Surat Pernyataan Pengunduran Diri



6 Contoh Surat Resign Alasan Manfaat Dan Format Yang Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Contoh Surat Resign yang baik dan benar. Setelah sebelumnya saya membahas tentang contoh surat lamaran kerja, kali ini saya akan membahas contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Mengundurkan diri adalah sesuatu yang wajar dilakukan oleh siapaun yang berada dalam sebuah tanggung jawab perusahaan, organisasi atau instansi lainnya. Karena setiap orang bebas menentukan jalan hidupnya masing-masing dan bertanggung jawab atas sesuatu yang menjadi pilihannya.

Berbagai alasan pengunduran dirinya pun bermacam-macam, ada yang karena tidak betah, karena ada tawaran yang lebih menarik atau merasa sudah tidak sejalan dan tidak sepemikiran dengan jalan hidup yang dijalaninya.

Namun yang jelas, mereka orang-orang yang mengundurkan diri itu adalah orang-orang yang menginginkan keadaannya menjadi lebih baik. Kecuali orang-orang yang mengundurkan diri untuk sebuah pelarian, mereka adalah orang yang lari dari tanggung jawab.

Di bawah akan saya berikan beberapa contoh surat pengunduran diri, mulai dari contoh surat pengunduran diri kerja, contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, contoh surat pengunduran diri dari organisasi, contoh surat pengunduran diri mahasiswa, dll.

BACA: Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Kepada Yth Kepala Bagian Personalia / HRD PT. Makmur Jaya

Jl. Makmur Jaya No. 5 Semarang

Dengan Hormat

Dengan datangnya surat ini saya atas nama Anifan Muallif menyatakan untuk mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya sebagai karyawan. Pengunduran diri ini terhitung mulai tanggal 20 Juli 2017.

Terimakasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan oleh PT. Makmur Jaya kepada saya. Sehingga saya banyak belajar dari pengalaman berharga dan hal-hal yang saya kerjakan selama bekerja di PT. Makmur Jaya.

Permohonan maaf juga tak lupa saya sampaikan kepada seluruh jajaran manajemen PT. Makmur Jaya serta seluruh karyawan PT. Makmur Jaya. Yang mungkin selama bekerja saya banyak melakukan kesalahan, baik yang disengaja atau tidak disengaja.

Dan semoga PT. Makmur jaya semakin maju, makmur dan bertambah jaya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Anifan Muallif

Jika kamu ingin mengundurkan diri dari kerja, kamu bisa menyalin contoh surat pengunduran diri di atas. Jika jenis pekerjaanmu berbeda, yang kamu perlu lakukan adalah cukup menyalin dan mengganti datanya sesuai dengan datamu.

Semarang, 21 Juni 2017

Hal: Pengunduran Diri

Kepada Yth Kepala Bagian Personalia / HRD PT. Makmur Jaya

Jl. Makmur Jaya No. 5 Semarang

Dengan Hormat

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Anifan Muallif
Bagian : Supervisor
Kode Wiraniaga : 51351
Alamat : Ds. Pidodowetan, Kec. Patebon, Kab. Kendal

Dengan ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya. Saya mengajukan pengunduran diri ini karena adanya usaha mandiri yang sedang saya kerjakan. Oleh sebab itu, demi fokusnya dan kemajuan usaha yang saya kerjakan saya perlu mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya.

Demikianlah surat pengunduran diri yang saya ajukan. Atas dukungan dan segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya

Anifan Muallif

Contoh surat resign di atas terkesan lebih simpel dari yang pertama di atas. Kamu dapat menyalin dan menulisnya ulang sebagai surat pengunduran yang akan kamu ajukan. Kamu cukup merubah data diri, tanggal dan instansi tempatmu bekerja.

BACA: Contoh Kata Pengantar

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Semarang, 21 Juni 2017

Hal: Pengunduran Diri

Kepada Yth Kepala Bagian Personalia PT. Berkah Makmur

Jl. Sejahtera no. 6 Semarang

Dengan Hormat

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya bermaksud ingin mengundurkan diri dari PT. Berkah Makmur sebagai Manajer Marketing, Atas:

Nama : Anifan Muallif
Jabatan : Manajer Marketing
No. Pegawai : 612
Alamat : Ds. Pidodo wetan, Kec. Patebon, Kab. Kendal

Terimakasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya kepada PT. Berkah Makmur atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Sehingga saya bisa bergabung dan bekerja bersama PT. Berkah Makmur. Banyak pengalaman berharga yang tak terlupakan saya daatkan selama bekerja di PT. Berkah Makmur.

Selanjutnya ucapan maaf yang sebesar-besarnya tak lupa saya sampaikan kepada segenap jajaran Manajemen PT. Berkah Makmur dan seluruh jajaran karyawan PT. Berkah Makmur apabila selama bekerja di PT. Berkah Makmur saya banyak melakukan kesalahan.

Semoga atas kebaikan PT. Berkah Makmur diberikan balasan yang lebih baik, dan semoga PT. Berkah Makmur terus maju, berkah dan makmur.

Hormat Saya

Anifan Muallif

Di atas adalah contoh surat pengunduran diri dari perusahaan. Jika kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri di atas. Data pribadi dan perusahaan yang tidak sesuai ganti dengan data pribadimu.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Semarang, 29 Juli 2017

Kepada Yth Presiden Mahasiswa

Universitas Negeri Semarang

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya meyampaikan, bahwa yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Anifan Muallif
Departemen : Sosial Politik
Jabatan : Humas Departemen Sosial Politik
NIM : 2218

Bahwa saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Semarang. Terimakasih saya ucapkan sebanyak-banyaknya atas kesempatan yang diberikan kepada saya, sehingga saya banyak mengambil manfaat dan pembelajaran dari keikut sertaan saya dalam bergabung dengan organisasi ini.

Selanjutnya ucapan maaf yang sedalam-dalamnya kepada para jajaran kepengurusan organisasi, mungkin dalam menyelesaikan tugas kurang maksimal, sehingga mengurangi atau menghambat dari kinerja organisasi ini. Dan semoga organisasi ini terus maju dan berkembang.

Hormat Saya

Anifan Muallif

Contoh di atas adalah contoh surat pengunduran diri dari organisasi mahasiswa. Adapun untuk organisasi lainnya kamu cukup mengganti dan menyalin data-datanya. Format yang digunakan adalah sebagaimana contoh di atas.

Contoh Surat Pengunduran Diri Mahasiswa

Semarang, 29 Juli 2014

Kepada Yth Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang

di Tempat

Dengan Hormat

Melalui surat ini, bahwa yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Anifan Muallif
NIM : 001162563
Fakultas : Teknik
Jurusan : Teknik Mesin

Bahwa saya mengajukan permohonan permohonan pengunduran diri saya sebagai mahasiswa Universitas Negeri Semarang Fakultas Teknik, jurusan teknik mesin, tahun akademik 2014. Alasan pengunduran diri saya adalah karena diterimanya saya sebagai mahasiswa di Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN).

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Orang Tua / Wali Pemohon
Abdul Halim Anifan Muallif

Format Surat Pengunduran Diri

Semarang, 21 Juni 2017

Kepada Yth HRD / Kepala Bagian Personalia PT. Maju Jaya

Jl. Suka Makmur No. 33 Semarang

Dengan Hormat

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya menyatakan ingin mengundurkan diri dari PT. Maju Jaya sebagai karyawan, Atas:

Nama :
Pendidikan :
No. Pegawai :
Alamat :

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT. Maju Jaya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bisa bekerja dan bergabung bersama PT. Maju Jaya. Banyak pengalaman berharga dan tak terlupakan yang saya peroleh dari PT. Maju Jaya, sehingga saya banyak belajar dari PT. Maju Jaya ini, sekali lagi saya ucapkan terimakasih.

Selanjutnya saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada segenap jajaran Manajemen PT. Maju Jaya dan seluruh karyawan PT. Maju Jaya, apabila selama bekerja di PT. Maju Jaya banyak melakukan salah, baik yang disengaja atau tudak.

Semoga atas kebaikan PT. Maju Jaya kepada saya diberikan balasan yang lebih baik, dan semoga PT. Maju Jaya terus maju dan berjaya.

Hormat Saya

Nama Terang

Di atas adalah contoh format surat pengunduran diri dari kerja secara umum. Kamu bisa menyalinnya dan menulis ulang format surat pengunduran diri di atas untuk keperluan engunduran diri dari tempat kerjamu.

Jika ada perbedaan kolom atau sekiranya perlu menambahkan kolom tambahan silahkan dan atau tambahkan sendiri. Karena ada banyak model dan macam surat pengunduran diri, maka pembuatan surat pengunduran diri yang sesuai adalah lebih baik.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Konsep cara membuat surat pengunduran diri sebenarnya tak jauh beda dengan konsep dari contoh surat lamaran kerja. Yang mana inti dan maksud dari kedua surat tersebut adalah sama-sama mengajukan permohonan. Yang satu mengajukan permohonan agar diterima kerja dan yang satu mengajukan permohonan agar diijinkan berhenti dari keanggotaan.

Dalam fungsinya, surat pengunduran diri digunakan sebagai pengunduran diri dari kerja, pengunduran diri dari keanggotaan organisasi, jabatan, mahasiswa atau lainnya. Berikut adalah cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar:

1. Gunakan Bolpoint Tinta Warna Hitam atau Biru

Jika dalam membuatnya kamu menggunakan cara manual atau tulisan tangan, maka gunakanlah bolpoint dengan tinta warna hitam atau biru. Hindari ppenggunaan tinta selain kedua warna tersebut. Sebab, tinta warna hitam atau biru memberikan kesan resmi dan formal, sebaliknya dengan tinta selain kedua warna tersebut.

2. Menggunakan Bahasa yang Santun dan Sopan

Gunakanlah bahasa yang baik, sopan dan santun. Bahasa yang baik adalah bahasa yang mudah dipahami dan mudah dimengerti oleh siapun yang membacanya. Hindari juga penggunaan bahasa gaul atau bahasa sehari-hari.

3. Menggunakan Bahasa Resmi dan Sesuai EYD

Selain sopan dan santun, bahasa yang digunakan adalah bahasa resmi dan sesuai EYD. Penggunaan bahasa resmi adalah wajib dalam pembuatan surat formal seperti surat lamaran, surat permohonan atau surat pengunduran diri. Penulisan juga harus sesuai EYD, bukan sembarang ejaan yang ngawur dan asal bisa dibaca.

4. Menyampaikan Maksud Tanpa Bertele-tele

Setelah mengucapkan salam pembuka dan penghormatan, sampaikan maksud dari inti surat tersebut adalah permohonan untuk mengundurkan diri. Sampaikan dengan bahasa yang sederhana, simpel, sopan dan santun serta tidak menyinggung pihak manapun. Sampaikan juga alasan yang mendasari kamu mengundurkan diri.

5. Menyampaikan Ucapan Terimakasih

Sampaikan ucapan terimakasih karena telah diberikan kesempatan bisa bergabung dengan perusahaan, organisasi atau instansi. Sampaikan juga ucapan terimakasih atas pengalaman berharharga yang diperoleh selama bergabung dengan perusahaan atau organisasi. Dengan menyampaikan ucapan terimakasih menunjukkan bahwa kita bersikap soan dan mengakui jasa mereka.

6. Penyelesaian Tanggung Jawab

Setelah terkirimnya surat pengunduran diri, bukan berarti kamu lepas dan bebas dari semua beban pekerjaan dan tanggung yang kamu emban. Kamu masih berkewajiban menyelesaikan tugas terakhirmu sampai waktu yang telah ditentukan, atau sampai selesainya tugas terakhir yang ada dalam tanggung jawabmu.

Sampaikan juga mengenai penyelesaian tugas dan tanggung jawab terakhirmu dalam surat pengunduran diri yang kamu ajukan. Sampaikan tanggal atau waktu batas terakhirmu bekerja. Bisa juga kamu ajukan masa terkahirmu bekerja adalah setelah kamu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab terkahir yang sedang kamu tangani.

BACA: Contoh Surat Keterangan Kerja

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri. Di antara yang dapat kami sebutkan di atas adalah format surat pengunduran diri, contoh surat resign, contoh surat pengunduran diri kerja, contoh surat pengunduran diri dari organisasi dan contoh surat pengunduran diri mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Gallery Surat Pernyataan Pengunduran Diri

5 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Pkb Belum Terima Pengunduran Diri Ketua Muslimat Sidoarjo

13 Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Resmi Alasan

Contoh Surat Pengunduran Diri

12 Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Bagus Dan Halus

Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri Tanyatoko

40 Contoh Surat Pengunduran Diri Perusahaan Sekolah

31 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi Yang Baik Dan Sopan

Surat Pengunduran Diri Karyawan Spbu

Aneka Contoh Surat Pengunduran Diri Portal Ilmu Com

Contoh Surat Pengunduran Diri Pengertian Cara Membuat

31 Contoh Surat Pengunduran Diri Surat Resign Kerja

11 Contoh Surat Resign Pengunduran Diri Terbaru Yang Baik

Pengumuman Pengunduran Diri Mahasiswa Baru Polnep T A 2019

50 Contoh Surat Pengunduran Diri Format Doc 2020 Myjourney

31 Contoh Surat Pengunduran Diri Surat Resign Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota Polisi Dan Tni Detiklife

Surat Permohonan Pengunduran Diri

11 Contoh Surat Resign Pengunduran Diri Terbaru Yang Baik

Mau Resign Ini Langkah Langkah Menulis Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Lengkap Contoh Surat Permohonan Pengunduran

Kumpulan Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri Murid By

Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri

31 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi Yang Baik Dan Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri Beasiswa Detiklife

Surat Pernyataan Pengunduran Diri Feb Dengan Ini

31 Contoh Surat Pengunduran Diri Surat Resign Kerja

Surat Pernyataan Pengunduran Diri Dari Kepengurusan


0 Response to "Surat Pernyataan Pengunduran Diri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel