Bacaan Tahiyat Akhir Sesuai Sunnah



Hanis Jey Hanisjey5 On Pinterest

Doa Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir Lengkap Sesuai Sunnah

tahiyat akhir via islamkafah.com

Penting bagi kalian para muslim untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai bacaan doa tahiyat awal dan tahiyat akhir. Nah, untuk lebih jelasnya baca artikel ini ya.

Namun, tidak dipungkiri juga masih banyak masyarakat muslim Indonesia yang belum begitu mengetahui dan belum begitu hafal tentang bacaan tahiyat awal dan tahiyat akhir ini. Agar kamu lebih tahu lebih jelas, berikut penjelasan yang bisa membantumu.

Baca Juga : Berikut ini Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap, Waktu, Niat, Doa, Manfaat Tahajud

Bacaan Tahiyat Awal Dan Tahiyat Akhir Arab Latin Dan Artinya Lengkap

ilustrasi tahiyat awal dan tahiyat akhir via mistamajahp.com

Kapankah tahiyat awal dan tahiyat akhir dibacakan pada saat sholat? Jika Anda menjalankan sholat 4 rakaat, maka tahiyat awal dibaca pada rakaat kedua, sedangkan tahiyat akhir dibaca pada rakaat ke 4.

Jika Anda menjalankan sholat dengan 3 rakaat, maka tahiyat awal dibaca pada rakaat ke 2 dan tahiyat akhir dibaca pada rakaat ke 3.

Bacaan doa tahiyat awal (doa tasyahud awal) dibaca dan diamalkan ketika kalian sedang melakukan gerakan sholat tahiyat awal (tasyahud awal) dalam sholat. Dan gerakan sholat tahiyat awal ini dilakukan (diamalkan) di rakaat kedua ketika kalian mengerjakan sholat tiga rakaat (sholat maghrib) dan ketika mengerjakan sholat empat rakaat (Sholat Dzuhur, Sholat Ashar dan Sholat Isya).

 

ilustrasi doa tahiyat awal via doamustajab.com

Oleh karena itu, jika terdapat pertanyaan "Kapan Bacaan Doa Tahiyat Awal dibacakan?", maka jawabannya ialah dilakukan di rakaat kedua di dalam Sholat Maghrib, Sholat Isya, Sholat Dzuhur dan Sholat Ashar. Adapun di dalam sholat wajib Subuh tidak ada gerakan sholat tahiyat awal karena sholat wajib subuh ini dikerjakan hanya dengan 2 rakaat saja, sehingga hanya ada tahiyat akhir (Tasyahud Akhir) saja.

Kemudian untuk cara duduk gerakan sholat tahiyat awal di rakaat kedua dalam sholat wajib lima waktu ini sangatlah mudah, caranya ialah dengan duduk secara fftisary yakni duduk dengan melipat kaki kiri, dan meletakkan ke pantat di atas kaki kiri, lalu menegakkan telapak kaki kanan dan mengahdapkan jari jari kaki kanan ke arah kiblat. 

ilustrasi tahiyat awal via slideshare.net

Terdapat Hadits Shahih dari Abi Humaid As Sa’idiy bahwa ia berkata : 

” Maka apabila Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam duduk di Rakaat Kedua (Duduk Tahiyat Awal), Rasulullah duduk diatas kaki kiri beliau dan menegakkan kaki kanannya, dan duduk di rakaat akhir (Duduk Tahiyat Akhir), beliau memajukan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanan beliau dan duduk diatas tempat duduknya (HR. Bukhari dan Abu Daud) ”.

Bacaan doa tahiyat akhir (doa tasyahud akhir) dibaca disaat rakaat terakhir di dalam mengerjakan sholat wajib lima waktu, dan dalam hal ini doa tahiyat akhir dibacakan di rakaat kedua saat mengerjakan Sholat Subuh, dibacakan di rakaat ketiga saat mengerjakan Sholat Maghrib dan dibacakan di rakaat keempat saat mengerjakan Sholat Isya, Sholat Dzuhur dan Sholat Ashar.

ilustrasi doa tahiyat akhir via doamustajab.com

Oleh karena itu, jika terdapat pertanyaan tentang "Kapan bacaan Doa Tahiyat Akhir itu dibacakan di dalam sholat wajib lima waktu?", maka jawabannya yakni doa tahiyat akhir dibacakan di rakaat terakhir di setiap sholat wajib lima waktu, baik itu di rakaat terakhir pada Sholat Subuh, Sholat Dzuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib dan Sholat Isya.

Adapun untuk cara duduk gerakan sholat tahiyat akhir ini cukup mudah, dan caranya ialah duduk secara tawaruk yakni duduk dengan menghamparkan kaki kiri ke samping kanan, dan mendudukkan pantat Anda di atas lantai, lalu menegakkan kaki kanan, yang disertai dengan menghadapkan jari-jari kaki kanan ke arah kiblat.

ilustrasi tahiyat akhir via slideshare.net

Hadits Shahih dari Abdulllah bin Zubair mengatakan bahwa : 

” Dulu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam saat Duduk didalam Sholat nya, meletakkan kaki kirinya diantara Paha dan Betis Beliau, dan meluruskan Posisi Kaki Kanan Beliau tepat diatas paha kanannya dan mengangkat jari Telunjuk-nya (Hadits Shahih Riwayat Muslim).

Setelah kalian cukup mengerti akan bacaan doa tahiyat awal dan doa tahiyat akhir di dalam Sholat, maka sebagai tambahan informasi saja bahwa manfaat gerakan sholat tahiyat awal dan akhir bagi kesehatan tubuh pun cukup banyak, sebagai contohnya bisa untuk mencegah impotensi, dapat mencegah penyakit nyeri yang timbul di pangkal paha, dapat mencegah gangguan pada ureter, kandung kemih dan dapat memperkuat organ kaki.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Mayit Lengkap dengan Bacaannya dan Doa Sesudah Sholat

Itulah penjelasan mengenai bacaan doa tahiyat awal dan doa tahiyat akhir, semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Mohon maaf jika ada kekurangan maupun kesalahannya. 

Gallery Bacaan Tahiyat Akhir Sesuai Sunnah

Penawar Sakit Lutut Sendi Dan Publications Facebook

2rugby Takbiratul Ihram Adalah

Do A Setelah Bacaan Tahiyat Akhir Sebelum Salam

Doa Selepas Membaca Tasyahud Akhir Sebelum Salam Kumpulan

Tahiyat Akhir Muhammadiyah

Bacaan Sholat Bacaan Tahiyat Akhir Dan Doa Tahiyat Akhir Yang Betul Sesuai Sunnah Lengkap 2019

01 January 2017 Seademon Says

Solat Dhuha Beserta Doa Panduan Lengkap Aliff Co

Doa Tahiyat Awal Akhir Tasyahud Aplicacions A Google Play

Solat Sunat Tarawih Lapan Rakaat Shafiqolbu

Bacaan Sholat Bacaan Tahiyat Awal Dan Doa Tahiyat Awal Sesuai Sunnah Lengkap 2019

Doa Nabi Dalam Tahiyat Akhir Sebelum Memberi Salam Youtube

Doa Tahiyat Akhir Dan Latin

Contoh Soal Dan Materi Pelajaran 4 Doa Tahiyat Akhir Dan

Niat Dan Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunah Rosul

Bacaan Doa Sebelum Salam Setelah Tahiyat Akhir Sunnah Mp3

Tahiyat Awal

Bacaan Doa Tahiyat Awal Akhir Tasyahud Sebelum Salam Lengkap

Doa Sholat Istikharah Niat Waktu Tata Cara Dan Doanya

Doa Tahiyat Akhir Radio Rodja 756 Am

Bacaan Sholawat For Android Apk Download

Doa Tahiyat Akhir Mp3 Download Maycu


0 Response to "Bacaan Tahiyat Akhir Sesuai Sunnah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel