Laporan Supervisi Kepala Sekolah Doc
Format Laporan Supervisi Dan Pemantauan Doc
Slamet Riyadi: Contoh Laporan Supervisi
LAPORAN
SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS
SEPTEMBER - OKTOBER 2012
Di Susun
Oleh
KEPALA SD INPRES KUIPONS
SLAMET RIYADI, S.Pd
NIP. 197409071996061002
PEMERINTAH KABUPATEN JAYAPURA
DINAS PENDIDIKAN
PROVINSI PAPUA
2012
I. Pendahuluan
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran menuju standar proses perlu dilakukan upaya yang sistematis dan berkelanjutan, diantaranya melalui program supervisi akademik terhadap guru mata pelajaran dan guru pembimbing. Supervisi akademik mencakup kurikulum, kegiatan belajar mengajar, dan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Tujuan utama supervisi akademik adalah perbaikan proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran..
Sasaran utama supervisi akademik adalah kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, memanfaatkan hasil penilaian untuk peningkatan layanan pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memanfaatkan sumber belajar yang tersedia, dan mengembangkan interaksi pembelajaran (strategi, metode, teknik) yang tepat. Supervisi akademik didukung oleh instrumen-instrumen yang sesuai.
Supervisi akademik melalui pendekatan klinis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, siswa akan terlayani secara baik untuk meningkatkan kemampuan sesuai potensinya, serta meningkatkan prestasi dan prosentase lulusan dari satuan pendidikan.
II. Dasar Hukum
a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah
c. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan
d. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses
e. Program Kerja SD INPRES KUIPONS Tahun 2012/2013
III. Tujuan supervisi
a. Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran di kelas.
b. Meningkatkan manajemen dan administrasi guru kelas maupun guru mata pelajaran.
c. Meningkatkan layanan profesionalisme guru kepada peserta didik
d. Mengevaluasi kinerja guru dalam rangka pembinaan guru.
IV. Teknik supervisi
Supervisi dilakukan secara individual dan kelompok. Supervisi individual dilakukan terhadap guru sasaran melalui observasi kelas, supervisi kelompok dilakukan melalui pertemuan secara periodik sebelum dan setelah dilakukan supervisi individual terhadap pembinaan yang sifatnya umum
V. Sasaran obyek kegiatan dan subyek
Sasaran obyek supervisi adalah kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada student center, kontekstual, dan PAKEM . Subyek supervisi adalah semua guru kelas dan guru mata pelajaran.
VI. Waktu pelaksanaan dan supervisor
Waktu pelaksanaan supervisi pada semester ganjil dilakukan pada bulan September sampai Oktober, sedangkan pada semester genap dilakukan pada bulan Maret sampai April. Petugas supervisi (supervisor) dilakukan oleh kepala sekolah bekerjasama dengan pengawas pembina dan guru senior yang sesuai dengan mata pelajaran yang di supervisi.
VII. Lampiran-Lampiran
a. Jadwal Supervisi
b. Instrumen Hasil Penilaian supervisi
c. Form Rekapitulasi hasil supervise
d. Foto Kegiatan Supervisi Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran
LAMPIRAN 1
JADWAL SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS NIMBOKRANG
SEMESTER I (SATU)
TAHUN PELAJARAN 2012./ 2013
No | Nama Guru | Hari, Tanggal | Jam Pelaj ke | Mapel | Kelas Sasaran | Nama Supervisor | Ket |
1. | Lemina Dodop,S.Pd | 02 Okt 2012 | 5-6 | SBK | III | Slamet Riyadi | |
2 | M. Daka, S.Pd | 24 Sept 2012 | 1-2 | PKN | II | Slamet Riyadi | |
3 | Ariance Hawase | 18 Sept 2012 | 3-4 | Pend. Ag Kristen | VI | Slamet Riyadi | |
4 | Toijah, S.Pd | 25 Sept 2012 | 4-5 | Bhs Indo | V | Slamet Riyadi | |
5 | Mugiyanto, S.Pd | 27 Sept 2012 | 1-2 | IPS | III | Slamet Riyadi | |
6 | Martince Giay,S.Pd | 01 Okt 2012 | 4-5 | IPS | I | Slamet Riyadi | |
7 | Sujono, S.Pd | 24 Sept 2012 | 1-2 | MAT | IV | Slamet Riyadi | |
8 | Samsudin, A.Ma.Pd | 17 Sept 2012 | 1-2 | IPA | VI | Slamet Riyadi | |
9 | Surianti, S.Pd | 02 Okt 2012 | 5-6 | IPA | II | Slamet Riyadi | |
10 | Dwi Yuli Astuti,S.Pd | 25 Sept 2012 | 5-6 | SBK | V | Slamet Riyadi | |
11 | Husni Ohee | 27 Sept 2012 | 1-2 | Penjas | IV | Slamet Riyadi |
Nimbokrang, 02 Oktober 2012
Kepala Sekolah,
(SLAMET RIYADI, S.Pd)
Nip. 19740907199606 1 002
PENILAIAN PERSIAPAN PEMBELAJARAN DAN
PENGAMATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
IDENTITAS GURU
1. Nama guru : …………………………………………………………
2. Mata pelajaran : …………………………………………………………
3. Topik / Tema : …………………………………………………………
4. Kelas/Semester : …………………………………………………………
5. Hari/tanggal : …………………………………………………………
6. Waktu : …………………………………………………………
NO | ASPEK KEGIATAN / KONDISI | SKOR | KETERANGAN | ||||
I. PERSIAPAN | 0 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Standar kompetensi / Kompetensi Dasar / Silabus | ||||||
2 | Program Tahunan / Program Semester | ||||||
3 | Pemetaan Standar Kompetensi, Topic / Tema | ||||||
4 | Desain Pembelajaran / Rencana Pelajaran , SKM / SKH | ||||||
5 | L K S | ||||||
6 | Daftar Nilai | ||||||
7 | Daftar Hadir Siswa / Absensi | ||||||
8 | Jurnal Kelas / Guru | ||||||
II. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR | |||||||
A. | PENDAHULUAN | ||||||
1 | Apersepsi / Prasarat pengetahuan | ||||||
2 | Menuliskan / menyampaikan tujuan / Indikator | ||||||
3 | Motivasi | ||||||
4 | Pra eksperimen * | ||||||
5 | Membahas tugas ( PR ) sebelumnya | ||||||
B. | KEGIATAN POKOK / KEGIATAN INTI | ||||||
1 | Penggunaan metode / pendekatan sesuai dengan materi | ||||||
2 | Penggunaan alat peraga / alat bantu | ||||||
3 | Penggunaan LKS | ||||||
4 | Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar | ||||||
5 | Bimbingan guru kepada siswa | ||||||
6 | Pengembangan ketrampilan siswa : Menggunakan alat, pemecahan masalah, pemanfaatan lingkungan, pengungkapan, presentasi | ||||||
7 | Menghubungkan materi dengan budi pekerti, kehidupan sehari-hari, tehnologi dan lingkungan | ||||||
8 | Pencapaian tujuan / indikator | ||||||
9 | Penilaian | ||||||
C. | PENUTUP | ||||||
1 | Membuat kesimpulan / Rangkuman / Pengembangan | ||||||
2 | Memberikan tugas rumah ( PR ) | ||||||
III. PENGELOLAAN PEMBELAJARAN | |||||||
1 | Penyajian sesuai dengan urutan materi | ||||||
2 | Pengelolaan waktu | ||||||
3 | Tehnik bertanya | ||||||
4 | Pengelolaan kelas | ||||||
5 | Penguasaan Materi | ||||||
6 | Penggunaan Papan Tulis | ||||||
7 | Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar | ||||||
8 | Penampilan / Performance Guru | ||||||
Jumlah skor | |||||||
Keterangan Penilaian :
4 | = | ada, sesuai, lengkap, teratur | 4,00 |
3 | ada, sesuai, lengkap, kurang teratur | 3,00 | |
2 | = | ada, sesuai, tidak lengkap, tidak teratur | 2,00 |
1 | = | ada, tidak sesuai, tidak lengkap,tidak teratur | 1,00 |
0 | = | tidak ada | 0 |
* Tidak dinilai
Skor Maksimal : 4 x 31 = 124
Jumlah SkorPerolehan
Nilai = x 100
Jumlah skor maksimal
Klasifikasi nilai : | ||||||
3,10 | - | 4,00 | = | Amat Baik | A | |
2,10 | - | 3,00 | = | Baik | B | |
1,10 | - | 2,00 | = | Cukup | C | |
0,10 | - | 1,00 | = | Kurang | D | |
Kesimpulan : .................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
Saran – Saran : ...................................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………..
Nimbokrang, ……………….. 2013
KEPALA SEKOLAH, GURU MATA PELAJARAN,
…………………………... ……………………………….
Nip. - NIP. -
LAMPIRAN: 2
REKAPITULASI HASIL SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS
SEMESTER 1 (SATU)
TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013
No | Nama Guru | Mapel | Kelas | Hasil skor | Catatan Khusus | Tindak lanjut | Realisasi Tindak lanjut | |
Kualita | Kuanti | |||||||
1. | L. DODOP | SBK | III | Amat baik | 96% | Dipertahankan agar lebih sempurna | Perlu tingkatkan | Amat baik |
2 | M. DAKA | PKn | II | Amat baik | 98% | Dipertahankan agar lebih sempurna | Perlu tingkatkan | Amat baik Perlu di pertahankan |
3 | A.HAWASE | PGAK | IV | Baik | 90% | Ditingkatkn KBM nya dan dilengkapi kekurangnnya | Akan di supervise kembali | Setelah di supervisi kembali hasilnya lbh sempurna |
4 | M. GIAY | IPS | I | Amat Baik | 93% | Ditingkatkan lagi prestasinya | Perlu tingkatkan | Amat baik Perlu di pertahankan |
5 | TOIJAH | B. Indo | V | Amat Baik | 98% | Dipertahankan agar lebih sempurna | Perlu tingkatkan | Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna |
6 | MUGIYANTO | IPS | III | Amat Baik | 98% | Dipertahankan agar lebih sempurna | Perlu tingkatkan | Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna |
7 | SUJONO | MTK | IV | Amat Baik | 98% | Dipertahankan agar lebih sempurna | Perlu tingkatkan | Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna |
8 | SAMSUDIN | IPA | III | Amat Baik | 97% | Coba gunakan percobaan eksperimen | Perlu tingkatkan | Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna |
9 | SURIANTI | IPA | II | Amat Baik | 95% | Perlu ditingkatkan lagi dan dilengkapi yg lainnya | Akan di supervise kembali | Setelah di supervisi kembali hasilnya lbh sempurna |
10 | D.Y. ASTUTI | Pend Ag. Islam | V | Sgt Baik | 95% | Perlu tingkatkan lagi | Perlu tingkatkan | Agar lebih sempurna lagi |
11 | HUSNI OHE | Penjas | IV | Baik | 96% | Pertahankan prestasinya dan kekurangan nya dilengkapi | Akan di supervise kembali | Setelah di supervisi kembali hasilnya sempurna |
Nimbokrang, 03 Oktober 2012
Kepala Seolah,
(SLAMET RIYADI, S.Pd)
Nip. 197409071996061002
LAMPIRAN:4
Gallery Laporan Supervisi Kepala Sekolah Doc
Contoh Laporan Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Tahun
Panduan Pendampingan Sekolah Imbas
Download Laporan Pembimbingan Guru Dan Kepala Sekolah Edisi
Format Laporan Supervisi Dan Pemantauan Doc
Kepala Sekolah Harus Memiliki 5 Kompetensi Ini Halaman All
Format Laporan Supervisi Dan Pemantauan Doc
C Penyusunan Perencanaan D Penyusunan Perencanaan
Asistensi Penyusunan Laporan Supervisi Mutu Pendidikan
Pedoman Lomba Makalah Best Praktice Kepala Sekolah 2019
Laporan Program Supervisi Kepala Sekolah Terbaru Pokswx
Laporan Pemantauan Supervisi Evaluasi Proses Pembelajaran
Pengelolaan Supervisi Kunjungan Kelas Di Sd Negeri 1 Pengkol
Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Rangka
Contoh Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kumpulan
Program Supervisi Kepala Sekolah
Supervisi Akademik Kepala Sekolah Jenjang Sd 1
Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru
Modul Kepala Sekolah Jenjang Tk Pdf Free Download
Contoh Format Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah
Contoh Instrumen Wawancara Ojl Dengan Kepala Sekolah Dan Guru
Supervisi Akademik I Pdf Free Download
0 Response to "Laporan Supervisi Kepala Sekolah Doc"
Post a Comment