para Ahli

Produk

Pengertian Produk Konsep Tingkat Ciri Contoh Para Ahli

Pengolahan Produk Dan Pengembangan Produk Baru Coecoesm

Atribut Produk Menurut Ahli

Pengertian Marketing Pemasaran Konsep Tujuan Contoh

5 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Pride

Pengertian Identitas Produk Merek Dan Brand Menurut Para Ahli

Pengertian Produk Menurut Para Ahli Lengkap Beserta Turunannya

Bab Ii Kajian Pustaka Kerangka Pemikiran

Pengertian Produk Serta Tingkatan Dan Klasifikasi Produk


0 Response to "Pengertian Produk Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel