Cara Menulis Alamat Dalam Bahasa Inggris



Tawar Menawar Saat Berbelanja Dalam Bahasa Inggris Ef Blog

Penulisan Surat Resmi atau Business Letter dalam Bahasa Inggris

Penulisan Surat

Jika Anda menulis alamat dalam Surat Resmi, maka kita harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan isi surat dan gaya surat yang ingin kita buat. Hal terpenting yang harus kita sangat kita perhatikan adalah apabila kita menggunakan gaya American English, maka secara keseluruhan surat, mulai dari awal hingga akhir harus seragam. Begitu pula apabila kita menggunakan gaya British English, maka keseluruhannya juga harus ada pada gaya bahasa yang sama.

Business Letter yang BAIK dan BENAR

Di bawah ini akan kami jelaskan cara pembuatan Business Letter dalam Bahasa Inggris :

1. POSISI ALAMAT PENGIRIM DAN TANGGAL

Pada British English, alamat dan tanggal diletakkan di sudut kanan atas seperti contoh di bawah ini:

Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223

Tel +626217335455

25 January 2012

Pada American English, alamat pengirim diletakkan di:

  • Sebelah kiri, di bawah tanggal, atau
  • Di akhir surat, di bawah tanda tangan
January 25, 2012Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223

Tel +626217335455

atau

SincerelyJames Hutauruk Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223

Tel +626217335455

2. ALAMAT PENERIMA

Sebelum kita membahas posisi alamat penerima, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

Urutan dalam penulisan Penerima dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Ms / Miss / Mrs / Mr / Dr … Nomor Rumah, jalan Lokasi Kode area

NEGARA (huruf besar semua)

Pada British English, letak penerima surat sejajar dengan tanggal seperti di bawah ini:

Mr. James Hunt 46B Park Avenue London 267BK

GREAT BRITAIN

 25 January 2012

Sedangkan pada American English, alamat penerima diletakkan 2 baris di bawah alamat pengirim (atau 2 baris dibawah tanggal jika alamat pengirim diletakkan dibawah tanda tangan).

January 25, 2012Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223 Tel +626217335455Mr. James Hunt 46B Park Avenue London 267BK

GREAT BRITAIN

atau

January 25, 2012Mr. James Hunt 46B Park Avenue London 267BK

GREAT BRITAIN—- isi surat —-

Sincerely

James Hutauruk Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223

Tel +626217335455

3. SALAM PEMBUKA

Di bawah ini akan kami jelaskan tata cara penulisan Salam Pembuka dalam aturan Business Letter dalam Bahasa Inggris. Ingat sekali lagi, kita harus konsisten, kalau tanggal, dalam gaya British English, maka keseluruhan surat harus dalam gaya yang sama. Begitu juga sebaliknya.

JIKA ANDA TAHU NAMA ORANGNYA:

Dear Ms / Miss / Mrs / Mr / Dr + Marga

Contoh: Dear Mr Miller

Anda juga dapat menuliskan nama lengkapnya, namun kita harus menghilangkan gelarnya (Mr/Mrs). Hal ini sangat berguna apabila Anda tidak mengetahui jenis kelaminnya.

Contoh: Dear Chris Miller

JIKA ANDA TIDAK TAHU NAMA ORANGNYA:

Ada beberapa cara untuk menuliskan Salam Pembuka apabila Anda tidak tahu nama orang yang Anda tuju, yaitu seperti di bawah ini:

a. British English

  • Dear Sir / Dear Sirs   = Jika penerimanya laki-laki
  • Dear Madam = Jika penerimanya perempuan
  • Dear Sir or Madam  = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya

b. American English

  • Gentlemen = Jika penerimanya laki-laki
  • Ladies  = Jika penerimanya perempuani
  • Ladies and Gentlemen = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya, atau
  • To whom it may concern = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya

TANDA BACA

Pada British English, jangan gunakan tanda baca apapun, atau Anda dapat menggunakan koma

  • Dear Mr Miller
  • Dear Mr Miller,

Pada American English, gunakan tanda baca “titik dua”

4. PERIHAL (SUBJEK)

Tujuan dari penulisan “Perihal” adalah agar si penerima surat mendapat gambaran tentang apa sebenarnya surat yang ia terima. Ada 3 (tiga) hal yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan Perihal, yaitu:

  • Gunakan “Subject:” atau “Re:”
  • Tuliskan perihalnya dalam “Cetak Tebal”
  • Tulis Perihal dalam Huruf Besar

Perhatikan perbedaan penulisan “Perihal” antara British English dan American English seperti di bawah ini:

a. British English

Letaknya antara Salam Pembuka dan Isi Surat, seperti di bawah ini:

Dear Mr. HuntSubject: Request No. 145

Referring to your …

b. American English

Letaknya sebelum salam pembuka, seperti di bawah ini:

Subject: Request No. 145Dear Mr. Hunt:

Referring to your …

5. ISI

Isi surat merupakan hal yang paling penting dalam Business Letter. Isinya harus betul-betul mewakili semua apa yang ingin Anda sampaikan. Jangan lupa pula untuk meletakkan tata krama. Berikut ini adalah panduannya:

  • Awali dengan huruf besar setia pawal kalimat.
  • Tulisan dalam Business Letter harus rata kiri.
  • Berikan 1 spasi untuk tiap paragraf baru.

ISI

  • Paragraf pertama: Pengantar dan alasan mengapa Anda menulis surat tersebut.
  • Paragraf berikutnya: Jelaskan secara terperinci alasan Anda mengirimkan surat kepadanya, termasuk latar belakang, dan lain-lain yang dianggap perlu.
  • Paragraf Terakhir: Simpulkan sekali lagi alasan Anda dan harapan kepada penerima surat

6. SALAM PENUTUP

Salam Penutup sangat berhubungan erat dengan Salam Pembuka. Biasanya ada beberapa aturan main yang harus kita perhatikan. Penyajiannya juga berbeda antara British English dan American English seperti penjelasan berikut ini:

British English

  • Jika Anda memakai nama penerima surat pada Salam Pembuka, maka salam penutupnya adalah “Yours sincerely” atau “Sincerely yours”.
  • Jika Anda tidak menggunakan nama penerima pada Salam Pembuka, maka Salam Penutupnya adalah “Yours faithfully” atau “Faithfully yours”.

American English

Gunakan “Sincerely” atau “Sincerely yours”, untuk semua kasus, yaitu mau Anda gunakan nama penerima ataupun tidak.

Dalam Email, Anda dapat gunakan berikut ini untuk Salam Penutupnya:

  • Regards
  • Kind regards
  • Best wishes

7. LAMPIRAN

Kadangkala kita sering mengirimkan surat beserta dengan lampirannya. Setidaknya ada dua cara untuk menyatakan bahwa surat kita tersebut memiliki lampiran, yaitu:

  1. Menyebutkan satu persatu lampirannya, atau
  2. Hanya menuliskan “Enclosure” tepat di bawah nama penanda tangan surat.

KESIMPULAN:

Perhatikan gaya penulisan Business Letter “British English” di bawah ini:

Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223

Tel +626217335455

Mr. James Hunt 46B Park Avenue London 267BK

GREAT BRITAIN

 25 January 2012

Dear Mr. HuntSubject: Request No. 145

Referring to your request No. 145, we inform you that the materials you requested are out of stocks. Therefore, we recommend that you request our new product as we described in the enclosure.

We thank you and look forward to hearing from you soon.

Sincerely,

James Hutauruk

Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223

Tel +626217335455 

Enclosure

Perhatikan gaya penulisan Business Letter “American English” di bawah ini:

January 25, 2012Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223

Tel +626217335455Subject: Request No. 145

Dear Mr. Hunt:

Referring to your request No. 145, we inform you that the materials you requested are out of stocks. Therefore, we recommend that you request our new product as we described in the enclosure.

We thank you and look forward to hearing from you soon.

Sincerely,

James Hutauruk

Indonesia Sejahtera Selalu, PT 99 Jl. Belitung Jaya, Medan North Sumatra, INDONESIA 20223

Tel +626217335455 

Enclosure

Gallery Cara Menulis Alamat Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Terbaru Berita

Struktur Surat Resmi Bahasa Inggris Jujubandung

Begini Cara Penulisan Alamat Pengiriman Yang Benar Blog

Salam Pembuka Dalam Surat Bahasa Inggris Portal Ilmu Com

15 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Tulis Tangan

Cara Menulis Surat Dalam Bahasa Spanyol Wikihow

Squline Com Learning Language Online

Spellcheckplus Koreksi Otomatis Ejaan Dan Grammar Tulisan

Contoh Surat Lamaran Kerja Dan Tips Pembuatannya

31 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Dan Artinya

Fungsi Alamat Surat Dan Contoh Penulisan Alamat Surat

Contoh Surat Pendek Dalam Bahasa Jerman R Carta De

13 Contoh Surat Penawaran Lengkap Jasa Kerjasama Barang

Bagian Bagian Dalam Surat Bahasa Inggris Explained

Surat Permintaan Bahasa Inggris Jujubandung

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Formatnya

Contoh Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris Pdf Surasmi G

Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris Beserta

Cara Menulis Alamat Pada Kiriman Surat Paket

Struktur Penulisan Surat Resmi Bahasa Inggris Yang Benar

Panduan Penulisan

Cara Menulis Surat Dalam Bahasa Spanyol Wikihow

Contoh Cv Bahasa Inggris Curriculum Vitae Lengkap Dan Artinya

Cara Menulis Surat Dalam Bahasa Inggris Anugerah Dino

Begini Cara Penulisan Alamat Pengiriman Yang Benar Blog

Bagaimana Cara Menulis Alamat Dalam Bahasa Inggris Bahasa


0 Response to "Cara Menulis Alamat Dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel