Apa Itu Ruang Lingkup



Jps Brokers Insurance Apa Saja Sih Ruang Lingkup

Pengertian Ruang Lingkup, Manfaat dan Contohnya

Pelayananpublik.id– Istilah ruang lingkup seringkali terdengar di telinga khususnya dalam sebuah pembahasan. Istilah ruang lingkup juga sering digunakan dalam karya ilmiah.

Lalu apa arti ruang lingkup itu sendiri?

Ruang lingkup adalah batasan banyaknya subjek yang tercakup dalam sebuah masalah.

Secara umum memiliki makna batasan. Dalam arti luas batasan ini bisa dalam bentuk materi, variable yang diteliti, subjek, atau lokasi. Ruang lingkup bisa diartikan secara lebih khusus pada materi atau hal tertentu.

Dalam sebuah penelitian ruang lingkup bisa berarti pembatasan variable yang digunakan, berapa banyak subjek yang akan diteliti, luas lokasi penelitian, materi yang dikaji, dan sebagainya. adanya pembatasan atau ruang lingkup dalam sebuah penelitian penting adanya karena akan mempengaruhi validitas dari hasil penelitian itu sendiri.

Sementara secara khusus, ruang lingkup adalah sebuah teknik untuk membatasi materi dari sebuah ilmu. Misalnya saja ilmu psikologi memiliki ruang lingkup psikologi dasar, psikologi kepribadian, psikologi kesehatan, psikologi pendidikan, psikologi anak, psikologi dewasa, dan sebagainya.

Dalam setiap cabang dapat dibeberkan ruang lingkupnya masing-masing. Misalnya psikologi kesehatan memiliki ruang lingkup kesehatan jiwa, psikologi pasien di rumah sakit, psikologi kehamilan, gangguan psikologi, dan sebagainya.

Untuk mengetahui ruang lingkup suatu hal kita perlu mendapatkan pengertian dari istilah tersebut atau dengan kata lain ruang lingkup merupakan batasan dari pengertian umum dari suatu pokok materi. Sebut saja materi mengenai ilmu social dasar.

Pengertiannya adalah ilmu yang membahas mengenai pemecahan masalah kehidupan. Kita tahu bahwa masalah kehidupan ini begitu kompleks sehingga akan kesulitan bila tidak diberikan batasan apa saja yang perlu dipelajari.

Untuk itu perlu membuat ruang lingkup materi agar pembelajaran lebih terarah. Dalam ilmu social dasar ini dapat dibuat ruang lingkup mengenai dasar-dasar masalah manusia seperti masalah keluarga, masalah masyarakat, kebudayaan, norma setempat, pelapisan social dan persamaan derajat, teknologi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, masalah masyarakat di perkotaan dan pedesaan, serta masalah hubungan antar Negara.

Bukan hanya terkait pembahasan ilmiah, ruang lingkup juga dipakai untuk hal-hal yang sederhana. Misalnya cara membuat pisau. Tentu saja ruang lingkupnya adalah seputar bahan pembuat pisau, jenis besinya, jenis plastik untuk gagangnya kemudian manfaatnya, mutu atau kualitas, uji coba, dan syarat.

Manfaat Membuat Ruang Lingkup

Ruang lingkup sering digunakan untuk membahas sesuatu. Jadi dengan adanya ruang lingkup pembahasan akan lebih fokus dan tidak akan melebar kemana-mana. Adapun beberapa manfaat membuat ruang lingkup dalam kajian suatu masalah adalah sebagai berikut.

1. Membatasi masalah, sehingga masalah tidak melebar kepada hal yang tidak berkaitan dan tidak perlu.

2. Mempermudah pembahasan, dengan membuat ruang lingkup pembahasan akan lebih mudah menemukan teori dan pembahasannya.

3. Mempercepat penyelesaian masalah. Dengan adanya ruang lingkup maka masalah yang akan dikaji akan lebih cepat terselesaikan karena sudah terarah bagaimana langkah yang harus dilakukan.

Contoh Ruang Lingkup

1. Ruang Lingkup Bisnis

PT. Global Sejahtera Prima (PT. GSP) merupakan perusahaan yang core bussiness-nya adalah pengemasan dan pemasaran minyak goreng sawit (RBD palm oil) curah dengan wilayah pemasaran skala lokal yang meliputi Jawa Barat dan sekitarnya.

Perusahaan yang memulai usahanya sejak 1998 ini berkantor di Ciamis, sedangkan produksinya berlokasi di wilayah Papahan kabupaten Karanganyar.

Perusahaan ini didirikan dan dipimpin oleh Bapak H. Kusumaatmadja, saat ini telah menjadi market leader dalam pemasaran minyak goreng sawit curah di Jawa Barat dan sekitarnya dengan omset harian sekitar 500 juta rupiah.

Dengan omset harian yang besar, PT. GSP mendapatkan keuntungan yang cukup untuk diversifikasi usaha dalam perdagangan bahan pangan dan air minum kemasan. Tetapi untuk mempertahankan core bussiness-nya sekaligus sebagai antisipasi peluang dan kondisi pasar di masa mendatang, PT. GSP membuat produk minyak goreng sawit kemasan dengan merek Cernell, yang ditujukan terutama untuk pasar ekspor.

2. Ruang Lingkup Makalah

Karakteristik ini menunjukkan makalah yang disusun tidak hanya sekedar berisi deretan paragraf melainkan harus memiliki dasar penyusunan.

Kemudian harus mampu dikemukakan dengan menjelaskan pengetahuan penulis, sehingga memerlukan berbagai referensi yang baik dan benar. Hal ini bertujuan makalah juga mengandung ilmu pengetahuan yang isinya dapat dipertanggungjawabkan dan bisa dijadikan referensi bagi orang lain yang mengangkat permasalahan yang serupa.

Makalah sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni makalah biasa dan makalah posisi. Makalah biasa merupakan makalah yang menjelaskan pemahaman penulis terhadap masalah yang diangkat ke dalam makalah yang disusun. Sedangkan makalah posisi merupakan makalah yang akan menjelaskan posisi teoritik dari permasalahan yang diangkat makalah tersebut.

Kedua jenis makalah ini memiliki perbedaan yang mendasar, sebab makalah biasa cenderung bertumpu pada pemahaman penulis secara mutlak. Sehingga penjelasan yang diberikan sesuai dengan pengetahuan penulis terhadap masalah yang dikaji.

Sementara makalah posisi bertumpu pada referensi yang digunakan, sehingga setiap penjelasan harus berdasarkan literatur yang diambil ke dalam isi makalah. Melihat sumber literatur tentunya dituntut agar penulis lebih jeli dan mampu menangkap setiap perbedaan pendapat para ahli yang berbeda-beda terhadap permasalahan yang diangkat dalam makalah. Sehingga kecerdasan penulis benar-benar diuji, dan harus mampu pula menjelaskan secara lisan dengan tegas dan jelas sehingga tidak ada kerancuan bagi pendengar dan pembacanya.

Demikian sedikit ulasan mengenai ruang lingkup, manfaat dan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Gallery Apa Itu Ruang Lingkup

Oleh Sebab Itu Ruang Lingkup Csr Yang Bergerak Di Lingkungan

Bab Ii Tinjauan Pustaka A Ruang Lingkup Hukum Pidana 1

Akmal Bab I Pengertian Dan Ruang Lingkup Akuntansi Biaya

Pengertian Scope Atau Ruang Lingkup Pada Bahasa Pemrograman

Pengertian Pertanian Terpadu Ruang Lingkup Dan

Manajemen Agribisnis Pengertian Ruang Lingkup Fungsi Dan

Apa Itu Satu Dekade Bagian Ruang Lingkup Penggunaan Dan

Ruang Lingkup Dan Sifat Manajemen Keuangan Zalrizblog

O Xrhsths Dlh Jawa Barat 74barjuara Sto Twitter Apa Itu

Peta Konsep Ruang

Apa Itu Disclaimer Dan Cara Membuat Scrip Disclaimer

Pengertian Dan Ruang Lingkup Fikih Bacaan Madani Bacaan

Ruang Lingkup Psikologi Dalam Pembahasan Perkembangan

Prinsip Geografi Pengertian Ruang Lingkup Dan Objek

Strategi Komunikasi Pengertian Dan Ruang Lingkup

Doc Membahas Pengertian Dan Ruang Lingkup Tasawuf Sam

Administrasi Perkantoran Pengertian Fungsi Tugas Dan

Pengertian Sanitasi Ruang Lingkup Tujuan Dan Manfaatnya

Ruang Lingkup Ajaran Islam

Pengertian Dan Ruang Lingkup Perdagangan Antar Negara

106458025 Pengertian Tujuan Ruang Lingkup Fungsi Dan Jenis


0 Response to "Apa Itu Ruang Lingkup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel