Rumus Glb Dan Glbb



Glb Glbb

Perbedaan Konsep, Rumus dan Grafik pada GLB dan GLBB

Di dalam fisika, terdapat bermacam-macam jenis gerak, salah satunya adalah gerak lurus. Nah gerak lurus ini dibagi lagi menjadi dua yaitu gerak lurus beraturan atau GLB dan gerak lurus berubah beraturan atau GLBB. Sebenarnya kedua jenis gerak lurus tersebut sudah pernah dibahas sebelumnya, oleh karena itu dalam artikel ini hanya akan dibahas poin-poin penting yang membedakan GLB dengan GLBB.

1. Perbedaan Konsep GLB dengan GLBB

Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap dalam selang waktu yang sama. Konsep gerak lurus beraturan diilustrasikan dengan gambar berikut ini.

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang selalu berubah secara beraturan. Konsep atau teori tentang gerak lurus berubah beraturan diilustrasikan dengan gambar berikut ini.

Jadi pada intinya perbedaan yang signifikan dari GLB dan GLBB adalah kecepatannya. Pada GLB kecepatan tetap berarti percepatan nol, sedangkan pada GLBB kecepatan berubah berarti percepatannya tidak nol, karena percepatan inilah yang menyebabkan perubahan kecepatan.

Besaran

GLB

GLBB

Kecepatan

v = tetap/konstan

v = berubah

Percepatan

a = 0

a = tetap/konstan

Dari tabel perbedaan kecepatan dan percepatan di atas, nilai v dan a pada GLB dan GLBB berbeda sehingga rumus besaran fisika seperti jarak dan kecepatan pada masing-masing jenis gerak juga berbeda. Rumus-rumus dalam GLB dan GLBB adalah sebagai berikut.

Rumus

GLB

GLBB

Jarak

st = s0 + vt

st = s0 + v0t + ½ at2 

Kecepatan

vt

=

s

vt = v0 + at 

t

vt2 = v02 + 2as

Keterangan:

s0

=

jarak awal ketika t = 0 (m)

st

=

jarak pada saat t detik (m)

v0

=

kecepatan awal (m/s)

vt

=

kecepatan pada saat t detik (m/s)

a

=

percepatan (m/s2)

t

=

waktu (s)

Grafik GLB dan GLBB ada tiga macam, yaitu grafik s-t, grafik v-t dan grafik a-t. Sudah dijelaskan di awal tadi bahwa yang membedakan GLB dengan GLBB adalah besar kecepatan benda sehingga bentuk grafik gerak juga berbeda. Khusus dalam grafik GLBB terdapat dua jenis gerak yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat.

Kita tahu bahwa rumus kecepatan adalah jarak dibagi waktu (s/t). Dari gambar grafik s-t di atas, bentuk kurva GLB adalah garis lurus dimana seiring bertambahnya waktu, jarak yang ditempuh juga akan bertambah secara teratur. Hal ini mengandung makna bahwa kecepatan benda selalu konstan atau stabil setiap saat.

Sedangkan bentuk kurva GLBB adalah garis lengkung (parabola). Untuk gerak lurus berubah beraturan dipercepat kurva berbentuk parabola terbuka ke atas, ini menunjukkan bahwa seiring bertambahnya waktu, jarak yang ditempuh benda akan semakin bertambah besar sehingga benda mengalami percepatan.

Untuk gerak lurus berubah beratuan diperlambat, kurva berbentuk parabola terbuka ke bawah. Hal ini mengindikasikan bahwa seiring bertambahnya waktu,  jarak yang dapat ditempuh benda akan semakin menurun disebabkan benda mengalamiperlambatan.

Perhatikan gambar grafik v-t di atas. Pada GLB bentuk kurva lurus horizontal sehingga nilai kecepatan benda akan selalu sama setiap saat. Untuk GLBB dipercepat bentuk kurva linear ke atas yang mengindikasikan bahwa seiring bertambahnya waktu, kecepatan bertambah besar secara teratur. Pertambahan kecepatan ini karena ada percepatan. Sedangkan pada GLBB diperlambat, bentuk kurva linear ke bawah. Hal ini mengandung arti bahwa seiring pertambahan waktu besar kecepatan benda semakin berkurang secara teratur. Pengurangan kecepatan ini karena pengaruh perlambatan.

Percepatan merupakan besaran vektor sehingga selain memiliki nilai, percepatan juga memiliki arah. Pada GLB, besar percepatannya adalah nol sehingga bentuk kurvanya adalah lurus horizontal dan berhimpit dengan sumbu waktu (positif) yang menunjukkan bahwa nilai percepatan pada GLB selalu nol.

Untuk GLBB dipercepat, kurva berbentuk lurus horizontal dan berada pada sumbu percepatan (positif) hal ini menunjukkan bahwa pada GLBB dipercepat benda mengalami percepatan yang berharga positif (+a) sedangkan pada GLBB diperlambat, kurvanya terletak pada sumbu percepatan (negatif) yang berarti bahwa pada GLBB dipercepat benda mengalami percepatan yang berharga negatif (-a) yang disebut sebagai perlambatan.

Demikianlah artikel tentang perbedaan konsep, rumus dan grafik antara gerak lurus beraturan (GLB) dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Gallery Rumus Glb Dan Glbb

1 B 11170163000059 Laporan Akhir Pa Pesawat Atwood

Rumus Glbb Gerak Lurus Berubah Beraturan Contoh Soal

Rumus Rumus Fisika Lengkap Gerak Wikibuku Bahasa Indonesia

Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan Glbb Dan Contohnya

Gerak Lurus Berubah Beraturan Definisi Ciri Jenis Rumus

Gerak Lurus Berubah Beraturan Glbb Fisika Kelas 10

Fisika Kelas 10 Apa Perbedaan Glb Dan Glbb

Kelompok 1 Gerak

Pengertian Rumus Dan Contoh Soal Gerak Lurus Berubah

Pengertian Gerak Parabola Jenis Ciri Rumus Contoh Soal

Kumpulan Materi Pelajaran Dan Contoh Soal 6 Rumus Gerak

Physsbrain Kinematika Bagian 1 Glb Dan Glbb Fantastic

Rumus Rumus Penting Fisika By Santo Edi

Perbedaan Konsep Rumus Dan Grafik Pada Glb Dan Glbb Fisikabc

Rumus Fisika Sma For Android Apk Download

Rumus Glbb

Rumus Kinematika Glb Dan Glbb Dan Penurunannya

Fisika Kelas 10 Apa Perbedaan Glb Dan Glbb

Tolong Jawab Yah Sebutkan Rumus Rumus Glb Dan Glbb Yang

Pengertian Kecepatan Fisikan Glb Dan Glbb

Perbedaan Glb Dan Glbb Pada Gerak Parabola

Posts Tagged As Glbb Picpanzee

Glb Dan Glbb Fisika Review

Persamaan Posisi Kecepatan Percepatan Pembuktian Rumus


0 Response to "Rumus Glb Dan Glbb"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel