Bioteknologi Konvensional Dan Modern



Powtoon Video Pembelajaran Produk Bioteknologi

Pengertian Bioteknologi Modern dan Konvensional Beserta Contoh

Bioteknologi Modern dan Konvensional – Dalam dunia sains, dikenal istilah bioteknologi modern dan konvensional. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan bioteknologi? Dan apa kaitannya dengan kehidupan manusia? Pengertian Bioteknologi adalah suatu pemanfaatan teknik rekayasa yang dilakukan manusia kepada makhluk hidup, proses biologis, atau sistem agar bisa meningkatkan potensi dari makhluk hidup itu sendiri atau menghasilkan suatu penemuan berjasa untuk kehidupan manusia. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan diulas tentang pengertian dari bioteknologi, jenis, contoh dan perbedaannya.

Pengertian Bioteknologi Modern dan Konvensional :

Bioteknologi modern adalah bioteknologi yang menghasilkan jasa dan barang dengan menggunakan rekayasa genetika berupa DNA rekombinan. Sekedar informasi DNA rekombinan adalah proses pemutusan dan penyambungan DNA. Caranya adalah dengan melakukan kloning fungsi sel dan kultur jaringan. Dilihat dari perkembangannya, hasil bioteknologi ini masih dalam kategori terarah. Selain itu, hasilnya juga sangat memuaskan dan dapat dikendalikan sepenuhnya dengan baik.

Bioteknologi di zaman modern seperti sekarang ini memungkinkan manusia untuk melakukan manipulasi genetik. Teknik manipulasi seperti ini memang mulai berkembang semenjak banyak ilmuan yang sukses memanipulasi genetik secara in vitro. Bioteknologi jenis ini lebih mengeksploitasi proses biologi demi kepentingan industri. Contohnya saja adalah pembuatan antibiotik, produksi hormon, adanya semangka tanpa biji, dan lain sebagainya.

Bioteknologi konvensional adalah jenis bioteknologi yang untuk menghasilkan jasa dan barangnya memakai bantuan mikrooorganisme seperti bakteri dan jamur agar bisa menciptakan enzim-enzim tertentu. Untuk bioteknologi jenis ini, pengaplikasian teknik biokimia, biologi dan rekayasa masih terbatas. Contoh dari bioteknologi yang masuk dalam kategori konvensional salah satunya adalah yogurt. Seperti yang diketahui bahwa Yogurt adalah susu cair yang kemudian difermentasikan dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus termophillus.

Contoh Bioteknologi :

Contoh lainnya adalah kecap yang difermentasi dengan jamur Aspergillus wentii dan Aspergillus soyae. Ada lagi tempe yang dibuat dari fermentasi kedelai dengan jamur Rhizopous stolonifer dan Rhizopus oligosporus. Pembuatan keju juga termasuk dalam bioteknologi. Dimana bahan makanan ini terbuat dari susu yang difermentasi dengan memakai bakteri Propioni bacterium, Lactobacillus lactis dan Lactobacillus bulgaricus.

Baca juga : Pencemaran Udara

Hampir semua contoh bioteknologi yang termasuk konvensional dapat dengan mudah ditemukan di sekeliling Anda. Hal ini tentu saja karena proses bioteknologi konvensional yang bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja dengan peralatan apa adanya. Kedua jenis bioteknologi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah perbedaan antara bioteknologi modern dan konvensional.

Perbedaan Bioteknologi Modern dan Konvensional :

  1. Bioteknologi yang masuk dalam kategori konvensional hanya bisa menghasilkan barang atau produk dengan hasil yang lebih sedikit daripada modern.
  2. Bioteknologi yang konvensional tidak bisa memodifikasi agen biologis. Berbeda dengan modern yang sering melakukan modifikasi terhadap agen biologis yang dipakai.
  3. Bioteknologi terbaru atau modern seringkali berkaitan dengan tahap analisis DNA, rekombinasi gen serta gen sedangkan konvensional tidak.
  4. Bioteknologi modern membutuhkan biaya yang lebih besar daripada konvensional.
  5. Konvensional menggunakan peralatan dan teknologi sederhana dan murah. Sedangkan yang modern memakai perlengkapan dan teknologi yang canggih.
  6. Bioteknologi terbaru atau modern baru diperkenalkan sejak tahun 1917. Sementara konvensional sudah ada sejak ribuan tahun lalu.
  7. Konvensional tidak bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesesuaian genetik. Sedangkan bioteknologi terbaru bisa.

Kini, Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan bioteknologi, contoh-contoh, jenis dan masing-masing perbedaan antara bioteknologi konvensional dan modern bukan? Demikianlah informasi kali ini, semoga bermanfaat.

Hasil Pencarian:

bioteknologi modern,apa perbedaan antara bioteknologi konvensional dan modern,bioteknologi mo

Gallery Bioteknologi Konvensional Dan Modern

Aplikasi Bioteknologi Konvensional Docx Document

Ken Namtrovert Twitter

Bioteknologi Konvensional Dan Modern

Pengembangan Virtual Laboratory Pada Topik Kultur Jaringan

Bioteknologi By Lintang Ratri On Prezi

Tantangan Dan Solusi Biotek Plant Breeding Biotechnology

Ppt Dasar Dasar Bioteknologi 3 Genetika Terapan

Pengertian Bioteknologi Bioteknologi Konvensional Dan

Jovagema Pengertian Bioteknologi Macam Macam Manfaat Dan

Evaluasi Phb

Doc Bioteknologi Yuli Ardy Academia Edu

Analysis Of Variance Anova For Days To Bud Initiation

Bioteknologi Konvensional Manfaat Pengertian Contoh

Bioteknologi Konvensional Dan Modern

Bioteknologi Ppt Download

Kisi Kisi Biologi 2006 Doc Kisi Kisi Ujian Sekolah

Bioteknologi Konvensional Dan Modern

Perbedaan Bioteknologi Konvensional Dan Bioteknologi Modern

Bioteknologi Konvensional Dan Modern 8x4emzdpryl3

Pengertian Bioteknologi Modern Pertanian Dan Konvensional

Analisis Silabus Biotek 1

Bioteknologi Adalah Sejarah Macam Manfaat Dan Contoh


0 Response to "Bioteknologi Konvensional Dan Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel