Apa Yang Mendorong Anda Ingin Bekerja



Nopal La

Tips Menjawab Pertanyaan Interview: Kenapa Anda Ingin Bekerja di Sini?

Pertanyaan interview: “Kenapa Anda ingin bekerja di tempat ini?” tak hanya terbatas pada interview kerja saja. Anda akan kerap menemukan pertanyaan interview ini saat sedang bersosialisasi, menghadiri job fair dan sebagainya.

Saat Anda dihadapkan pada pertanyaan interview seperti ini, Anda harus memiliki jawaban yang kuat. Jawaban Anda harus memberikan cerminan pengetahuan Anda seputar perusahaan, kemampuan, bakat, pengalaman dan kekuatan yang Anda miliki yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan.

LOKER PILIHAN: Lamar Lowongan Kerja Fresh Graduate Terbaru disini

Pertanyaan Interview: Kenapa Anda Ingin Bekerja di Tempat Ini?

Tidak Selalu Tentang Anda

Ingatlah bahwa dalam wawancara kerja, selama Anda belum menerima tawaran kontrak, yang ada di pikiran pewawancara hanyalah bagaimana caranya mengeliminasi Anda.

Pastikan Anda tak pernah memberikan jawaban seperti ini:

“Karena butuh uang.”

“Sepertinya ini perusahaan yang bagus untuk tempat bekerja.”

“Sepupu saya yang bernama A kerja di perusahaan ini dan memperoleh banyak benefit.”

Ketiga alasan ini terdengar mirip dan kemungkinan besar benar. Namun, mereka mengandung kesalahan yang sama; semuanya berkisar tentang apa yang Anda inginkan. Jawaban ini takkan membawa Anda kepada pekerjaan yang Anda inginkan.

Alasan umum juga takkan membuat Anda tampil berbeda dari kandidat lainnya. Sebagai contoh:

“Karena saya tahu saya bisa memberi kontribusi yang baik.”

“Karena saya tahu Anda sedang membuka lowongan untuk posisi … dan saya memenuhi persyaratan tersebut.”

Meskipun jawaban ini terdengar lebih baik, tetap saja mengandung kesalahan karena merupakan jawaban “ngambang”. Jawaban ini merupakan jawaban “pemanis” yang digunakan semua orang kepada semua perusahaan untuk semua jenis pekerjaan.

Apa yang Salah dengan Jawaban-Jawaban Tadi?

Jawaban-jawaban di atas tak menarik di mata HRD karena jawaban tersebut sama sekali tak berhubungan dengan mereka. Berikut adalah kesalahan-kesalahan dari jawaban di atas tadi:

    1. Jawaban-jawaban di atas fokus pada keuntungan yang Anda peroleh semata. Meskipun perusahaan ingin agar Anda menyenangi pekerjaan Anda, pada titik ini, mereka tak peduli tentang apa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Yang ingin mereka ketahui hanyalah keuntungan apa yang mereka dapatkan jika mempekerjakan Anda.
  1. Jawaban-jawaban tersebut tak menunjukkan pemahaman tentang apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pewawancara ingin mengetahui ketertarikan Anda terhadap posisi yang Anda lamar. Sedangkan jawaban samar yang menitikberatkan kepentingan Anda sendiri tak menunjukkan ketertarikan tersebut.

Inilah Persiapan yang Harus Anda Lakukan

Persiapan yang perlu Anda lakukan untuk menjawab pertanyaan interview ini mencakup tiga area utama, yakni:

1. Kenali Diri Anda.

Sebelum berbicara dengan pewawancara Anda atau bahkan sekedar melakukan networking untuk pekerjaan yang Anda impikan, Anda harus benar-benar paham apa yang bisa Anda tawarkan kepada mereka. Apa sajakah timbal balik yang bisa Anda berikan kepada perusahaan.

2. Kenali Perusahaan yang Anda Lamar.

Cari tahu segala sesuatu tentang perusahaan yang akan Anda lamar. Ketika Anda mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut, budaya kerja, tujuan, produk dan tantangan yang dihadapi, Anda bisa membicarakan tentang diri Anda dan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk perusahaan tersebut.

3. Kenali Posisi dan Departemen yang Anda Lamar (jika memungkinkan).

Di masa seperti sekarang ini, Anda bisa mencari tahu tentang pekerjaan yang sedang Anda lamar melalui media seperti LinkedIn. Anda bahkan bisa mencari tahu tentang profil para staff di departemen yang Anda minati. Gunakanlah informasi tersebut untuk mencari tahu tentang tanggung jawab pekerjaan dan untuk mengidentifikasi di grup LinkedIn mana mereka tergabung. Anda juga bisa mengandalkan Google untuk mencari lebih banyak informasi seputar perusahaan tersebut.

Ketika Anda telah melakukan persiapan di atas, Anda takkan lagi melakukan kesalahan saat menjawab pertanyaan interview, “Kenapa Anda ingin bekerja di sini?” Sebaliknya, Anda akan siap untuk menjawab dengan penuh percaya diri tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar, ketertarikan Anda, kecocokan dengan kualifikasi yang Anda miliki, karakter dan pengalaman Anda.

Jika pekerjaan ini tak cocok bagi Anda sekalipun, jika pewawancara menyukai Anda dan ingin mempekerjakan Anda, mereka akan menemukan posisi yang tepat (dengan gaji yang tepat) untuk Anda ke depannya. Itulah jawaban untuk pertanyaan interview, “Kenapa Anda ingin bekerja di tempat ini?”

Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja:

Gallery Apa Yang Mendorong Anda Ingin Bekerja

Arashi S Message Regarding The Tsunami And Earthquake 11 3

Andrew Heywood Politik Edisi Keempat Books Stationery

Science In Seconds Your Revolusionary Way

Dampak Untuk Bisnis Anda Saat Anda Mendengarkan Para Pekerja

Wawancara Interview Baihaqi Hermansyah Ppt Download

Target Dalam Bekerja

Apa Yang Mendorong Anda Ingin Bekerja Archives Saya Share

Districtgrand Blog

Cara Belajar Seo Untuk Pemula Dc Foundation

Nurtureshock By Po Bronson And Ashly Merryman

31 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Dalam Bukunya

Slogan Lingkungan 3no70dkjyyld

Tips Resume Untuk Lulusan Baru 7 Pernyataan Tujuan Karir

Jsamsplace Com

Circusmutt Com

Tips2

Cara Mengetahui Apa Yang Anda Inginkan Wikihow

Baseball Cards Konsep Aturan Dan Istilah Istilah

Jawaban Interview Motivasi Kerja Tips Kerja

Gay Makassar Posts Facebook

Wawancara Pekerja Pns Brainly Co Id

Harga Slimgard Obat Ulasan Pelangsing Alami Herbal Tanpa

5 Tips Jawab Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Wawancara


0 Response to "Apa Yang Mendorong Anda Ingin Bekerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel