Laporan Supervisi Kepala Sekolah Doc



Format Laporan Supervisi Dan Pemantauan Doc

Slamet Riyadi: Contoh Laporan Supervisi

LAPORAN

SUPERVISI AKADEMIK

SD INPRES KUIPONS

SEPTEMBER - OKTOBER 2012

Di Susun

Oleh

KEPALA SD INPRES KUIPONS

SLAMET RIYADI, S.Pd

NIP. 197409071996061002

PEMERINTAH KABUPATEN JAYAPURA

DINAS PENDIDIKAN

PROVINSI PAPUA

2012

I.     Pendahuluan

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran menuju standar proses perlu dilakukan upaya yang sistematis dan berkelanjutan, diantaranya melalui program supervisi akademik terhadap guru mata pelajaran dan guru pembimbing. Supervisi akademik mencakup kurikulum, kegiatan belajar mengajar, dan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Tujuan utama supervisi akademik adalah perbaikan proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran..

Sasaran utama supervisi akademik adalah kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, memanfaatkan hasil penilaian untuk peningkatan layanan pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memanfaatkan sumber belajar yang tersedia, dan mengembangkan interaksi pembelajaran (strategi, metode, teknik) yang tepat. Supervisi akademik didukung oleh instrumen-instrumen yang sesuai.

Supervisi akademik melalui pendekatan klinis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, siswa akan terlayani secara baik untuk meningkatkan kemampuan sesuai potensinya, serta meningkatkan prestasi dan prosentase lulusan dari satuan pendidikan.

II.    Dasar Hukum

a.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi

b.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah

c.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan

d.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses

e.    Program Kerja SD INPRES KUIPONS Tahun 2012/2013

III.   Tujuan supervisi

a.    Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

b.    Meningkatkan manajemen dan administrasi guru kelas maupun guru mata pelajaran.

c.    Meningkatkan layanan profesionalisme guru kepada peserta didik

d.    Mengevaluasi kinerja guru dalam rangka pembinaan guru.

IV.  Teknik supervisi

Supervisi dilakukan secara individual dan kelompok. Supervisi individual dilakukan terhadap guru sasaran melalui observasi kelas, supervisi kelompok dilakukan melalui pertemuan secara periodik sebelum dan setelah dilakukan supervisi individual terhadap pembinaan yang sifatnya umum

V.   Sasaran obyek kegiatan dan subyek

Sasaran obyek supervisi adalah kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada student center, kontekstual, dan PAKEM . Subyek  supervisi adalah semua guru kelas dan guru mata pelajaran.

VI.  Waktu pelaksanaan dan supervisor

Waktu pelaksanaan supervisi pada semester ganjil dilakukan pada bulan September sampai  Oktober, sedangkan pada semester genap dilakukan pada bulan Maret sampai April. Petugas supervisi (supervisor) dilakukan oleh kepala sekolah bekerjasama dengan pengawas pembina dan guru senior yang sesuai dengan mata pelajaran yang di supervisi.

VII. Lampiran-Lampiran

a.   Jadwal Supervisi

b.   Instrumen Hasil Penilaian supervisi

c.   Form Rekapitulasi hasil supervise

d.   Foto Kegiatan Supervisi Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran

LAMPIRAN 1

JADWAL SUPERVISI AKADEMIK

SD INPRES KUIPONS NIMBOKRANG

SEMESTER I (SATU)

TAHUN PELAJARAN 2012./ 2013

No

Nama Guru

Hari, Tanggal

Jam Pelaj ke

Mapel

Kelas Sasaran

Nama Supervisor

Ket

1.

Lemina Dodop,S.Pd

02 Okt 2012

5-6

SBK

III

Slamet Riyadi

2

M. Daka, S.Pd

24 Sept 2012

1-2

PKN

II

Slamet Riyadi

3

Ariance Hawase

18 Sept 2012

3-4

Pend. Ag Kristen

VI

Slamet Riyadi

4

Toijah, S.Pd

25 Sept 2012

4-5

Bhs Indo

V

Slamet Riyadi

5

Mugiyanto, S.Pd

27 Sept 2012

1-2

IPS

III

Slamet Riyadi

6

Martince Giay,S.Pd

01 Okt 2012

4-5

IPS

I

Slamet Riyadi

7

Sujono, S.Pd

24 Sept 2012

1-2

MAT

IV

Slamet Riyadi

8

Samsudin, A.Ma.Pd

17  Sept 2012

1-2

IPA

VI

Slamet Riyadi

9

Surianti, S.Pd

02 Okt 2012

5-6

IPA

II

Slamet Riyadi

10

Dwi Yuli Astuti,S.Pd

25 Sept 2012

5-6

SBK

V

Slamet Riyadi

11

Husni Ohee

27 Sept 2012

1-2

Penjas

IV

Slamet Riyadi

Nimbokrang, 02 Oktober 2012

                                                                                          Kepala Sekolah,

     (SLAMET RIYADI, S.Pd)

  Nip. 19740907199606 1 002

PENILAIAN PERSIAPAN PEMBELAJARAN DAN

PENGAMATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

IDENTITAS GURU

1. Nama guru                 : …………………………………………………………

2. Mata pelajaran            : …………………………………………………………

3. Topik / Tema               : …………………………………………………………

4. Kelas/Semester          : …………………………………………………………

5. Hari/tanggal                 : …………………………………………………………

6. Waktu                          : …………………………………………………………

NO

ASPEK KEGIATAN / KONDISI 

SKOR

KETERANGAN

I.     PERSIAPAN

0

1

2

3

4

1

Standar kompetensi / Kompetensi Dasar / Silabus

2

Program Tahunan / Program Semester

3

Pemetaan Standar Kompetensi, Topic / Tema

4

Desain Pembelajaran / Rencana Pelajaran , SKM / SKH

5

L K S

6

Daftar Nilai

7

Daftar Hadir Siswa / Absensi

8

Jurnal Kelas / Guru

II.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A.

PENDAHULUAN

1

Apersepsi / Prasarat pengetahuan

2

Menuliskan / menyampaikan tujuan / Indikator

3

Motivasi

4

Pra eksperimen *

5

Membahas tugas ( PR ) sebelumnya

B.

KEGIATAN POKOK / KEGIATAN INTI

1

Penggunaan metode / pendekatan sesuai dengan materi

2

Penggunaan alat peraga / alat bantu

3

Penggunaan LKS

4

Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar

5

Bimbingan guru kepada siswa

6

Pengembangan ketrampilan siswa : Menggunakan alat, pemecahan masalah, pemanfaatan lingkungan, pengungkapan, presentasi 

7

Menghubungkan materi dengan budi pekerti, kehidupan sehari-hari, tehnologi dan lingkungan 

8

Pencapaian tujuan / indikator

9

Penilaian

C.

PENUTUP

1

Membuat kesimpulan / Rangkuman / Pengembangan

2

Memberikan tugas rumah  ( PR )

III.  PENGELOLAAN PEMBELAJARAN 

1

Penyajian sesuai dengan urutan materi

2

Pengelolaan waktu

3

Tehnik bertanya

4

Pengelolaan kelas

5

Penguasaan Materi

6

Penggunaan Papan Tulis

7

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

8

Penampilan / Performance Guru

Jumlah skor

Keterangan Penilaian :

4

=

ada, sesuai, lengkap, teratur

4,00

3

ada, sesuai, lengkap, kurang teratur

3,00

2

=

ada, sesuai, tidak lengkap, tidak teratur

2,00

1

=

ada, tidak sesuai, tidak lengkap,tidak teratur

1,00

0

=

tidak ada

0

* Tidak dinilai

Skor Maksimal : 4  x 31    = 124

                                Jumlah SkorPerolehan

Nilai        =                                                                 x 100

                                Jumlah skor maksimal

Klasifikasi nilai :

3,10

-

4,00

=

Amat Baik 

A

2,10

-

3,00

=

Baik

B

1,10

-

2,00

=

Cukup

C

0,10

-

1,00

=

Kurang

D

Kesimpulan    :  .................................................................................................................................................................................

.................................................................................................................................................................................

……………………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………………

Saran – Saran : ...................................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................................

……………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………..

               Nimbokrang, ………………..  2013

KEPALA SEKOLAH,                                                         GURU MATA PELAJARAN,           

                                …………………………...                                                  ……………………………….

                                Nip.   -                                                                                    NIP. -

LAMPIRAN: 2

REKAPITULASI HASIL SUPERVISI AKADEMIK

SD INPRES KUIPONS

SEMESTER 1 (SATU)

TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

No

Nama Guru

Mapel

Kelas

Hasil skor

Catatan Khusus

Tindak lanjut

Realisasi Tindak lanjut

Kualita

Kuanti

1.

L. DODOP

SBK

III

Amat baik

96%

Dipertahankan agar lebih sempurna

Perlu tingkatkan

Amat baik

2

M. DAKA

PKn

II

Amat baik

98%

Dipertahankan agar lebih sempurna

Perlu tingkatkan

Amat baik

Perlu di pertahankan

3

A.HAWASE

PGAK

IV

Baik

90%

Ditingkatkn KBM nya dan dilengkapi kekurangnnya

Akan di supervise kembali

Setelah di supervisi kembali hasilnya lbh sempurna

4

M. GIAY

IPS

I

Amat Baik

93%

Ditingkatkan lagi prestasinya

Perlu tingkatkan

Amat baik

Perlu di pertahankan

5

TOIJAH

B. Indo

V

Amat Baik

98%

Dipertahankan agar lebih sempurna

Perlu tingkatkan

Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna

6

MUGIYANTO

IPS

III

Amat Baik

98%

Dipertahankan agar lebih sempurna

Perlu tingkatkan

Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna

7

SUJONO

MTK

IV

Amat Baik

98%

Dipertahankan agar lebih sempurna

Perlu tingkatkan

Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna

8

SAMSUDIN

IPA

III

Amat Baik

97%

Coba gunakan percobaan eksperimen

Perlu tingkatkan

Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna

9

SURIANTI

IPA

II

Amat Baik

95%

Perlu ditingkatkan lagi dan dilengkapi yg lainnya

Akan di supervise kembali

Setelah di supervisi kembali hasilnya lbh sempurna

10

D.Y. ASTUTI

Pend Ag. Islam

V

Sgt Baik

95%

Perlu tingkatkan lagi

Perlu tingkatkan

Agar lebih sempurna lagi

11

HUSNI OHE

Penjas

IV

Baik

96%

Pertahankan prestasinya dan kekurangan nya dilengkapi

Akan di supervise kembali

Setelah di supervisi kembali hasilnya sempurna

Nimbokrang, 03 Oktober 2012

                                                                                          Kepala Seolah,

     (SLAMET RIYADI, S.Pd)

   Nip. 197409071996061002

LAMPIRAN:4

Gallery Laporan Supervisi Kepala Sekolah Doc

Contoh Laporan Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Tahun

Panduan Pendampingan Sekolah Imbas

Laporan Supervisi Akademik

Download Laporan Pembimbingan Guru Dan Kepala Sekolah Edisi

Format Laporan Supervisi Dan Pemantauan Doc

Laporan Ojl Docx Document

Kepala Sekolah Harus Memiliki 5 Kompetensi Ini Halaman All

Format Laporan Supervisi Dan Pemantauan Doc

C Penyusunan Perencanaan D Penyusunan Perencanaan

Asistensi Penyusunan Laporan Supervisi Mutu Pendidikan

Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019

Laporan Program Supervisi Kepala Sekolah Terbaru Pokswx

Laporan Pemantauan Supervisi Evaluasi Proses Pembelajaran

Pengelolaan Supervisi Kunjungan Kelas Di Sd Negeri 1 Pengkol

Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Rangka

Contoh Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kumpulan

Program Supervisi Kepala Sekolah

Supervisi Akademik Kepala Sekolah Jenjang Sd 1

Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Modul Kepala Sekolah Jenjang Tk Pdf Free Download

Contoh Format Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah

Contoh Instrumen Wawancara Ojl Dengan Kepala Sekolah Dan Guru

Supervisi Akademik I Pdf Free Download


0 Response to "Laporan Supervisi Kepala Sekolah Doc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel