Surat Adz Dzariyat Ayat 56



Berbagi Ilmu Pengetahuan Q S Az Zariyat Ayat 56

Surat adz-Dzariyat Ayat 56-58

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Arab-Latin: wa mā khalaqtul-jinna wal-insa illā liya'budụn

Terjemah Arti: Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia dan mengutus para rasul kecuali untuk tujuan luhur, yaitu beribadah hanya kepadaKu semata bukan kepada selainKu. (Tafsir al-Muyassar)

56. Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku semata, tidaklah Aku menciptakan mereka agar mereka menjadikan sekutu bagi-Ku. (Tafsir al-Mukhtashar)

56. Kami tidak menciptakan jin dan manusia kecuali kami perintahkan mereka untuk beribadah, yaitu merendah, tunduk dan menyerahkan diri kepada Allah SWT (Tafsir al-Wajiz)

56. وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku) Mujahid berkata: maknanya adalah melainkan Aku akan memerintahkan dan melarang mereka. Pendapat lain mengatakan yakni melainkan agar mereka tunduk dan patuh kepada-Ku. Sebab makna ‘ibadah’ secara bahasa adalah tunduk dan patuh. (Zubdatut Tafsir)

مَا أُرِيدُ مِنْهُمْ مِنْ رِزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَنْ يُطْعِمُونِ

mā urīdu min-hum mir rizqiw wa mā urīdu ay yuṭ'imụn

Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan.

Aku tidak menginginkan rizki dari mereka dan Aku tidak berharap mereka memberiKu makan, karena Aku adalah Pemberi rizki dan pemberi (segala sesuatu). Allah tidak membutuhkan makhlukNya, sebaliknya mereka yang membutuhkanNYa. Allah adalah pencipta mereka, Pemberi mereka rizki dan tidak membutuhkan mereka. (Tafsir al-Muyassar)

57. Aku tidak menginginkan rezeki dari mereka dan Aku tidak menginginkan mereka untuk memberi-Ku makan. (Tafsir al-Mukhtashar)

57. Aku tidak menghendaki pemberian dari hamba-hambaKu, Aku juga tidak butuh makanan mereka, karena sesungguhnya Aku adalah Dzat yang Maha Kaya, Dzat yang memiliki kekayaan mutlak dan Dzat yang memberikan rejeki dan makanan, bukan yang diberi makan (Tafsir al-Wajiz)

57. مَآ أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَآ أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ (Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan) Yakni Allah menciptakan mereka bukan untuk mendapat suatu manfaat dari mereka sebagaimana seorang tuan yang memanfaatkan budaknya, namun Dia Maha Kaya dan Maha Pemberi Rezeki. (Zubdatut Tafsir)

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

innallāha huwar-razzāqu żul-quwwatil-matīn

Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.

Sesungguhnya hanya Allah semata Yang Maha Memberi rizki makhlukNya, Yang menjamin makanan mereka, Pemilik kekuatan yang kokoh, tidak ditundukkan dan tidak dikalahkan, karena Dia memiliki kuasa dan kekuatan sempurna. (Tafsir al-Muyassar)

58. Sesungguhnya Allah lah yang memberi rezeki kepada hamba-hamba-Nya, semuanya butuh kepada rezeki-Nya. Allah mempunyai kekuatan dan Mahakokoh yang tidak ada sesuatu pun yang mengalahkan-Nya. Semua jin dan manusia tunduk pada kekuatan-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

58. Sesungguhnya hanya Allah yang memberi rejeki setiap yang membutuhkan dan Dzat yang Maha Kuat. {Al-Matiin} sebagai penegas kata sebelumnya. (Tafsir al-Wajiz)

58. إِنَّ اللهَ هُوَ الرَّزَّاقُ (Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki) Yakni Dia yang memberi rezeki kepada seluruh makhluk dan mengatur urusan mereka. Dia tidak menciptakan mereka untuk mendapat suatu manfaat bagi-Nya. Maka dari itu hendaklah mereka menjalankan ibadah yang menjadi tujuan penciptaan mereka. ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ (Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh) Yakni memiliki kekuatan yang sangat besar. (Zubdatut Tafsir)

Related: Surat al-Maidah Ayat 51-54 Arab-Latin, Surat al-Baqarah Ayat 255-257 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 81-82, Terjemahan Tafsir Surat al-Waqi’ah Ayat 35-38, Isi Kandungan Surat at-Taubah Ayat 65-66, Makna Dua (2) Ayat Terakhir Surat al-Baqarah

Category: Tafsir Serial

Gallery Surat Adz Dzariyat Ayat 56

Surah Adz Dzariyat Ayat 55 58

Adz Dzariyat 47 60

Pada Hakikatnya Penciptaan Manusia Di Dunia Ini Semata Mata

Kandungan Surat Adz Dzariyat Ayat 24 30 Risalah At Tabukiyah Ustadz Abdullah Taslim M A

Rangkuman Tafsir Qs Adz Dzariyat

Tafsir Ibnu Katsir Surah Adz Dzaariyaat Alqur Anmulia

Makalah Tafsir Tarbawi Tugas Pokok Manusia Surat Adz

Tafsir Tarbawi Surat Al Dzariat 56 By Agus Mukhandar

Tafsir Ibnu Katsir Surah Adz Dzaariyaat Alqur Anmulia

Animuslim Allah Subhanahu Wa Ta Ala Sudah Menjelaskan

Kajian Sunnah Lampung Posts Facebook

Salamdakwah Pagina Inicial Facebook

Tujuan Hidup Design Dakwah

Surah Az Zariyat Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia

Qs Adz Dzariyat Ayat Ke 56 Arab Dan Artinya Dalam Bahasa

Kewajiban Jin Dan Manusia Perspektif Qs Adz Dzariyat Ayat

Daftar Terjemah No Halaman Surah Dan Ayat Terjemah Adz

Tafsir Jalalain Surat Adz Dzariyat Ayat 56 Kajian Tafsir

Kandungan Surat Adz Dzariyat Ayat 24 30 Risalah At

Qs 51 56 Surah 51 Ayat 56 Qs Adz Dzaariyaat Tafsir

Surat Adz Dzariyat Ayat 56 58 Arab Latin Terjemahan Arti

Berbagi Ilmu Pengetahuan Q S Az Zariyat Ayat 56

Tajwid Surat Az Zariat Ayat 56 Soal Terbaru

Surat Az Zariyat Ayat 56 Tafsirq Com

2 Tugas Manusia Sebagai Khalifah

Rangkuman Tafsir Qs Adz Dzariyat

Surat Adz Dzariyat Ayat 56 Akhi Hudzaifah Al Hakim Youtube

Adz Dzariyat Ayat 56 Tafsirq Com

Tujuan Manusia Diciptakan


0 Response to "Surat Adz Dzariyat Ayat 56"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel