Bacalah teks bacaan dibawah ini!
33 Sekolah Dasar di Gunung Kidul Ditutup
Pada tahun 2001 hingga sekarang, 33 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, ditutup karena jumlah siswanya semakin berkurang. Sekolah Dasar yang ditutup itu, kemudian digabung dengan SD yang berdekatan. Sekolah dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian menyusul 20 SD pada tahun 2002.
Penutupan sekolah dasar yang ada di daerah ini menyebabkan sebagian besar gedung sekolah itu rusak tidak terurus. Sejumlah gedung sekolah yang masih layak digunakan telah diminta oleh pemerintah desa setempat untuk kegiatan masyarakat.
Dinas Pendidikan Gunungkidul tidak berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk kegiatan masyarkat desa, meskipun secara administrasi masih milik pemerintah kabupaten sehingga apabila pemerintah desa akan menggunakan gedung tersebut harus melalui proses perijinan. Adapun pemanfaatan gedung-gedung bekas sekolah dasar tersebut, belum diputuskan oleh pemerintah daerah setempat.
1. Sekolah dasar di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, ditutup karena ….
a. jumlah siswanya semakin berkurang
b. sebagian besar gedung sekolah rusak
c. akan digunakan oleh masyarakat desa
d. gedung sekolah tersebut tidak terurus
2. Sekolah dasar Gunung Kidul secara administrasi milik ….
a. Masyarakat Desa c. Pemerintah Kabupaten
b. Pemerintah Desa d. RT / RW setempat
3. Pokok pikiran dalam wacana tersebut adalah ….
a. Dinas Pendidikan Gunung kidul tidak berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk kegiatan masyarkat
b. Di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta banyak sekolah dasar yang ditutup.
c. Penutupan sekolah dasar yang ada di daerah ini menyebabkan sebagian besar gedung sekolah itu rusak
d. Sekolah dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian menyusul 20 SD pada tahun 2002
4. "Oh, Kutilang, lama sekali aku merindukan suaramu …,” bisik Putri Intan. Bambam sangat gembira. Ia mendekati Putri Intan sambil mengibas-ngibaskan ekornya.
Tokoh dari kutipan Cerita diatas adalah ….
a. Kutilang c. Putri Intan
5. Riska tidak pernah berbicara kasar terhadap siapa pun. Jika bertemu guru ia selalu memberi salam. Riska selalu menolong teman-temannya.
Sifat Riska dalam cerita tersebut adalah ....
b. Riska anak yang baik dan ramah
c. Riska suka mencari muka
6. Semut merah itu berusaha naik keatas daun melawan gelombang yang besar. Berkat ketabahannya, ia dapat mencapai permukaan daun itu dan berpegangan kuat-kuat di sana.
Cerita diatas mengungkapkan pesan ….
a. Mengerjakan sesuatu sebaiknya disertai dengan semangat
b. Disertai dengan ketabahan, keberhasilan akan sulit dicapai
c. Ikhlas dan tabah adalah salah satu jalan menuju kesuksesan
d. Dengan usaha sungguh-sungguh, keberhasilan dapat dicapai
7. Banjir kembali melanda Jakarta. Seminggu yang lalu hujan baru saja turun. Akan tetapi, sudah menenggelamkan Kota Jakarta. Peristiwa yang sudah pernah terjadi, tidak dijadikan pelajaran baik bagi warga maupun pemerintah. Setiap tahun mereka harus mengungsi.
Isi informasi kutipan bacaan tersebut adalah ….
a. Penduduk Jakarta mengungsi lagi
b. Pemerintah tidak bias menangani banjir
c. Hujan deras selama seminggu
d. Banjir melanda Jakarta lagi
8. Perilaku boros dalam mengkonsumsi listrik harus diakhiri agar laju konsumsi listrik dapat diredam. Sebab, melonjaknya harga energi di pasar global telah membengkakkan subsidi listrik yang harus disediakan negara. Pemborosan listrik termasuk perilaku tidak terpuji.
Informasi penting dari paragraf tersebut adalah ….
a. subsidi listrik yang harus disediakan negara membengkak
b. perilaku boros dalam mengonsumsi listrik harus diakhiri
c. pemborosan termasuk perilaku tidak terpuji
d. harga energi dipasar global melonjak
9. Sebelum menanggapi isi berita / informasi, kita harus dapat ….
a. mencatat pokok-pokok informasi
b. mengabaikan pesan informasi
c. melewatkan pokok informasi
d. merubah pokok-pokok informasi
10. Kritikan yang baik terdapat dalam kalimat ….
a. Menurut saya, hasil kerjamu ini sudah lumayan bagus ! Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu mau mengulangnya lagi.
b. Ah, lukisanmu ini belum pantas diikutkan lomba berskala nasional! Sebaiknya, kamu ikut tahun depan aja
c. Ya, untuk kali ini saya menilai pekerjaanmu cukup, tetapi kamu harus ingat pekerjaan seperti ini belum layak
d. Sepertinya kamu masih banyak kekurangan jika dilihat dari hasil kerjamu yang seperti ini, masih jauh dari harapan.
11. Kalimat kritikan berikut yang tepat adalah ….
a. Kiki, sejak kapan kukumu tidak dipotong? Panjang dan kotor sekali kuku-kukumu itu.
b. Kiki, panjang dan kotor sekali kukumu! Kalau tidak segera dipotong akan menjadi sarang penyakit.
c. Kiki, Bagus sekali kukumu itu! Panjang dan sangatlah terawat dengan baik.
d. Kiki, kapan kamu akan potong kuku? Kalau kamu potong kuku aku juga akan potong kuku.
12. Felicia seringkali kesulitan menuliskan ide-ide yang ada dalam pikirannya ke dalam bentuk karangan.
Saran yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah ….
a. Sebaiknya Felicia meminta orang lain untuk menuliskan karangannya
b. Sebaiknya Felicia tidak usah menulis karangan tersebut
c. Sebaiknya Felicia ke toko untuk membeli buku pelajaran
d. Sebaiknya Felicia lebih rajin belajar menulis dan minta bimbingan guru
13. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat laporan hasil pengamatan yaitu ….
a. Waktu, hasil, pelapor, tempat, objek, nilai
b. Judul, tempat, objek, waktu, hasil, pelapor
c. Tempat, waktu, hasil, objek, judul, wawancara
d. Objek, waktu, hasil, pelapor, tanda tangan orangtua
1. Seluruh kelas atau semua siswa mengikuti upacara
2. Siswa yang terlambat tidak diperbolehkan masuk kedalam barisan
3. Ada lima anak laki-laki yang berbaris terpisah karena datang terlambat
4. Seluruh siswa mengenakan seragam lengkap
Laporan pengamatan di atas berisi tentang ….
a. Kedisiplinan siswa dalam mengikuti upacara
b. Kedisiplinan siswa saat akan memasuki kelas
c. Saat berbaris, ada lima anak berbaris terpisah
d. Seluruh siswa mengenakan seragam lengkap
15. Memberikan saran terhadap laporan hasil pengamatan harus disertai ….
a. Tanda tangan c. Alasan yang tepat
b. Judul laporan d. Kartu tanda pengenal
Rubrik untuk menjawab soal no 16 dan 17.
Warga Adat Dukuh terkenal sangat menghormati aturan adat. Aturan adat mengharuskan mereka hidup sederhana dan dengan cara tradisional. Mereka percaya bahwa aturan itu dibuat demi kebaikan mereka. Mereka juga menghormati ketua adat.
16. Pokok pikiran yang tertera pada teks tersebut adalah ….
a. Warga Adat Dukuh terkenal sangat menghormati aturan adat
b. Mereka percaya aturan itu dibuat demi kebaikan mereka
c. Mereka juga sangat menghormati ketua adat Dukuh
d. Mereka hidup sederhana dan dengan cara tradisional
17. Tanggapan yang tepat terhadap rubrik di atas adalah ….
a. Kehidupan warga Adat Dukuh sudah ketinggalan zaman dan terlalu kuno
b. Kehidupan warga Adat Dukuh tergantung kepada ketua adat dan lingkungan
c. Kehidupan warganya masih sangat memprihatinkan karena belum ada teknologi
d. Kehidupan warganya patut kita tiru, meskipun hidup sederhana tetap menjaga aturan
18. Siswa kelas VI sangat senang jika dalam pembelajaran IPA selalu menggunakan alat peraga sebagai contoh nyata. Seperti, materi tentang Perubahan wujud benda, sebagian siswa ada yang membawa benda yang terbuat dari logam, kayu, bahkan ada yang membawa makanan untuk dijadikan bahan praktik.
Tanggapan siswa yang tepat pada teks bacaan di atas adalah ….
a. Siswa sangat senang jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga
b. Siswa biasa-biasa saja jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga
c. Siswa kurang senang jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga
d. Siswa sangat senang jika dalam pembelajaran IPA tidak memakai alat peraga
19. Mengirim uang selain melalui bank, dapat melalui ....
a. daftar riwayat hidup c. kartu tabungan
b. wesel pos d. kartu pos
20. Formulir yang berisi tentang data diri seseorang secara lengkap disebut ....
a. daftar riwayat hidup c. kartu pos
b.
wesel pos d. kartu undangan
0 Response to "Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1"
Post a Comment