Aku Berpikir Maka Aku Ada



Ibelievethereforeiamright Instagram Posts Photos And Videos

Cogito ergo sum

Artikel ini adalah bagian dari seri tentang
René Descartes
Kartesianisme · Rasionalisme Foundationalism Doubt and certainty Dream argument Cogito ergo sum Trademark argument Causal adequacy principle Mind–body dichotomy Geometri analitis Sistem koordinat Cartesian circle · Folium Rule of signs · Cartesian diver Balloonist theory Wax argument Res cogitans · Res extensa
Karya-karya
The World Discourse on the Method La Géométrie Meditations on First Philosophy Principles of Philosophy Passions of the Soul
Tokoh
Christina, Queen of Sweden Baruch Spinoza Gottfried Wilhelm Leibniz Francine Descartes

Cogito ergo sum adalah sebuah ungkapan yang diutarakan oleh Descartes, sang filsuf ternama dari Prancis. Artinya adalah: "aku berpikir maka aku ada". Maksudnya kalimat ini membuktikan bahwa satu-satunya hal yang pasti di dunia ini adalah keberadaan seseorang sendiri. Keberadaan ini bisa dibuktikan dengan fakta bahwa ia bisa berpikir sendiri.

Jika dijelaskan, kalimat "cogito ergo sum" berarti sebagai berikut. Descartes ingin mencari kebenaran dengan pertama-tama meragukan semua hal. Ia meragukan keberadaan benda-benda di sekelilingnya. Ia bahkan meragukan keberadaan dirinya sendiri.

Descartes berpikir bahwa dengan cara meragukan semua hal termasuk dirinya sendiri tersebut, dia telah membersihkan dirinya dari segala prasangka yang mungkin menuntunnya ke jalan yang salah. Ia takut bahwa mungkin saja berpikir sebenarnya tidak membawanya menuju kebenaran. Mungkin saja bahwa pikiran manusia pada hakikatnya tidak membawa manusia kepada kebenaran, tetapi sebaliknya membawanya kepada kesalahan. Artinya, ada semacam kekuatan tertentu yang lebih besar dari dirinya yang mengontrol pikirannya dan selalu mengarahkan pikirannya ke jalan yang salah.

Sampai di sini, Descartes tiba-tiba sadar bahwa bagaimanapun pikiran mengarahkan dirinya kepada kesalahan, tetapi ia tetaplah berpikir. Inilah satu-satunya yang jelas. Inilah satu-satunya yang tidak mungkin salah. Maksudnya, tak mungkin kekuatan tadi membuat kalimat "ketika berpikir, sayalah yang berpikir" salah. Dengan demikian, Descartes sampai pada kesimpulan bahwa ketika ia berpikir, maka ia ada. Atau dalam bahasa Latin: COGITO ERGO SUM, aku berpikir maka aku ada.

Lihat pula

Gallery Aku Berpikir Maka Aku Ada

Aku Takjub Maka Aku Ada Sesawi Net

Mahasiswa Ideal

Doc Rahmad M Arsyad Dr Rahmad M Arsyad Arsyad Academia Edu

Satu Layar Upi Bekerjasama Dengan Mulih Films Produksi Film

Raymundus A Setiawan Raymundus Setiasatu Instagram Profile

Berpikir Jaringan Karena Terkoneksi Maka Aku Ada

The Widyatmiko Aku Berpikir Maka Aku Ada

Apakah Makna Yang Tersirat Dari Ungkapan Aku Berpikir Maka Aku Ada Kh Buya Syakur

Sahrulromadhona Blogspot Com Aku Berpikir Maka Aku Ada

Koordinat Kartesius By Markus

Seorang Pembelajaran Cogito Ergo Sum

Materials For A Rejang Indonesian English Dictionary

Hisbah Net Menyeru Kepada Kebaikan

Dalam Perapian Descartes Aku Berpikir Maka Aku Ada

Ni Kadek Sentini Dek Sentini Instagram Profile Picdeer

The Widyatmiko Page 3 Aku Berpikir Maka Aku Ada

A Cup Of Tea For Peace

Berkarya Pictures Videos Similar To Pemuda Videokeren

Mahasiswaebisiainmadura Instagram Posts Photos And Videos

Literaksi Edisi 2 April 2016 By Kabinet Km Itb Issuu

Aku Berpikir Maka Aku Ada Sebuah Aliran Rasa Dari Game

Berpikir Kritis Berpikir Kritis Dalam Auditing Cogito Ergo

Cogito Ergo Sum Warta Kota

Bebeksaurus Com

Pdf Perilaku Konsumsi Masyarakat Modern Perspektif Islam

Grit The Power Of Passion And Perseverance Young Readers


0 Response to "Aku Berpikir Maka Aku Ada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel