Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Word



Free Pie Chart Maker Create Online Pie Charts In Canva

Panduan Lengkap Cara Membuat Diagram Lingkaran di Word dan Excel

Cara membuat diagram lingkaran tidaklah terlalu sulit yang dibayangkan banyak orang. Terlebih, saat ini sudah masuk era teknologi dimana membuat diagram lingkaran menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan Microsoft Word dan Excel.

Secara sederhana, diagram lingkaran merupakan sebuah bentuk penyajian statistik dalam bentuk lingkaran yang tujuannya mempermudah untuk menjelaskan dua variabel yang berkaitan. Dengan menggunakan diagram, anda tidak perlu lagi menulis panjang lebar untuk menjelaskan maksud dan tujuannya, karena semuanya sudah tertulis lengkap pada diagram.

Dari penjelasan di atas, agar anda lebih mudah memahami dalam membuat diagram lingkaran. Kami sudah siapkan contoh soal yang nantinya akan kita buat menjadi diagram lingkaran.

TahunJumlah Penduduk
2016500
2017800
20181000
20192000

Dalam tabel di atas menjelaskan tentang pertambahan jumlah penduduk pada suatu daerah dalam waktu 4 tahun berturut-turut. Dari data tersebut, nantinya kita akan sama-sama mencoba membuat diagram lingkaran.

Silahkan Anda baca juga panduan lengkap tentang Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Word dan Excel.

Cara Membuat Diagram Lingkaran

Di bawah ini, untuk membuat diagram lingkaran kami menggunakan Microsoft Word dan Excel versi 2010. Jika teman-teman menggunakan versi yang berbeda, tidak apa-apa kok karena hanya terdapat sedikit perbedaan saja. Silahkan simak panduan kami berikut ini ya.

1. Cara Membuat Diagram Lingkaran di Word

Sara kami sebelum membuat diagram lingkaran, anda wajib baca dulu panduan kami dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan.

Berikut ini langkah-langkah membuat diagram lingkaran di Microsoft Word.

  • Buka aplikasi Microsoft Word.
  • Kemudian klik Insert, lalu pilih Chart.
  • Lalu akan muncul jendela Insert Chat dengan beragam fitur. Untuk membuat diagram lingkaran silahkan klik Pie pada sisi kiri dan bisa pilih berbagai modelnya di sebelah kanan. Selanjutnya klik Ok.
  • Setelah itu akan muncul jendela Microsoft Excel yang berisi data default. Silahkan isi tabel tersebut dengan data yang ingin kita buat. Kami akan mengambil data dari tabel jumlah penduduk di atas, isi kolom pertama dengan tahun dan kolom kedua dengan jumlah penduduk. Oh iya, anda bisa tambahkan atau kurangi tabel default tersebut sesuai kebutuhan.
  • Setelah anda mengisi data pada tabel excel tersebut, maka secara otomatis diagram lingkaran di Microsoft Word akan terisi sesuai data yang dimasukkan.
  • Silahkan anda close jendela Microsoft Excel tersebut, kemudian fokus pada diagram lingkaran yang terdapat pada Microsoft Word. Anda bisa tambahkan beberapa detail agar terlihat lebih cantik lagi.
  • Selamat… Anda sudah selesai membuat diagram lingkaran!

Oh iya, jika anda ingin mengubah data. Caranya mudah kok, anda hanya perlu klik kanan pada area diagram lingkaran, lalu klik Edit Data. Kemudian jendela Excel akan muncul kembali, silahkan anda edit kembali data tersebut agar sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Membuat Diagram Lingkaran di Excel

Untuk membuat diagram lingkaran di Excel sama mudahnya seperti menggunakan Word. Bahkan, kami pikir lebih mudah membuat diagram lingkaran di Excel dibandingkan Word. Hal ini dikarenakan anda tidak perlu lagi import data dari Excel ke Word saat menambahkan data-data untuk dijadikan diagram lingkaran.

Berikut ini langkah-langkah membuat diagram lingkaran di Excel.

  • Buka aplikasi Microsoft Excel.
  • Kemudian masukkan data tabel yang ingin anda buat. Kami masih menggunakan data jumlah penduduk di atas.
  • Selanjutnya silahkan blok pada bagian jumlah penduduk dan dilanjutkan dengan klik Insert, lalu klik Pie.
  • Setelah diagram lingkaran muncul, anda hanya perlu mengedit sedikit agar data tahunnya muncul.
  • Caranya dengan klik kanan pada area diagram lingkaran, lalu pilih Select Data.
  • Lalu akan muncul kotak dialog Select Data Source, klik tombol Edit Horizontal dan dilanjutkan dengan blok semua data tahun pada tabel. Lalu klik Ok.
  • Sekarang data tahun dan jumlah penduduk pastinya sudah sesuai bukan? Langkah selanjutnya silahkan tambahkan beberapa detail agar diagram lingkaran menjadi lebih menarik. Silahkan klik saja fitur-fitur yang tersedia di Microsoft Excel.

Kesimpulan

Di atas, sengaja kami berikan contoh soal sederhana yang tujuannya agar anda lebih mudah memahami dasar-dasar membuat diagram lingkaran. Nantinya setelah anda paham, tentu saja akan lebih mudah untuk mengembangkannya.

Meski anda menggunakan Microsoft Office dengan versi yang berbeda dari yang kami gunakan (Microsoft Office 2010). Tetap saja anda masih bisa menggunakan cara di atas, karena memang pada dasarnya sama saja setiap versinya.

Okedeh, demikianlah panduan yang bisa kami sampaikan tentang cara membuat diagram lingkaran di word dan excel. Semoga panduan ini bisa bermanfaat banyak untuk anda semua pembaca setia blog teknologi. sekian dan terima kasih!

Gallery Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Word

Cara Mendeskripsikan Pie Chart Atau Diagram Lingkaran

Soal Ulangan Matematika Kelas 5 K 13 Materi Pokok Penyajian

Panduan Pemula Tutorial Membuat Grafik Atau Diagram Di

Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Excel Grafik Persentase

Label Pie Chart With Text And Percentages Matlab Simulink

Cara Membuat Pie Chart Grafik Yang Elegan Di Excel

Bagaimana Cara Membuat Diagram Lingkaran Konsentris Di Word

Membuat Diagram Venn Dukungan Office

3 Cara Membuat Grafik Di Word Dan Modifikasinya Dosenit Com

Cara Mudah Membuat Grafik Di Microsoft Word 2016 Lengkap

Cara Membuat Diagram Lingkaran Excel Atau Pie Cart Advernesia

Cara Membuat Diagram Venn Di Microsoft Word 2013 Youtube

Cara Cepat Membuat Diagram Lingkaran Di Microsoft Excel 2007

Cara Praktis Membuat Diagram Lingkaran Keren Di Word By

Cara Mudah Membuat Grafik Lingkaran 3d Di Word Tutorial89

Panduan Lengkap Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Word Dan Excel

3 Cara Membuat Grafik Di Word Dan Modifikasinya Dosenit Com

Cara Mudah Membuat Diagram Di Microsoft Word Video

Diagram Lingkaran Dan Langkah Langkah Pembuatannya

Create A Pie Chart In Visio Visio


0 Response to "Cara Membuat Diagram Lingkaran Di Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel