Perbedaan Windows Dan Linux



Hands On Kali Linux Light Xfce And Mini Distributions Zdnet

Apa Perbedaan sistem operasi Windows dan Linux?

Sebelum membahas perperdaan saya mau jelaskan kalau Windows dan Linux merupakan sama-sama sistem operasi walaupun fungsinya sama tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Simak perpedaan antara Windows dan Linux berikut:

Perbedaan Lisensi

Windows merupakan sistem oprasi komersial milik Microsoft jadi untuk memiliki windows kamu harus membeli. Bagaimana kalau ada yang mengatakan “saya enggak pernah beli windows tuh tinggal minta teman installkan saja beres” berarti kamu menggunakan software bajakan/ilegal.

Linux adalah sistem operasi berlisensi opensource alias gratis dan code programnya terbuka untuk umum sehingga siapapun dapat mengembangkan sistem oprasi ini. Linux opensource yang paling popular adalah Ubuntu dan Fedora tetapi tidak semua linux gratis sebab ada yang mengembangkan linux enterprise dan ini  berbayar contohnya Linux RedHat dan Linux Suse.

Tinggkat Keamanaan

Windows paling sering dan paling gampang terkena virus makanya kalian harus butuh software ativirus entah berbayar atau yang gratisan.

Linux lebih aman dari pada windows karena sistem keamanaanya sampai ke tingkat inti sistem oprasi atau kernel tetapi bukan berarti linux kebal virus

Installer Aplikasi

Windows dan linux mempunyai file installer yang berbeda jadi jangan harap program kesayangan kamu di windows bisa berjalan di Linux ataupun sebaliknya. Tetapi sekarang banyak orang membuat aplikasi yang bisa berjalan di banyak sistem operasi jadi semua bergantung ke file instalasi program kamu

Linux bisa di tweak untuk menjalankan aplikasi windows tetapi tetap saja tidak optimal seperti kita menjalankan di windows.

Struktur File

Windows dan linux mempunyai struktur file yang berbeda kalau di windows kamu sering lihat drive C: dan D: kan? tetapi di linux kamu tidak akan menemukan seperti itu karena semua berbentuk folder.

File sistem yang di pakai untuk partisi hardisk juga berbeda kalau di windows kita sering dengar NTFS atau FAT32 tetapi di linux menggunakan EXT2, EXT3 dan sebagainya.

Dukungan Hardware

Hampir semua hardware mendukung dan berjalan dengan baik di windows tetapi tidak di linux hal tersebut di sebabkan karena pengembang hardware hanya berfokus ke windows. Tetapi sekarang sudah banyak pengembang hardware yang membuat hardware mereka beralan di windows dan linux. Selain itu contohnya distro Ubuntu dan Fedora sudah banyak sekali mendukung hardware.

Kestabilan

Pernah mengalami bluescreen di windows? kamu tidak akan pernah mengalami itu di Linux karena Linux lebih stabil daripada windows.  Pernah merasa windows kamu lambat dan harus di install ulang? Kamu tidak perlu install ulang kalau pakai Linux. Kalau windows sudah lambat minta di restart? Linux jarang sekali perlu di restart.

Mudah Digunakan

Windows lebih mudah digunakan karena sudah umum dari belajar komputer di sekolah sampai bekerja pasti kebanyakan dari kamu pakai windows. Linux sekarang sudah mulai mudah digunakan dengan tampilan yang tidak kalah keren dengan windows.

Setiap sistem oprasi memiliki keunggulan masing-masing tetapi kalau kamu mau pilih yang mana? Silakan beri komentar dibawah.

Gallery Perbedaan Windows Dan Linux

Windows Server 2019 Standard Datacenter Essentials Hyper

Buster The New Version Of Raspbian Raspberry Pi

Xojo From Vb To Xojo

Perbedaan Sistem Operasi Windows Dan Linux Tuhfatussalisah

What S The Difference Between Apfs Mac Os Extended Hfs

Cooperative Linux Wikipedia

Navicat For Postgresql Powerful Postgresql Database

Perbedaan Windows Dan Linux

Windows Server 2019 Standard Datacenter Essentials Hyper

Why Mx Linux Is The Windows Alternative You Ve Been Waiting For

Navicat 15 Highlights Navicat

Perbedaan Windows Dan Linux Hanya Mahasiswa Biasa

Personal Desktop Virtualization Solutions Fusion Vmware

Perbedaan Linux Dan Windows

What S The Difference Between Free And Available Memory In

Perbedaan Sistem Operasi Windows Dan Linux Belajar

Perbedaan Windows Dan Linux Mana Yang Lebih Baik Lulus Smk

Installing 3cx Sbc Session Border Controller

Perbedaan Antara Windows Dan Linux

Adhira Your Information Perbandingan Windows Dan Linux

Perbedaan Threads Smp Kernel Di Windows Dan Linux

Perbedaan Os Windows Dan Linux Pptx Powerpoint

Apa Perbedaan Sistem Operasi Windows Dan Linux

Perbedaan Windows Dan Linux Ridhobahrisoftware


0 Response to "Perbedaan Windows Dan Linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel