Cara Membuat Persentase Di Excel
How To Use Conditional Formatting In Microsoft Excel
Cara Menghitung Persentase (%) di Excel
Bagaimanakah cara menghitung persen di excel? Menghitung persentase atau persen tidak bisa dipisahkan saat mengolah serta menyajikan hasil analisa data. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna atau pembaca data untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh hasil analisa data yang disajikan. Selain itu banyak juga perhitungan pada microsoft excel yang melibatkan rumus persen excel, semisal menghitung bunga bank, menghitung persen diskon, persen komisi dan lain sebagainya. Karena itulah pada pembahasan kali ini kelas excel akan mengajak Anda untuk belajar bagaimana menghitung rumus persentase khususnya dengan microsoft excel. Bilangan persen dinyatakan dengan lambang satuan %. Jika angka 0,5 dinyatakan dalam bentuk pecahan per seratus(persen) maka nilainya 50% yang didapatkan dengan mengalikan angka 0,5 dengan 100% atau 100/100. Salah satu format angka tersebut adalah format persentase(Percentage) sebagaimana dijelaskan sebelumnya pada tutorial tentang Custom Number Format Pada Excel Cara ini bisa juga dilakukan dengan Shortcut Ctrl + Shift + %. Sebelum menghitung persen di excel, kita perlu tahu konsep menghitung persentase secara umum. Dengan kata lain persentase proporsi menghitung persentase dari sebuah variabel dengan membandingkan variabel tersebut dengan pembandingnya yang mana varibale tersebut merupakan bagian dari variable pembanding tersebut. Sebenarnya untuk melakukan perhitungan persentase pada microsoft excel, anda tidak perlu mengalikan dengan angka 100% karena saat anda merubah format ke dalam style persen (%), excel secara otomatis akan mengalikan hasil perhitungan dengan 100%. Sehingga dengan menggunakan rumus excel seperti dibawah ini akan menghasilkan nilai persentase yang sama dengan rumus excel sebelumnya. Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 lalu copy paste ke bawah: Untuk request tutorial excel silahkan kirimkan email yang tersedia di laman kontak kami.Persentase atau perseratus adalah adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%". Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus. (Wikipedia)
Persentase dinyatakan dalam satuan persen atau dalam bahasa Inggris "percent" yang merupakan kependekan dari kata per centum yang berarti per seratus. 50% atau 50 persen artinya 50 perseratus yang nilainya sama dengan 50/100 = 0,50/1 = 0,50.
Lalu bagaimana cara menghitung persentase di Excel? Cara Menampilkan Format Persen(%) di Excel
Bagaimana cara menampilkan format persen(%) di excel? Sebelum membahas cara menghitung persentase di excel, kita perlu tahu dulu konsep penulisan persen atau cara membuat persen di excel. Microsoft excel telah menyediakan fitur untuk merubah sebuah nilai angka yang ada di cell excel ke dalam berbagai macam format angka.
Dari ketiga cara tersebut, cara menampilkan persen(%) yang kedua adalah yang lebih lazim digunakan. Cara Menghitung Persentase(%) di Excel
Bagaimana cara menghitung persen?
Misal dari 10 soal Test yang diberikan anda bisa menjawab 8 soal dengan benar. berapakah persentase jawaban benar anda? Maka jawabnya adalah:
Hasilnya adalah 80%. Dimana 8 adalah nilai yang akan dihitung persennya dan 10 adalah nilai pembandingnya. Adapun persentase jawaban salah adalah 20% didapatkan dengan rumus: 8/10 * 100%
Dalam rumus menghitung persentase, setidaknya dikenal 2 tipe rumus persentase, yakni persentase proporsi dan persentase perubahan. Persentase perubahan sendiri ada 2 jenis yakni:2/10 * 100%
Menghitung Persentase Proporsi
Proporsi adalah pecahan yang pembilangnya merupakan bagian dari penyebutnya.
Untuk menghitung persentase tersebut mengikuti rumus matematika berikut: Menghitung Persentase Perubahan
Dalam matematika, persentase perubahan digunakan untuk menunjukkan selisih atau perbedaan antara nilai sebelum dan nilai sesudah dalam bentuk persen nilai sebelum. Secara matematis menghitung persentase perubahan ini mengikuti kaidah rumus berikut:
B3 merupakan nilai baru sedangkan B2 merupakan nilai awal (lama). B3-B2 digunakan untuk mencari nilai perubahan atau selisih data lama dan data yang baru. Dari hasil rumus persentase diatas bisa kita lihat bahwa pada bulan Januari tidak ada perubahan pendapatan (0%) dimana pada kedua bulan tersebut sama-sama menghasilkan pendapatan Rp.500.000. Pada bulan Februari jika dibandingkan dengan bulan Januari didapatkan peningkatan penghasilan dari Rp.500.000 menjadi Rp.750.000. Artinya ada kenaikan 50% dari bulan sebelumnya atau senilai Rp.250.000. Sedangkan pada bulan Maret nilai pendapatan turun dari Rp.750.000 pada bulan Februari menjadi hanya Rp.350.000 atau -50% dari bulan sebelumnya. Contoh semacam inilah yang dimaksud dengan persentase perubahan dimana nilai yang dibandingkan bukan bagian nilai pembandingnya. Artinya Pendapatan bulan Januari misalnya bukan akumulasi dari pendapatan bulan sebelumnya. Berbeda dengan contoh menghitung persentase proporsi sebelumnya dimana nilai yang dibandingkan (Jumlah laki-laki/perempuan) merupakan bagian dari nilai pembanding yakni julah keseluruhan siswa baru. =(B3-B2)/B2
Menghitung Persentase Perubahan Kenaikan
Persentase perubahan kenaikan menunjukkan seberapa besar persen penambahan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai penambahan didapatkan dengan mengurangi nilai baru dengan nilai lama. Secara matematis rumus perhitungannya adalah sebagai berikut: =(B3-B2)/B2
Menghitung Persentase Perubahan Penurunan
Persentase perubahan penurunan menunjukkan seberapa besar persen penurunan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai perubahan didapatkan dengan mengurangi nilai lama dengan nilai baru. Secara matematis rumus perhitungan persennya adalah sebagai berikut:
Pada persentase perubahan, nilai minus sebenarnya juga menunjukkan persentase perubahan penurunan. Semoga penjelasan ini bisa menjawab permasalahan anda tentang bagaimana cara menghitung persentase di excel. Jika ada pertanyaan, saran atau kritik, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini. Serta bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama. =(B2-B3)/B2
Gallery Cara Membuat Persentase Di Excel
Cara Menghitung Persen Di Excel Mudah Dipraktikkan Tekno
Cara Membuat Grafik Pie Di Microsoft Excel
How To Calculate Percentage In Excel Part 2
Menghitung Persentase Kenaikan Nilai Dengan Fungsi Excel
Cara Menampilkan Persen Pada Grafik Chart Microsoft Excel
Memformat Persentase Negatif Untuk Membuatnya Mudah
Memformat Angka Sebagai Persentase Dukungan Office
Cara Menghitung Rumus Persen Di Excel 2007 Youtube
Cara Membuat Diagram Lingkaran Excel Atau Pie Cart Advernesia
Cara Menghitung Persentase Di Excel
Bisa Baca Cara Menghitung Persen Di Excel Contoh Rumus
How To Use Conditional Formatting In Microsoft Excel
Memformat Angka Sebagai Persentase Dukungan Office
Cara Menghitung Persentase Di Microsoft Excel 2010
Cara Menghitung Persentase Di Excel Kelas Excel
How To Calculate Percentages In Excel With Formulas
Aplikasi Penghitung Rumus Diskon Otomatis Format Excel
Cara Menghitung Persen Di Excel Rumus Contoh 2019
Cara Mudah Menghitung Persen Di Excel Youtube
Cara Menghitung Persen Di Excel Mudah Dipraktikkan Tekno
Count The Number Of Cells With Specific Cell Color By Using
Cara Menghitung Persen Di Excel Secara Otomatis Advernesia
Memformat Angka Sebagai Persentase Dukungan Office
Cara Menghitung Persentase Di Excel Kelas Excel
Excel Dashboard Membuat Doughnut Chart
0 Response to "Cara Membuat Persentase Di Excel"
Post a Comment