Kewajiban Suami Terhadap Istri



Jual Buku 40 Tanggung Jawab Suami Terhadap Istri Jakarta Selatan Toko Buku Kian Tokopedia

8 Kewajiban Istri Pada Suami Menurut Al Quran dan Hadist

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke

Semua pasangan suami istri tentu menginginkan keluarga yang tenteram dan harmonis. Namun tidak dapat disangkal, pertengkaran dan perselisihan pasti selalu ada terselip di dalamnya. Bisa jadi hal ini timbul karena masing-masing tidak mengetahui hak dan kewajibannya. Oleh sebab itu, penting bagi suami dan istri mengetahui kewajiban masing-masing.

Dengan mengetahui kemudian menjalankan kewajibannya sebagai tugas seorang istri, niscaya syurga dalam rumah tangga dapat tercipta. Untuk anda para istri, berikut ini beberapa tugas dan kewajiban istri pada suami yang harus anda ketahui dan dilakukan.

Kewajiban Istri Pada Suami Menurut Islam

Berikut ini ada 8 yang harus dilakukan sebagai kewajiban istri terhadap suami dalam islam yang perlu diketahui oleh para wanita. Adab Istri terhadap suami ini juga, tertulis di Al-Quran dan Al-Hadist.

Sebaik-baiknya wanita adalah ia yang taat pada suami dan tidak membangkang. Apakah ia di surga atau di neraka, itu juga terlihat dari sikap istri terhadap suaminya. Namun ketaatan itu tidaklah mutlak. Bila suami memerintahkan istri untuk tidak berjilbab, meninggalkan shalat lima waktu, bersetubuh saat haid, atau berdandan di depan pria lain, perintah itu tidak boleh ditaati.

Namun apabila suami mengajak ke jalan kebaikan yang di ridhai Allah Swt, anda wajib mengikutinya. Karena melakukan perintah suami ke arah kebaikan dapat memberikan pahala syurga untuk para istri. Jika saat ini suami anda selalu mengingatkan ke hal-hal kebaikan, anda harus bersyukur, karena sulit mendapatkan suami yang penuh perhatian seperti itu.

Namun jangan pula berkecil hati apabila suami anda jarang mengingatkan ke hal kebaikan, yang terpenting suami anda selalu tetap di jalan Allah.

  1. Diam di Rumah dan Tidak Keluar Rumah Kecuali Dengan Izin Suami

Tanpa izin suaminya, seorang istri tidak boleh keluar rumah, baik itu untuk mengunjungi orang tua, shalat di masjid, atau untuk keperluan lainnya. Disebutkan bahwa istri yang keluar rumah tanpa izin suami berarti telah bermaksiat pada Allah dan pantas mendapatkan siksa.

  1. Bersedia Diajak ke Ranjang

Jika suami mengajak berhubungan intim namun istri menolaknya, malaikat akan melaknatnya sampai waktu Subuh. Haid sendiri tidak termasuk uzur karena suami masih dapat menikmati tubuh istrinya di atas organ intim. Namun jika istri sedang sakit, suami harus memakluminya. Hal mengenai hubungan badan ini terdapat dalam Hadist riwayat Bukhari.

  1. Tidak Membiarkan Orang Lain Masuk Dalam Rumah Tanpa Seizin Suami

Kewajiban istri pada suami yang berikutnya adalah tidak membiarkan orang lain masuk ke dalam rumah tanpa seizin suami. Jika suami telah ridho dan memperbolehkan, maka tidak masalah orang tersebut masuk ke dalam rumah.

Perintah ini sudah sangat jelas tertulis di firman Allah pada Al Quran surat An-Nisa ayat 34.

  1. Berpuasa Sunnah Dengan Seizin Suami

Seorang wanita tidak diperbolehkan melaksanakan puasa sunnah tanpa seizin suami. Larangan yang dimaksud adalah larangan berpuasa selain di bulan Ramadhan. Meskipun puasa itu wajib dan di luar bulan Ramadhan, tetap saja harus dilakukan dengan seizin suami. Silahkan baca di Hadist Riwayat Bukhari No. 5195.

Karena jika wanita menjalankan puasa sunnah tanpa seizin suaminya, ia dianggap telah melakukan keharaman. Ada dua puasa yang harus dilakukan dengan seizin suami yaitu puasa sunnah tanpa batasan waktu tertentu contohnya puasa senin-kamis dan puasa dengan kelonggaran waktu seperti qodho.

Kewajiban istri terhadap suami yaitu seorang istri harus menjaga amanah suami, baik itu harta maupun rahasianya. Melayani suami merupakan tugas istri, bukan sebaliknya, dimana istri yang dilayani suami. Seperti yang tertulis bahwa laki-laki merupakan pemimpin bagi wanita.

Jika suami melayani istri dalam urusan rumah tangga, itu termasuk perbuatan munkar dimana suami tidak lagi bertindak sebagai pemimpin. Karena tugas istri adalah melayani suami, Allah mewajibkan suami untuk menafkahi istri, baik itu makanan, pakaian, maupun tempat tinggal.

Adakalanya suami berbuat tidak baik dan istri dituntut untuk dapat bersabar karena pahalanya besar. Dituliskan bahwa barang siapa bersabar terhadap perangai suami akan diberikan pahala seperti yang diberikan kepada Maryam Binti Imran dan Asiyah.

  1. Melayani Suami Hingga Hal Terkecil

Demi cinta terhadap suami, istri harus melayani suami hingga hal terkecil seperti meminyakkan rambut suami, menggunting kuku, dan memotong kumis. Disebutkan bahwa wanita yang meminyakkan rambut dan janggut suaminya, menggunting kuku, dan memotong kumis suaminya akan diberikan Allah air surga, kuburnya menjadi taman yang indah, dan sakaratul mautnya akan diringankan.

Itulah 8 kewajiban istri pada suami yang harus dilakukan. Insyallah jika semua itu dilakukan dengan ikhlas, kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warahmah dapat tercipta. Serta akan mendapatkan imbalan pahala juga dari Allah SWT.

Semoga informasi ini bermanfaat, memberikan pencerahan dan menjadi pendorong atau motivasi anda untuk lebih baik lagi bersikap kepada suami anda. Silahkan anda sharekan kepada teman atau saudara, jika informasi ini layak dibaca oleh perempuan muslim dan istri-istri sholehah di sekitar kita. Terimakasih, salam sejahtera untuk keluarga anda.

Baca Juga:

Tag:

kewajiban istri,kewajiban istri terhadap suami,kewajiban istri melayani suami di ranjang,kewajiban seorang istri,hak kewajiban suami istri,tugas dan kweajiban istri kepada suami menurut islam,hadist adab istri kepada suami,tugas seorang istri dalam islam,kewajiban istri pada suami,dosa besar istri kepada suami,kewajiban istri kepada suami,dosa dosa istri kepada suami,kesimpulan dari kewajiban suami istri,istri menurut alquran,isteri harus taat suami hadist,hadis dan artinya tentang taat pada suami,hadis kewajiban istri,hak dan kewajiban suami istri dalam islam,hak dan kewajiban istri dalam islam,Hadist sikap istri terhadap suami

Gallery Kewajiban Suami Terhadap Istri

Jangan Sampai Terlupakan Kewajiban Suami Terhadap Istri

Inilah 9 Kewajiban Suami Terhadap Istri Islampos

Kewajiban Suami Terhadap Istri Para Android Apk Baixar

Kewajiban Istri Terhadap Suami Pptx Powerpoint

Kewajiban Suami Terhadap Istri Youtube

Doc Hak Dan Kewajiban Suami Istri Mah Die Academia Edu

Apa Kewajiban Istri Terhadap Suami Menurut Islam Abu Bazir

Kewajiban Suami Terhadap Istri Yang Sedang Hamil Bikin Terharu

Kewajiban Suami Terhadap Istri Prstinta

6 Kewajiban Suami Terhadap Istri Dalam Hadits Dan Al Qur An

About Islam Kewajiban Pertama Seorang Suami Terhadap

Kewajiban Istri Terhadap Suami Pdf Pon2w0v0q3n0

Kewajiban Suami Terhadap Istri Muslim Only Kaskus

Hak Dan Kewajiban Istri Terhadap Suami Dalam Islam For

Sama Sama Kita Belajar Memahami Hak Dan Nasehat Suami

7 Kewajiban Suami Kepada Istri Arrahman Id

Cerito Idup Kewajiban Suami Terhadap Istri

Kewajiban Suami Terhadap Istri For Android Apk Download

Bismillah Setelah Menikah Seorang Situs Komunitas

Kewajiban Istri Terhadap Suami Lengkap Dengan Dalil Quran

Hak Dan Kewajiban Suami Istri

Arti Istri Bagi Suami Bukan Cuma Tentang 3 Hal Ini

Kewajiban Suami Terhadap Istri Yang

Hak Dan Kewajiban Suami Terhadap Istri Dan Anak Menurut

Kewajiban Suami Terhadap Istri Ini 12 Hal Yang Sering

Hak Kewajiban Suami Istri Ppt Powerpoint


0 Response to "Kewajiban Suami Terhadap Istri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel