Rumus Return On Investment



Band Of Investment Real Estate Valuation

Definisi dan Cara Menghitung ROI dengan Benar - Jurnal Blog

Salah satu keharusan bagi setiap pebisnis adalah memahami return on investment ROI) atau tingkat pengembalian investasi secara keseluruhan dalam bisnis yang mereka jalankan. Mengapa demikian? Alasan utama dari pentingnya memahami ROI adalah ROI merupakan tolok ukuran keuntungan bisnis yang paling tepat.  Dengan mengetahui tingkat pengembalian investasi, segala kegiatan operasional dapat dievaluasi tingkat pengembalian investasinya.

Beberapa pakar keuangan di Tanah Air menganggap ROI sebagai uang atau aset yang diperoleh atau hilang dalam proses investasi sebuah bisnis. Dalam hal ini, investasi mengacu pada pembelian aset, modal, dan anggaran yang diperlukan sebagai biaya investasi.

Untuk penjelasan yang lebih mendalam, mari simak serba-serbi tentang tingkat pengembalian investasi di bawah ini.

Definisi ROI

Return On Invesment merupakan rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. Rasio ini menunjukkan hasil dari seluruh aktiva yang dikendalikan dengan mengabaikan sumber pendanaan, rasio ini biasanya diukur dengan persentase.

Faktor yang Dapat Memengaruhi ROI Diantaranya:

1. Turnover dari operating assets atau tingkat perputaran aktiva yang digunakan untuk kegiatan operasional, yaitu kecepatan berputarnya operating assets dalam suatu periode tertentu.

2. Profit margin, adalah besarnya keuntungan operasi yang dinyatakan dalam bentuk persentase dan jumlah penjualan bersih. Profit margin dapat mengukur tingkat keuntungan perusahaan dan dihubungkan dengan penjualannya.

ROI sebagai bentuk teknik analisa rasio profitabilitas sangat penting dalam suatu perusahaan karena dengan mengetahui ROI, pengusaha dapat mengetahui seberapa efisien perusahaan guna memanfaatkan aktiva untuk kegiatan operasional dan dapat memberikan informasi ukuran profitabilitas perusahaan.

Kegunaan Analisis Return On Invesment (ROI)

1. Jika perusahaan telah menjalankan praktik akuntansi yang baik, maka manajemen dengan menggunakan teknik analisa ROI dapat mengukur efisiensi penggunaan modal yang bekerja, efisiensi produksi, dan efisiensi bagian penjualan.

2. Apabila perusahaan mempunyai data industri sehingga dapat diperoleh rasio industri, maka dengan analisa ROI dapat dibandingkan efisiensi penggunaan modal pada perusahaannya dengan perusahaan lain yang sejenis, sehingga dapat diketahui apakah perusahaannya berada di bawah, sama, atau di atas rata-rata. Dengan demikian akan dapat diketahui di mana kelemahan dan kekuatan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis.

3. Analisa ROI juga dapat digunakan untuk mengukur efisiensi tindakan-tindakan yang dilakukan oleh masing-masing divisi atau bagian, yaitu dengan mengalokasikan semua biaya dan modal ke dalam bagian yang bersangkutan.  

4. Analisa ROI juga dapat digunakan untuk mengukur profitabilitas dari masing-masing produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

5. ROI selain berguna untuk keperluan kontrol, juga berguna untuk keperluan perencanaan. Misalnya ROI dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan jika perusahaan akan mengadakan ekspansi.

Kelemahan Analisis Return On Investment (ROI)

1. Salah satu kelemahan ROI adalah sulitnya dalam membandingkan ROI suatu perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis. Hal ini karena terkadang praktik akuntansi yang digunakan oleh masing-masing perusahaan berbeda-beda. Perbedaan metode dalam penilaian berbagai aktiva antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain dapat memberi gambaran yang salah.

2. Kelemahan lain dari teknik analisa ini adalah terletak pada adanya fluktuasi nilai dari uang (daya belinya).

Cara menghitung ROI

ROI bisa juga diartikan sebagai rasio laba bersih terhadap biaya. Rumus menghitung ROI adalah sebagai berikut:

ROI =    (Total Penjualan-Investasi)

Investasi x 100%

Misalnya, jika investasi sebesar Rp10.000.000 menghasilkan penjualan sebesar Rp15.000.000, berarti diperoleh laba sebesar Rp5.000.000. Maka secara sederhana perhitungan ROI dalam presentase adalah

ROI =        (Rp15.000.000-Rp10.000.000)

Rp 10.000.000x 100%

ROI = 50%

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan tingkat ROI adalah sebesar 50%.

Seringkali kita hanya berfokus pada margin keuntungan atas produk atau jasa. Tetapi kita seharusnya juga menghitung ROI secara akurat untuk mendapatkan kepastian dan keyakinan bahwa bisnis yang dijalankan mampu berkembang. Dalam menjalankan bisnis, seorang pengusaha harus memerhatikan jumlah dana yang harus diinvestasikan dalam mencapai target penjualan, jumlah margin keuntungan yang diperoleh, dan bagian dari margin keuntungan tersebut yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Apabila investasi yang dilakukan hanya menghasilkan margin keuntungan yang sedikit, maka bisnis tersebut akan mengalami kesulitan untuk berkembang di masa yang akan datang dan bahkan dalam jangka panjang akan mengalami kegagalan. Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman sehingga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis di mana pun dan kapan pun. Cari tahu fitur Jurnal secara lengkap di sini.

Gallery Rumus Return On Investment

How To Calculate Profitability Ratios For Banks The Motley

How To Use The Excel Geomean Function Exceljet

Pengertian Roi Return On Investment Dan Rumus Roi

Apa Yang Dimaksud Dengan Rate Of Return On Investment

Pengertian Return On Investment Perhitungan Dan Manfaatnya

Holding Period Return Yield

Pin By Etsu Sakmuma On Cara Hitung Cost Accounting

Calculate Cagr In Excel Compound Annual Growth Rate Formulas

Time Value Of Money Wikipedia

Required Rate Of Return Formula Calculator Excel Template

Ppc Roi Calculator And Ppc Metrics To Concentrate On

How To Calculate Gmroi

How To Use The Excel Mirr Function Exceljet

Pengertian Rumus Cara Menghitung Return On Investment

Rumus Rasio Keuangan Financial Ratio Investing

Pengertian Dan Rumus Cara Menghitung Roi Return On

Pengertian Dan Rumus Cara Menghitung Roi Return On

Pengertian Dan Rumus Roi Return On Investment Contoh Soal

Expected Return Formula Calculate Portfolio Expected

Cara Menghitung Rumus Roi

Many Happy Returns Modified Internal Rate Of Return Mirr

Cara Menghitung Rumus Roi

Cara Hitung Rasio Roi Penting Untuk Diketahui Rivan Kurniawan

Doc Mengukur Kinerja Pusat Investasi Aini Suparman

Pengertian Roi Return On Investment Dan Rumus Roi Dalam

The Roi Of Talent Management

Rumus Rasio Keuangan Financial Ratio Investing

How To Calculate The Rate Of Return Definition Formula

Rasio Keuangan Tak Lelah Belajar


0 Response to "Rumus Return On Investment"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel