Soal Himpunan Kelas 7 Doc



Materi Lengkap Sistem Bilangan Real Serta Penjelasannya

Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP plus Kunci Jawaban Pembahasan

Halo adik-adik, berikut ini 25 butir Soal Himpunan Kelas 7 SMP/MTs. Bentuk soal pilihan ganda. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan secara mendetail. Soal dan pembahasan juga bisa kalian download untuk tugas sekolah yang mana file bisa diedit dan silahkan digunakan sebagaimana mestinya. Selamat belajar ....
Referensi soal : Modul Pembelajaran SMP/MTs Kelas 7 dengan pengubahan seperlunya

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B adalah .... A. {3} B. {1, 2, 3, 4} C. {1, 3} D. {2, 4} 2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) adalah .... A. 5 B. 6 C. 7 D. 8 3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) adalah .... A. {0, 1, 2, 3, 4, 5} B. {1, 2, 3, 4, 5} C. {-1, 0, 1, 2, 3, 4} D. {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5} 4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) adalah .... A. 8 B. 9 C. 10 D. 11

5. Diketahui S= {bilangan asli kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac adalah ....

A. {1, 2, 3, .... , 9} B. {0, 1, 3, 5, 7, 9} C. {2, 4, 6, 8} D. {1, 3, 5, 7, 9} 6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q  adalah .... A. P B. Q C. {0} D. Ø 7. Diketahui P = {bilangan asli kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) adalah .... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) adalah .... A. 18 B. 19 C. 20 D. 21 9. Perhatikan diagaram Venn berikut !                   
A ∩ B adalah .... A. {4, 8, 10} B. {1, 2, 3, 5, 6, 7, 9} C. {3, 4, 5, 7, 8, 10} D. {3, 5, 7} 10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B adalah .... A. {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9} B. {1, 3, 5, 6, 7, 9} C. {0, 1, 3, 5, 6, 7} D. {3, 9} 11. Diketahui : {  x | -1  ≤  x  < 3 ;  x  є bilangan asli}. Semua bilangan bulat x adalah .... A. {-1, 0, 1, 2, 3} B. {0, 1, 2, 3} C. {-1, 0, 1, 2} D. {1, 2} 12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bagian dari B adalah .... A. 4 B. 8 C. 16 D. 32 13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L adalah .... A. {-1, 0, 1, 2, 3} B. {-1, 0, 1, 2} C. {-1, 0, 1} D. {2, 3, 5} 14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10} A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac adalah .... A. {3, 5, 7} B. {0, 1, 6, 8, 9, 10} C. {0, 6, 8, 9, 10} D. {0, 1, 6, 8, 10} 15. Perhatikan diagram Venn berikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B adalah .... A. 5 B. 6 C. 7 D. 8 16. Diketahui himpunan jika A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. Dengan mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) adalah .... A. 5 B. 6 C. 7 D. 8 17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) adalah .... A. 80 B. 100 C. 120 D. 140 18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C adalah .... A. {1,2,3,4,5} B. {5} C. {2,4} D. {1,2,3,4}

19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc adalah ....

A. {0,18,19,20} B. {18,19,20} C. {0,18} D. {0} 20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) adalah .... A. {11, 12} dan {10, 11, 12, 13} B. {11, 12} dan {8, 9, 14} C. {10, 13} dan {10, 11, 12, 13} D. {10, 13} dan {8, 9, 14} 21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Setelah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya adalah .... anak. A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat adalah .... anak. A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca adalah .... anak. A. 10 B. 12 C. 14 D. 16 24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya adalah .... A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 25. Survei membuktikan 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya peserta yang mengikuti survei adalah .... anak. A. 30 B. 31 C. 32 D. 33 Bagaimana contoh soal himpunan matematika yang ada di blog ini? Mudah-mudah apa terlalu sulit? Kalau dirasa sulit, jangan khawatir. Simak pembahasan soal berikut ini. 1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B adalah .... Pembahasan Diket:

- A = {2, 3, 4}

- B = {1, 3} Maka, A ∪ B = {1, 2, 3, 4}

Jawaban: B

2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) adalah ....

Pembahasan

Diket:

- M = {a, i, u, e, o}

- N = {a, u, o} M ∪ N = {a, i, u , e, o} Maka, n(M ∪ N) = 5

Jawaban: A

3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) adalah ....

Pembahasan

X = {x | x < 6, x є bilangan asli)    = {1, 2, 3, 4, 5} Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}    = {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5} (X ∩ Y) = {1, 2, 3, 4, 5}

Jawaban: B

4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) adalah ....

Pembahasan

n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8 n(A ∪ B) = n(A) + n(B) - n(A ∩ B)  = 10 + 8 – 8  = 10

Jawaban: C

5. Diketahui S= {bilangan asli kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac adalah

Pembahasan S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9} A = {2, 4, 6, 8}

Ac = {1, 3, 5, 7, 9}

Jawaban: D 6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q  adalah ....

Pembahasan

Diket:

- P = {1, 5}

- Q = {1, 3, 5, 7} Maka, P ∪ Q = {1, 3, 5, 7} Jadi, {1, 3, 5, 7} = Q

Jawaban: B

7. Diketahui P = {bilangan asli kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) adalah ....

Pembahasan

P = {bilangan asli kurang dari 5}    = {1, 2, 3, 4} Q = {bilangan cacah kurang dari 6}    = {0, 1, 2, 3, 4, 5} R = {bilangan ganjil kurang dari 6}    = {1, 3, 5} (Q ∩ R) = {1, 3, 5} P – (Q ∩ R) = ({1, 2, 3, 4} - {1, 3, 5}) n(P – (Q ∩ R)) = 4 – 3  = 1

Jawaban: A

8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) adalah ....

Pembahasan

A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}    = {-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15} n(A) = 21

Jawaban: D

9. Perhatikan diagaram Venn berikut !                            A ∩ B adalah ....

Pembahasan

A = {1, 3, 5, 6, 7, 9} B = {2, 3, 5, 7} A ∩ B = {3, 5, 7}

Jawaban: D

10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B adalah ....

Pembahasan

A = {1, 3, 5, 7, 9} B = {0, 3, 6, 9} A ∪ B = {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}

Jawaban: A

11. Diketahui : {x  | -1  ≤  x  < 3 ; x є bilangan asli }. Semua bilangan bulat x adalah ....

Pembahasan

Diketahui : { x   | -1  ≤   x  < 3 ; x є bilangan asli }                  : {1, 2}

Jawaban: D

12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bagian dari B adalah ....

Pembahasan

n(B) = 4

Banyaknya himpunan bagian = 2n

24 = 16 Jawaban: C 13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L adalah ....

Pembahasan

K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat}      = {-1, 0, 1, 2, 3} L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}     = {1, 2, 3, 5} K – L = ({-1, 0, 1, 2, 3} - {2, 3, 5})     = {-1, 0, 1}

Jawaban: C

14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}

A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac adalah ....

Pembahasan S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10} A = {2, 3, 4, 5, 7} B = {1, 3, 5, 7, 9}

Ac = {0, 1, 6, 8, 9, 10}

Jawaban: B 15. Perhatikan diagram Venn berikut ! Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B adalah ....

Pembahasan

n(S) = n(A) – x + n(A ∩ B) + n(B) + x   50 = 15 – x + x + 27 + x   50 = 42 + x     8 = x

Jawaban: D

16. Diketahui himpunan jika A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. Dengan mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) adalah ....

Pembahasan

A = {bilangan cacah kurang dari 8}    = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} B = {faktor dari 6}    = {2, 3} A ∪ B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} n(A ∪ B) = 8

Jawaban: D

17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) adalah ....

Pembahasan

n(P)= 100, n(Q)= 120, dan n(P ∩ Q)= 80 n(A ∪ B) = n(P) + n(Q) - n(P ∩ Q)  = 100 + 120 – 80  = 140

Jawaban: D

18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C adalah ....

Pembahasan

A = {1, 2, 3, 4} B = {2, 4} C = {1, 2, 3, 4, 5} A ∪ B = {1, 2, 3, 4} (A ∪ B) ∩ C = {5}

Jawaban: B

19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc adalah ....

Pembahasan S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20} B = {x | x < 18, x є bilangan asli}    = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17}

Jawaban: A 20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) adalah ....

Pembahasan A = {10, 11, 12, 13} B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}    = {11, 12, 13, 14} C = {x | 8 ≤ x ≤ 12, x є bilangan asli}    = {8, 9, 10, 11, 12} A – (B ∩ C) = ({10, 11, 12, 13} – {11, 12})  = {10, 13} A – (B ∪ C) = ({10, 11, 12, 13} – {8, 9, 10, 11, 12, 13, 14})  = {8, 9, 14}

Jawaban: D

21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Setelah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya adalah .... anak.

Pembahasan

Misal:

- S = himpunan semesta

- M = menyukai pelajaran matematika - B = menyukai pelajaran biologi - T = tidak menyukai keduanya Diket:

- n(S) = 35 anak

- n(M) = 21 anak - n(B) = 20 anak - n(M ∩ B) = 10 anak Dit: Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya...? Jawab: n(S) = (n(M) + n(B) – n(M ∩ B)) + n(T)  35 = (21 + 20 - 10) + n(T)  35 = 31 + n(T)  4 = n(T)

Jawaban: B

22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat adalah .... anak.

Pembahasan

Misal:

- S = himpunan semesta

- P = gemar makan permen - C = gemar makan coklat - T = tidak gemar makan keduanya Diket:

- n(S) = 35 anak

- n(P) = (25 – x) - n(C) = (18 – x) - n(T) = 7 anak Dit: Banyaknya anak yang gemar makan coklat...? Jawab: n(S) = n(P) + n(C) + n(P ∩ C) + n(T)  35 = (25 - x) + (18 – x) + x + 7  35 = 50 – x  x = 15 n(C) = (18 – x)  = 18 – 15  = 3

Jawaban: A

23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca adalah .... anak.

Pembahasan

Misal:

- S = himpunan semesta

- A = suka menulis - B = suka membaca - T = tidak suka keduanya Diket:

- n(S) = 40 anak

- n(A) = 16 anak - n(B) = 22 anak - n(T) = 12 anak Dit: Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca...? Jawab: n(S) = n(A) + n(B) + n(A ∩ B) + n(T)  40 = 16 + 22 + x + 12  40 = 50 – x  x = 10

Jawaban: A

24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya adalah ....

Pembahasan

Misal:

- S = himpunan semesta

- G = suka menggambar - H = suka menyanyi - G ∩ H = suka keduanya - T = tidak suka keduanya Diket:

- n(S) = 30 anak

- n(G) = 15 anak - n(H) = 20 anak - n(G ∩ H) = 8 anak Dit: Banyaknya anak yang tidak suka keduanya...? Jawab: n(S) = (n(G) + n(H) - n(G ∩ N)) + n(T)  30 = (15 + 20 – 8) + n(T)  30 = 27 + n(T)  3 = n(T)

Jawaban: A

25. Survei membuktikan 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya peserta yang mengikuti survei adalah .... anak.

Pembahasan

Misal:

- S = himpunan semesta

- Uu = suka Upin Ipin - Ss = suka Shaun the Seep - Uu ∩ Ss = suka keduanya Diket:

- n(Uu) = 30 anak

- n(Ss) = 20 anak - n(Uu ∩ Ss) = 19 anak Dit: n(S)...? Jawab: n(S) = n(Uu) + n(Ss) - n(Uu ∩ Ss)  n(S) = 30 + 20 - 19  n(S) = 31

Jawaban: B

Download Soal Himpunan Kelas 7 SMP plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP plus Kunci Jawaban Pembahasan adalah konten yang disusun oleh Juragan Les dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Bagaimana? Sekarang semua jadi mudah bukan? Semoga dengan adanya 25 Contoh Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP plus Kunci Jawaban Pembahasan ini bisa menambah referensi belajar.

Gallery Soal Himpunan Kelas 7 Doc

Latihan Soal Matematika Himpunan Kelas 7 Smp Buku Soal

Kumpulan Soal Soal Hots Matematika Smp M4th Lab

Soal Himpunan Kelas 7 Lengkap Dengan Pembahasan Mathematics

Soal Himpunan Kelas 7 Lengkap Dengan Pembahasan Mathematics

Contoh Soal Nilai Mutlak Beserta Jawabannya

Bank Soal Matematika Kelas 7 Smp Tentang Himpunan Materi

Kisi Kisi Soal Dan Jawaban Matematika Smp Kelas 7

Menyatakan Himpunan Dengan Diagram Venn Ppt Download

Soal Himpunan Kelas Vii

Latihan Soal Kelas 7 Matematika Himpunan

Untitled Mafiadoc Com

Soal Matematika Himpunan Kelas 7 Contoh Soal

30 Contoh Soal Latihan Matematika Kelas 7 Smp Mts Tentang

Pelajaran Soal Rumus Komplemen Himpunan Wardaya College

Matematika Kelas 7 Mengenal Operasi Hitung Pada Pecahan

Relasi Dan Fungsi Penjelasan Soal Contoh Pembahasan

Soal Matematika Himpunan Kelas 7

Soal Un Smp 2019 Unbk Usbn For Android Apk Download

Soal Matematika Himpunan Kelas 7

Kumpulan Contoh Soal Dan Pembahasan Himpunan

Latihan Soal Matematika Kelas 7 Smp Materi Pengertian


0 Response to "Soal Himpunan Kelas 7 Doc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel