Cara Menulis Daftar Pustaka Di Word



Cara Menulis Sumber Pustaka Format Vancouver Menggunakan Ms Office Word

Membuat Daftar Pustaka Beserta Kutipan di MS Word dengan Teratur

Salah satu proses yang terlihat cukup rumit saat menulis makalah di MS Word adalah meletakkan kutipan dan membuat Daftar Pustaka yang rapi.

Tanpa mengetahui cara yang benar (alias menulis biasa), kamu akan kerepotan mencocokkan sumber kutipan dan Daftar Pustaka di akhir karya tulis.

Padahal kalau tahu caranya, hal itu sangat mudah dilakukan. Apalagi kutipan dan Daftar Pustaka berhubungan. Hal yang satu akan membentuk yang lain.

Kamu bisa membuat Daftar Pustaka secara otomatis dari kutipan.

Sebelum melanjutkan, perlu saya sebut bahwa saya menggunakan Microsoft Word 2016. Tepatnya MS Word for Mac. Silakan intip Word di situs Office 365 atau di Bursa Windows kalau berminat.

Membuat Kutipan di MS Word

Namanya saja kutipan. Ini berarti kita mengambil kalimat dari karya tulis atau perkataan orang lain sebagai referensi atau contoh. Dengan begitu, kita harus memberitahu sumber tersebut.

Letak kutipan dan Daftar Pustaka di MS Word 2016
Cara membuat kutipan
  1. Tulis kutipan di dokumen, letakkan kursor di akhir kutipan tersebut.
  2. Buka tab Reference di MS Word.
  3. Pilih metode referensi, misalnya APA, MLA, ISO 690, dll. — Hal ini akan berpengaruh pada penampilan kutipan di dokumen.
  4. Klik ‘Insert Citation‘ di toolbar Reference.
  5. Isi informasi sumber kutipan.
    • Perhatikan: Tanda * di baris isian merupakan standar dari metode bibliografi bersangkutan.
    • Kalau kamu tidak mengisi detil sumber, MS Word akan membuat placeholder (penampung) kutipan yang bisa kamu edit nanti.
  6. Klik OK.

Kamu bisa menyunting ulang sumber yang kamu gunakan, atau menggunakan sumber yang sama untuk kutipan lain.

Menyunting tampilan informasi sumber kutipan
Cara menyunting kutipan
  1. Klik pada sumber kutipan di dokumen. — Akan muncul kotak yang menunjukkan seleksi aktif.
  2. Klik tombol panah ▾ di samping kanan kotak.
  3. Pilih:
    • Edit this citation — untuk menyunting tampilan informasi sumber. Misal menambah halaman.
    • Edit source — untuk menyunting detil informasi sumber kutipan.
Panel sumber kutipan di MS Word 2016
Cara menggunakan sumber yang sama untuk kutipan lain
  1. Klik ‘Citations‘ di toolbar Reference.
  2. Akan muncul panel sumber bibliografi di bagian kanan.
  3. Klik di akhir kutipan yang ingin kamu tambah sumbernya.
  4. Klik dua kali sumber bibliografi yang kamu inginkan dari daftar yang ada di panel.

Kamu juga bisa menambah sumber atau menghapus sumber dari panel bibliografi ini dengan tombol + dan – yang ada.

Membuat Daftar Pustaka di MS Word

Kalau kamu sudah menulis kutipan di dalam dokumen dengan benar, kamu bisa membuat Daftar Pustaka dengan mudah. Hanya dengan dua kali klik!

Membuat Daftar Pustaka di MS Word 2016
Cara membuat daftar pustaka atau bibliografi
  1. Pilih halaman tempat kamu akan membuat Daftar Pustaka.
  2. Klik tombol ‘Bibliography‘ di toolbar Reference.
  3. Pilih salah satu gaya yang ada.

Bisa kamu lihat, semua kutipan dan sumber yang kamu tambahkan sebelumnya akan masuk ke Daftar Pustaka secara otomatis.

Tapi bagaimana kalau ada sumber kutipan yang berubah?

Tenang. Selama kamu menyunting kutipan dan sumber kutipan dengan benar (seperti cara di atas), kamu bisa memperbarui Daftar Pustaka dengan mudah.

Caranya sama seperti menyunting sumber kutipan di atas.

Cara memperbarui isi Daftar Pustaka secara otomatis
  1. Klik pada sumber kutipan di dokumen. — Akan muncul kotak yang menunjukkan seleksi aktif.
  2. Klik tombol panah ▾ di samping kanan kotak.
  3. Klik ‘Update Citations and Bibliography‘.

Semua informasi sumber kutipan yang lebih segera hadir di Daftar Pustaka.

Bagaimana? Mudah bukan?

Seperti yang sering saya sebut, kadang kita malas mempelajari sesuatu yang “rumit”. Kesannya repot. Padahal, kalau kita menggunakan fitur yang sudah tersedia, kita kan lebih mudah mengaturnya kemudian.

Begitupun di MS Word. Tampilan fitur yang ada memang terlihat rumit. Tapi kalau sudah menguasai, mau menulis bagaimanapun akan mudah. Termasuk membuat kutipan dan Daftar Pustaka ini.

ARTIKEL TERKAIT

Gallery Cara Menulis Daftar Pustaka Di Word

Melakukan Sitasi Menggunakan Mendeley Mti

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Skripsi Menggunakan Word

Cara Membuat Referensi Dan Daftar Pustaka Dengan Mudah Pada

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word 2010

Cara Membuat Daftar Pustaka Dan Citasi Otomatis Di Word

Cara Membuat Daftar Isi Di Ms Word Dengan Mudah Husnuls492 Com

Cara Membuat Daftar Isi Daftar Pustaka Di Microsoft Word

Aplikom

How To Alphabetize In Microsoft Word 8 Steps With Pictures

Cara Membuat Daftar Isi Di Microsoft Word Mudah Dan Cepat

Cara Membuat Referensi Dan Daftar Pustaka Dengan Mudah Pada

3 Cara Menulis Daftar Pustaka Word Dari Jurnal Buku Dan

Muhamad Fajar Wahyu Ramadhani Membuat Daftar Pustaka Pada

Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka Pada Ms Word 2016 Blog On

Videos Matching How To Add Vancouver Style Bibliography In

Daftar Isi Togo Wpart Co

15 Contoh Daftar Pustaka Cara Membuat Menulis Dari

Melakukan Sitasi Menggunakan Mendeley Mti

Cara Membuat Daftar Pustaka Di Ms Word Beserta Kutipan

Di Word Togo Wpart Co

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Panduan Cara Menulis Daftar Pustaka Di Microsoft Word

Daftar Pustaka Dan Daftar Isi Otomatis

Cara Membuat Referensi Atau Daftar Pustaka Menggunakan Harvad Style Di Ms Word

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word 2010

How To Alphabetize In Microsoft Word 8 Steps With Pictures


0 Response to "Cara Menulis Daftar Pustaka Di Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel