Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli



Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Part2 Uad

Pengertian Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Filosofi Menurut Para Ahli

Filsafat Ilmu dan Filosofi – Pengertian filsafat secara umum, secara etimologi dan definisi menurut para ahli, definisi dari negara barat, timur maupun Indonesia. Filsafat adalah kajian permasalahan umum dan dasar mengenai persoalan eksisitensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran dan bahasa. Pengertian filsafat secara umum dapat di definisikan salah satu kebijaksanaan hidup (filosofia) agar memberikan pandangan hidup secara menyeluruh dengan dasar refleksi atas pengalaman hidup atau pengalaman ilmiah.

Selain itu arti filsafat juga bisa didefinisikan sebagai ilmu yang berusaha mecari sebab dengan sedalam mungkin  sesuatu dengan berdasarkan pikiran atau rasio. Filsafat  merupakan pandangan hidup sesorang atau kelompok orang yang merupakan konsep dasar tentang kenidupan yang dicitakan.

Apa itu Filsafat ?

Pengertian filsafat adalah ilmu pengetahuan yang memiliki logika, metode dan sistem. Tetapi filsafat beda dengan ilmu pengetahuan tentang kehidupan. Maka dari itu juga mempunyai objek sendiri yang luas. Filsaftjuga sebuah studi mengenai semua peristiwa kehidpan dan pemikiran manusia dengan kritis dan dijelaskan dengan konsep dasar.

Filsafat tidak didalami degan cara eksperimen dan percobaan, akan tetapi mengutarakan masalah dengan sama, mencari solusi, memberikan argument dan memberikan alasan yang tepat untuk suatu solusi tertentu.

Proses tersebut diakhiri dengan memasukan ke sebuah proses dialektika. Studi falsafat harus dan mutlak dibutuhkan logika untuk berpikir dan logika bahasa. Maka dari itu filsafat merupakan ilmu yang hanya di sisi tertentu memiliki cii eksak disamping dengan nuansa khas filsafat, seperti spekuasi, keraguan, rasa penasaran dan ketertarikan. Selain itu juga diaritikan perjalanan menuju hal yang sangat dalam, hal yang biasa tidak tersentuh disiplin ilum lain yang bersikap skeptic dengan pertanyaan semua hal.

Dari penjelasan di atas dapat di simpulakan bahwa filsafat mempunyai hubungan dengan usaha mencari kebenaran mengenai hakikat hal yang ada melalui pemakaian kemampuan akal degnan optimal. Beneran dihasilkan dari pemikiran filsafat yaitu jawban dalam bentuk gagasan atau ide.

Pengertian filsafat secara etimolgi adalah sebanding degan kata falsafah dalam bahasa arab yang berasal dari bahasa yunani yaitu philein (mencintai) atau philia (prsahabatan) dan Sophos  (kebijaksanaan, keterampilan, pengalaman praktis dan integensi). Jadi secara etimologis diartikan sebagai cinta atau cenderung akan kebijaksanaan atau cinta kepengetahuan ya bijaksana. Pengertian filsafat menurut para ahli sebagai berikut :

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

filsafat merupakan ibu dari semua seni, slain itu dia juga mengartikan filsafat sebagi seni kehidupan.

filsafat merupakan harus mempunyai kewajiban dalam menyelidiki sebab dan asas semua benda. Maka dari itu filsafat bersifat ilmu umum.

Merupakan sesuatu pertama yang dihadapi seorang filsuf bahwa ada yang berbeda beda ada di yang hanya “mungkin ada”

Definisi Filosofi

Pengertian filosofi  menurut etimologi filosofi adalah kata serapan bahasa inggris yaiu philosophy. Sedangkan philoshopy adalah kata serapan dari bahasa yunani yaitu merupakan gabungan antar kata philo yang berarti cinta sedangkan Sophos berarti kebijaksanaan sehingga dijadikan sebuah kata khusus menjadi philosphia yang berarti cinta kebijaksanaan.

Pengertian filosofi adalah rangka berpikir kritis dalam mencari solusi atas semua permasalahan. Solusi yang didapat untuk mengatasi persoalan dengan cara berpikir dengan kritis yaitu buah dari pemikiran filosofis. Jika solusi persoalan tidak dipikir dengan matang dan kritis itu bukan buah pemikiran filosofis tetapi hanya asal bicara saja.

Dengan pengertian filosofi tersebut merupakan hal yang umum, tetapi memang benar. Filosofi membahas nilai, baik – buruk, estetika, pengetahuan dan subjek umum dan lainnya. Tetapi tidak dengan subjek tertentu yang bisa ditelaah dengan kritis, jadi subjek itu bisa menjadi materi pengertian filsafat menurut Louis O. Kattsoff.

Apabila dilihat dari sejarahnya filsafat barat pertama kali muncul di yunani perkiraan pada abad ke – 7 sebelum masehi. Sokrates, plato, dan aris toteles adalah contoh filsuf yunani yang sering di dengar namanya. Folosofi adalah nama yang mengacu satu benda yang sama. Lalu apa filosofi itu ? berikut pengertiannya menurut para ahli :

Pengertian Filosofi Menurut Para Ahli

Fiosofi adalah disiplin ilmu yang hanya focus pada pencairan dasar dan penjelasan nyata.

Filosofi adalah ungkapan seorang tentang sikap, ilia dan kepercayaan meskipun pada waktu lain ungkapan itu jadi ideology kelompok atau kepercayaan kelompok.

Filosofis adalah pendekatan berfikir mengenai kenyataan seperti tradisi, agama, marxime, existentialisme dan peristiwa yang mempunyai hubungan degna kesehatan masyarakat.

Pengertian filsafat semakin beragam, maka saat ini ada beberapa perbedaan pada pengertian filsafat ilmu. Filsafat ilmu memiliki konsep dasar yaitu kedudukan, focus, cakupan, tujuan dan fungsi yang berhubungan dengan kebijakan sehari hari.

Fisafat ilmu membahas sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan pola piker dalam mempelajari ilmu dan dimensi ontologies, episomologis an aksiologis. Lalu mempelajari tentang makna, kebijakan filsafat ilmu untuk dasar rangka memperkembangkan ilmu, pendidikan dengan memakai alternative metodologi penelitan, dan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, bahkan perbaduan keduanya.

Pengertian Filsafat Ilmu Menurut Para Ahli

Pengertian filsafat ilmu dalam arti luas adalah menjadi penampung masalah mengenai hubungan diluar kegiatan ilmiah contohnya tatasusila yang menjadi pedoman penyelenggara ilmu. Sedangkan dalam arti sempit menjadi penampung masalah yang mengenai dengan hubungan dalam yang ada di dalm ilmu seperti menyangkut sifat pengetahuan ilmiah, dan cara berusaha dan mencapai pengetahuan ilmiah.

Pengertian filsafat ilmu menurut beberapa para ahli sebagi beriku :

Filsafat ilmu adalah dalam suatu segi yang tinjauan kritis mengenai pendapat ilmiah dewasa dengan membandingakan kepada kriteria yang dikembangkan maka dari itu, tetapi filsafat ilmu bukan kemandirian cabang ilmu dari praktek ilmiah actual.

Filsafat ilmu adalah membahas dan melakukan evaluasi metode pemikiran ilmmiah dan mencoba menemukan dan seberapa penting upaya ilmiah bagi suatu keseluruhan.

Filsafat ilmu adalah yang sistematis mengartiakan sifat dasar ilmu, utamanya tentang metode, konsep, dan pra anggapan, dan letaknya dalam kerangka umum dari cabang pengetahuan intelektual. Sehingga posisinya dalam kerangka umum caang pengetahuan intelektual.

Filsafat ilmu adalah pengertian mengenai logika intern dari teori ilmiah dan hubungan antar percobaan dan teori yaitu metode ilmiah.

Filsafat ilmu adalah unsur yang terlibat pada proses penyidikan ilmiah prosedur pengamatan, pola perbincangan, metode penggtian dan perhitungan, pra anggapan metafisis dan lainnya lalu  menilai dasar bagi kesalahannya dari sdut tinjauan logika formal, metodologi praktis dan mtafsika.

Baca juga : contoh cerpen

Berikut beberapa contoh filosofi yakni filosofi pendidikan, filosofi bisnis, filosofi  organisasi, filosofi administrasi, sedangkan contoh filsafah yakni berpindah tempat waktu makan, berselitun menggunakan tikar, berfoto dalam jumlah ganjil, gadis cuci rambut pada hari sabtu, bulu mata yang jatuh atau rontok, malin kundang, bernyanyi dan bersiul saat makan.

Gallery Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

31 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Dan Sumber Bukunya

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Dan Tokoh Filsuf

Pengertian Filsafat Serta Hubungannya Dengan Ilmu Agama Dan

Coba2 Net Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat

4 Pengertian Logika Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

25 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Ilmu Pengetahuan Dan Filosofi Menurut

20 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Paydayloansusca

Pengertian Filsafat Pancasila Menurut Para Ahli Dan Secara

17 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Sejarah Tujuan Aliran Cabangnya

Home Menu 1 Menu 2 Menu 3 Menu 4 Menu 5 Menu 6

Pengertian Filsafat Menurut Beberapa Ahli Secuil Ilmu Blog

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Pengertian Ahli

Informasi Akuntansi Manajemen Pengertian Filsafat

Pengertian Filsafat Ilmu Menurut Para Ahli Pelajaran

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Dan Macam Macam

Ppt Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Anang

Doc Tugas Pertama Filsafat Pendidikan Muh Arwin Rahman

Pengertian Filsafat Pendidikan Islam Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Ahli Informasi

Doc Pengertian Filsafat Maya Andriani Academia Edu

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Ahli Pengertian

Pengertian Filsafat Pendidikan Islam Menurut Para Ahli

Pengertian Fungsi Dan Tujuan Filsafat

28 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Dalam Bukunya


0 Response to "Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel