Khutbah Jumat Bulan Muharram



Contoh Teks Khutbah Jum At Dalam Bahasa Sunda Singkat

Contoh Teks Khutbah Jum'at Bulan Muharram 1439 H Tentang Hikmah Dibalik Hijriyah

Bulan muharram dalam penanggalan hijriyah menjadi awal tahun baru myang datang setelah dzulhijjah, di mana masyoritas masyarakat islam meyakini muharram ini tidak hanya sebatas menjadi tahun baru saja akan tetapi memiliki keutamaan dan keunggulan lebih istimewa di banding dengan bulan-bulan lainnya, bahkan termasuk pada bulan harram atau mulaia yang sunnah untuk di isi dengan puasa misal asyura atau amalan lainnya.

Jika hars di perjelas seputar keutamaan dari bulan muharram termasuk kisah dan sejarah penting yang ada pada bulan ini maka setidaknya harus membutuhkan aktu yang lebih banyak sebab amalan dan keutamaannya cukup melimpah. Dengan begitu bagi sorang khatib pun sebenarnya banyak sekali pembahasan khutbah yang bisa di jadikan materi, sama halnya seperti ketika akan melakukan khutbah ramadhan dan lain sebagainya.

Dalam mengambil materi untuk khutbah di bulan muharram bisa mengambil beberapa pembahasan yang masih berkaitan langsung dengan bulan tersebut misalnya tahun baru islam, puasa asyura dan tasua atau peritiwa hijrahnya baginda nabi saw dan lain sebagainya. namun apabila memang bingung bagaimana merangkai katanya maka silahkan gunakan salah satu contoh khutbah di bawah ini, semoga saja berkenan.
Khutbarh 1 (Pertama)

ألحَمْدُ لِلّهِ. ألحَمْدُ لِلّهِ الذِي جَزَى العَامِلِيْنَ. وأحَبَّ الطَّائِعِيْنَ. وَأبْغَضَ العَاصِيْنَ. أشْهَدُ أنْ لاَ اِلهَ اِلااللهُ. وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمّدًا رَسُوْلُ اللهِ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمّدٍ الهَادِي اِلَى صرَاطِكَ المُسْتَقِيْمِ. وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالمُجَاهِدِيْنَ فِي سَبِيْلِكَ الْقَوِيْمِ. أمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَاللهِ اتَّقُوْاللهَ الّذِي لا اِلهَ سِوَاهُ وَاعْلَمُوا أنَّ اللهَ أمَرَكُمْ بِالطَّاعَةِ والْعِبَادَةِ. وَنَهَاكُمْ بِالظُّلْمِ وَالْمَعْصِيَةِ. فَلا يَكُوْنُ ذلِكَ اِلاَّ لِخُسْرَانِكُمْ وَهَلالِكُمْ. وَلَكِنِّ اللهَ يَرْحَمُكُمْ وَأنْزَلَ نِعَمَهُ عَلَيْكُمْ. فَأَطِيْعُوْهُ وَاعْمَلُوا الصَّالِحَاتِ وَاجْتَنِبُوا عَنِ السَّيِّئَاتِ. لِأَنَّ اللهَ جَزَى أَعْمَالَكُمْ. أَثَابَكُمْ بِصَالِحِ أَعْمَالِكُمْ. وَعَذَّبَكُمْ بِسَيّءِ أَفْعَالِكُمْ.

قَالَ اللَّهُ تَعَالَى :أَعُوْذُبِااللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، فَالَّذِينَ هَاجَرُواْ وَأُخْرِجُواْ مِن دِيَارِهِمْ وَأُوذُواْ فِي سَبِيلِي وَقَاتَلُواْ وَقُتِلُواْ لأُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلأُدْخِلَنَّهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ ثَوَاباً مِّن عِندِ اللّهِ وَاللّهُ عِندَهُ حُسْنُ الثَّوَابِ

Hadirin Jama'ah shalat jum'at rahimakumullah Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak para jama'ah untuk selalu bersukur kepada allah swt, atas segala anugerah dan segala kenikmatan yang telah di berikan kepada kita, sehingga kita masih di beri kesempatan untuk bisa bertemu dengan tahun baru, mudah-mudahan kedepan kita di beri kekuatan oleh allah untuk bisa mengisi lembaran baru dengan senantiasa meningkatkan iman dan ke taqwaan kepada allah swt, menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangannya, serta menjauhi segala perbuatan yang mengundang kemurkaannya. Sehingga dengan begitu, mudah-mudahan kita bertambah mendapatkan limpahan rahmat, berkah dan ridh-nya, bahagia dunia dan akhirat.

Hadirin Jama'ah shalat jum'at rahimakumullah

Hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun terus di gilirkan oleh allah swt, berlalu meninggalkan kita tanpa akan pernah kembali lagi, sementara pada setiap saat yang telah berlalu itu, apakah terisi dengan kebaikan atau keburukan, semuanya akan di minta pertanggung jawabannya kelak di hadapan allah swt. Oleh sebab itu kita mesti banyak memohon ampun kepada allah swt, atas segala kesalahan dan dosa yang telah berlalu sambil terus memperbaiki diri. Ke depan kita terus berusaha maksimal untuk mengisi setiap saat dan kesempatan dengan aktivitas keimanan dan kesalehan yang lebih banyak dan berkualitas, kita daya fungsikan usia ini untuk mengabdi dan beribadah kepada allah swt.

Hadirin Jama'ah shalat jum'at rahimakumullah

Rosululloh saw dan para sehabat sebelum melakukan hijrah secara fisik (hijrah badaniyah), setelah lebih dahulu melatih dulu melakukan hijrah secara mental (hijrah qalbiyah). Selama tiga belas tahun beliau mengambil sikap hijrah qalbiyah di tengah-tengah komunitas masyarakat yang tertutup oleh kabut kejahiliyahan dan kemusyrikan. Mereka tetap tegak mempertahankan identitas dan komitmen keimanannya, tidak hanyut dan tidak pula terpengaruh oleh arus kesesatan. Dalam kondisi yang demikian itu, justru keyakinan dan keimanan mereka semakin matang dan tangguh, ketabahan hati mereka semakin membaja, sehingga ketika datang saatnya harus melakukan hijrah secara fisik (hijrah badaniyah) hati mereka tidak tergoncang sedikitpun juga, sikap mereka begitu mantap dan tangguh. Kaum muhajirin melakukan hijrah fisik bukanlah lari untuk menyelamatkan diri, tidak pula merasa lemah menghadapi kekuatan musuh yang besar, tidak untuk kepentingan harta benda dan bukan pula karena dorongan ambisi kekuasaan. Tetapi hijrah fisik itu mereka lakukan merupakan lanjutan dan buah dari hijrah hati nurani (hijrah qalbiyah), Sebagai realisasi untuk menegakan kebenaran dan menghancurkan kebatilan. Hijrah merupakan peristiwa bersejarah yang memiliki makna penting dan strategis untuk di jadikan pijakan dalam medan perjuangan yang tetap relevan di kaitkan dengan konteks ruang dan waktu sekarang juga yang akan datang. Peristiwa hijrah tidak bisa di lepaskan dari berjihad di jalan allah swt. Banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang menyatakan akan hal ini, di antaranya firman allah swt :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُواْ وَهَاجَرُواْ وَجَاهَدُواْ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ وَالَّذِينَ آوَواْ وَّنَصَرُواْ أُوْلَئِكَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاء بَعْضٍ وَالَّذِينَ آمَنُواْ وَلَمْ يُهَاجِرُواْ مَا لَكُم مِّن وَلاَيَتِهِم مِّن شَيْءٍ حَتَّى يُهَاجِرُواْ وَإِنِ اسْتَنصَرُوكُمْ فِي الدِّينِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ إِلاَّ عَلَى قَوْمٍ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُم مِّيثَاقٌ وَاللّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Innalladziina aamanuu wa haajaruu wajaahaduu biamwalihim wa angfusihim fi sabilillahi wal-ladziina a wau wanasoruu ulaaika ba'duhum auliyaa-u ba'din, wal-ladziina aamanuu wa lam yuhaaziruu maalakum-miwwalayatihim min syaiin hatta yuhaa jiruu wainis tansoru ukum fiddiini fa'alaikumunnasru illa 'alaaqaumi-m bainakum wabainahum-miisaakun, wallohu bimaa ta'maluuna basir. (Al-Anfal Ayat 72)

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan hijrah serta berzihad dengan harta dan jiwanya pada jalan allah san orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan petolongan (kepada orang-orang muhajirin) mereka itu satu sama lain lindung melindungi. Dan terhadap orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. Akan tetapi, jika mereka minta pertolongan kepadamu dalam urusan pembelaan agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan, kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka, dan allah maha melihat apa yang kamu kerjakan (Al-Anfal : 72)

Dan firman allah swt :

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِينَ آوَوْا وَنَصَرُوا أُولَٰئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا ۚ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Walladziina aamanu wahaajaruu wajaahaduu fii sabiilillahi waladziina aawauwanasoru ulaaika humulmu'minuuna haqqol-lahum maghfirotunw warizkun kariimun

Artinya : Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman, mereka memperolah ampunan dan rezeki (nikmat) yang mulia (QS.AL-Anfal : 74).

Dengan tahun baru hijriyah ini marilah kita jadikan momentun memperkokoh keimanan dan memperteguh perjuangan, baik dengan harga, jiwa dan raga kita, demi keluhuran dan ketinggian agama allah swt. Sebagaimana semangat keimanan dan perjuangan para sehabat yang tidak mudah patah semangat, mereka begitu gigih mempertahankan dan memperjuangkan keimanan dan keyakinan akidahnya. Meninggalkan kampung halaman yang sudah mendarah daging, harta dan keluarga yang di cintainya yang berbeda aqidah, bukan hal yang mudah tanpa keimanan dan aqidah yang kuat. Demi keimanan dan keyakinan mereka rela meninggalkan kampung halaman, menyusuri padang pasir di bawah sengatan terik matahari dan dinginnya angin malam dari makah menuju ke madina, sebuah perjalanan yang melelahkan dan beresiko tinggi, tanpa keimanan yang kuat mustahil seseorang melakukannya, iman yang mereka pertahankan melahirkan kekuatan yang luar biasa, dengan keimanan kuat yang tertanam dalam batin, penderitaan lahir tidak menyurutkan semangat mereka berhijrah dan berjihad di jalan allah, mereka itulah orang-orang mukmin sejati, yang mendapatkan maghfirah, anugrah besar dan derajat yang tinggi di sisi allah swt. Sebagaimana di tegaskan dalam ayat di atas. Dan allah swt juga berfirman :

الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ أَعْظَمُ دَرَجَةً عِنْدَ اللَّهِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ

Alladzina aamanu wahaajaruu wa jaahaduu fiisabiilillahi bi amwalihim wa angfusihim a'dhomu darojatan ingdallohi wa ulaaika humul faaizuuna

Artinya : Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan allah dengan harta badan dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi allah swt dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan (QS.At-taubat : 20)

Hadirin Jama'ah shalat jum'at rahimakumullah

Demikian lah khutbah yang saya sampaikan kali ini, mari kita jadikan tahun baru hijriyah ini sebagai momentum untuk memperkokoh keimanan, memperteguh perjuangan serta semoga kita di beri kekuatan oleh allah swt untuk dapat mengisi sisa-sisa usia ini dengan aktifitas keimanan dan kesalehan, sehingga kedepan kita semakin bertaqwa dan dekat kepada allah swt. Sehingga kita menjadi orang yang beruntung dan berbahagia, terutama kelak di sisi allah swt.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ

Itulah khutbah muharram tentang hikmah di balik hijrah, mudah-mudahan dengan adanya khutbah ini menjadi suatu dorongan yang baik bagi kita semua dalam bersikap lebih baik lagi. Dan tahun baru hijriyah sekarang semoga menjadi momen untuk merubah segalanya, jangan sia-siakan bulan muharram yang penuh dengan keutamaan-nya.

Gallery Khutbah Jumat Bulan Muharram

Khutbah Jumat Bahasa Sunda Pdf Dressshara

Khutbah Jumat Bahasa Sunda Pdf Dressshara

Khutbah Jumat Yang Penting Diperhatikan Di Bulan Muharram

Khutbah Jumat Muharram Spirit Hijrah Semangat Perubahan

Khutbah Jumat Amalan Pada Bulan Muharram Dr H Zainul

Khutbah Jumat Dua Pelajaran Penting Dari Puasa Asyura

Khutbah Jumat Singkat Keutamaan Bulan Muharram

Khotbah Jumat

Dk S Diary Khutbah Jum At Keberkahan Bulan Muharram

News 129 Meriahkan Tahun Baru Islam Man 5 Bireuen Gelar

Keutamaan Bulan Muharam

Khutbah 33 Memaknai 1 Muharram

Buku Kitab Lengkap Khutbah Jumat Kultum Ceramah Bukukita

Contoh Teks Khutbah Jum At Keutamaan 10 Muharram Terbaru 1439 H

Khutbah Jum At Sejarah Bulan Muharram Youtube

Khutbah Jumat Masjid An Nabawi Tahun Baru Dan Bulan Allah

Khutbah Jumat Bulan Muharram Apk Version 1 0 Apk Plus

Khutbah Jumat Nu Tema Yang Penting Diperhatikan Di Bulan

Puasamuharram Hashtag V Twitter

Khutbah Jumat Bulan Muharram 1 0 Apk Androidappsapk Co

Khutbah Jum At Keutamaan Bulan Sya Ban Bersama Dakwah 1

Khutbah Jum

Khutbah Bulan Muharram Apk Download Apkpure Ai

Nu Online 12 Amalan Di Bulan Muharram Facebook

Khutbah Jumat Masjid An Nabawi Tahun Baru Dan Bulan Allah

Peristiwa Di Bulan Muharram Khutbah Jum At Masjid Assa

Khutbah Jumat Bulan Muharram Tentang Puasa Muharram Radio


0 Response to "Khutbah Jumat Bulan Muharram"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel