Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli



Kel 2 Surat Izin Mengemudi Pdf Document

Sistem Informasi Manajemen – Contoh & Pengertian Menurut Para Ahli

Sistem Informasi Manajemen – Seperti yang kita ketahui bersama, manajemen menjadi salah satu kajian ilmu yang sangat besar perannya. Tidak hanya sebagai pengaturan saja, pengelolaan dan perencanaan pun sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan besar dan kecil yang sudah mulai menggunakan sistem informasi manajemen untuk mengelola sumber daya manusia dan juga untuk meningkatkan kinerjanya. Data yang dihasilkan oleh sistem tersebut memiliki keakuratan yang tinggi sehingga informasi yang diberikan bisa dipercaya.

Sistem informasi manajemen adalah suatu aplikasi yang bisa membantu merencanakan, mengelola, dan mengawasi semua hasil kerja agar tujuan bisa tercapai. SIM sendiri terdiri dari perangkat keras berupa komputer dan perangkat lunak yaitu aplikasi. Kedua elemen tersebut harus bisa bekerja dengan baik agar tercapai hasil yang diinginkan. Perusahaan menjadikan sistem ini sebagai database agar bisa diakses oleh setiap karyawan dari berbagai departemen. Adapun contoh sistem informasi manajemen adalah sebagai berikut.

Contoh Sistem Informasi Manajemen (SIM)

1. Supply Chain Management SCM banyak digunakan oleh pelaku pasar yang bergerak dalam bidang penyedia bahan baku. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen akan memudahkan dalam mengawasi aliran penjualan mulai dari pemasok bahan baku, produsen, pihak pengecer, hingga ke tangan konsumen.

2. Enterprise Resourch Planning Dari pengertian sistem informasi manajemen secara umum bisa diketahui bahwa sistem ini sangat cocok digunakan di bidang keuangan. Banyak perusahaan besar yang menggunakan SIM untuk mengelola manajemen agar semua bidang seperti akunting, operasional, sumber daya manusia, dan pemasaran bisa terintegrasi. Dengan mengetahui informasi yang nyata maka pihak perusahaan bisa melakukan evaluasi jika hasil tidak sesuai dengan perencanaan awal.

3. Informatic Management System Salah satu fungsi dari sistem informasi manajemen adalah untuk menyatukan beberapa informasi yang didapatkan untuk menentukan tindakan selanjutnya secara tepat. Dalam hal ini pengorganisasian sangat penting agar bisa mendapatkan data lengkap dan valid. Data diolah secara komputerisasi dan hasilnya akan menentukan kebijakan selanjutnya.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli :

SIM memang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan goal sebuah perusahaan. Beberapa pakar pun mengemukakan pendapatnya mengenai istilah ini. Pengertian sistem informasi manajemen menurut Danu Wira Pangestu menggambarkan SIM sebagai sistem yang bertugas mengumpulkan lalu mengolah data untuk menghasilkan informasi yang digunakan untuk merencanakan dan mengendalikan tingkatan manajemen.

Banyak pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli yang memberikan gambaran mengenai pentingnya sistem ini. Raymond McLeod Jr berpendapat bahwa manajemen ini berbasiskan komputer yang memberikan informasi mengenai masa lalu sebuah perusahaan. Dengan begitu maka evaluasi dan penilaian hasil kerja akan semakin mudah. Komputerisasi juga menjamin bahwa hasil akhir yang diberikan sangat akurat dan valid. Selain itu SIM juga memberikan data yang terjadi saat ini dan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang atau disebut dengan fungsi perencanaan.

Sementara Gordon. B. Davis lebih menganalisa sistem berdasarkan hubungan antara manusia dan mesin. Interaksi inilah yang akan menghasilkan data yang kemudian diolah menjadi informasi yang tepercaya. Hasil akhir sangatlah penting karena bisa menentukan tindakan yang akan dijalankan selanjutnya dan juga pengendalian hasil agar sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Dengan mengikuti pola maka hasil akan sesuai dengan tujuan awal.

Baca juga : Sistem Informasi

Setelah mengetahui beberapa contoh dan pengertian sistem informasi manajemen, diharapkan bisa memudahkan Anda dalam menerapkan SIM di berbagai bidang kehidupan. Manajemen yang sudah dibuat akan memudahkan Anda dalam melakukan perencanaan, pengelolaan, pengoperasian, dan pengawasan. Evaluasi juga dibutuhkan agar sistem informasi manajemen bisa berkembang dengan baik.

Keyword :

sistem informasi manajemen

Gallery Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Sistem Informasi Manajemen Aditnanda

Sim Prof Dr Hapzi Mm Duwi Purwati Asih Jenis Jenis Sistem

Tugas Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan

Hubungan Organisasi Administrasi Dan Manajemen Pemerintah

Sistem Informasi Manajeman Tujuan Manfaat Contoh Para Ahli

24 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Komponen

Sistem Informasi Manajemen Pengertian Manfaat Dan Tujuannya

51 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Beserta Fungsi Dan

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Dan Contohnya Wiki

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Manfaat Fungsi Tujuan

Sistem Informasi Manajemen Pengertian Fungsi Tujuan

Pengertian Sistem Informasi Geografis Manfaat Subsistem

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Tujuan Fungsi

Pdf Tugas Sistem Informasi Manajemen Implementasi Sistem

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Fungsi Tujuan

Gambaran Umum Sistem Informasi Manajemen Susantokun

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Definisi

Tugas Sistem Informasi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan

Pembahasan Lengkap Teori Sistem Informasi Manajemen Daerah

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Tujuan Fungsi

Sistem Informasi Manajemen Dosenpintar Co Id

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Definisi Sarjanaku Com

Contoh Data Pengertian Perbedaan Data Dan Informasi Secara

Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli Dkampus

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Lengkap Dengan Contoh

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Ppt Pengantar Cbis Powerpoint Presentation Free Download


0 Response to "Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel